Main Article Content

Abstract

Tujuan: Menganalisis pengaruh tindak lanjut rekomendasi audit, SPIP, dan ukuran daerah terhadap pelayanan publik dengan temuan audit sebagai mediasi pada pemerintah kota/daerah di Jawa Tengah tahun 2021-2023.


Desain Penelitian dan Metodologi: Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan model analisis regresi berganda menggunakan alat ukur SPSS. Pengujian masing-masing variabel independent dengan uji parsial dan variabel mediasi menggunakan uji sobel test. Pengambilan sampel dengan cara sampel jenuh pada 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah tahun 2021-2023 menggunakan sumber data sekunder.


Hasil dan Pembahasan: Temuan menunjukkan bahwa tindak lanjut rekomendasi audit memiliki pengaruh negatif terhadap kualitas pelayanan publik di Jawa Tengah, tetapi tidak signifikan. Sebaliknya, SPIP dan ukuran daerah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan publik di Jawa Tengah. Temuan audit memiliki peran memediasi hubungan tindak lanjut rekomendasi audit dan pelayanan publik di Jawa Tengah, sedangkan tidak memediasi pada hubungan SPIP dan ukuran daerah pada kualitas pelayanan publik di Jawa Tengah


Implikasi: Penelitian mengindikasikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik dapat mendukung konsep tata kelola pemerintahan. Secara praktis, penelitian dapat digunakan sebagai acuan evaluasi dan perbaikan mekanisme pelayanan publik di Jawa Tengah. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian dengan data primer dengan metode kualitatif.

Keywords

tindak lanjut rekomendasi audit SPIP ukuran daerah temuan audit kualitas pelayanan publik

Article Details

How to Cite
Thoyibbah, K., Triyono, T., & Sasongko, N. (2025). Pengaruh Tindak Lanjut Rekomendasi Audit, Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dan Ukuran Daerah terhadap Kualitas Pelayanan Publik: Temuan Audit sebagai Variabel Intervening. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 8(2), 617–629. https://doi.org/10.57178/atestasi.v8i2.1754

References

  1. Aafiah Millenia, N. (2022). Pengaruh Ukuran Pemerintah Daerah, Kemakmuran dan Intergovernmental Revenue Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Syntax Admiration, 3(6), 786–803. https://doi.org/10.46799/jsa.v3i6.448
  2. Abu-Bader, S., & Jones, T. V. (2021). Statistical Mediation Analysis Using the Sobel Test and Hayes Spss Process Macro. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods, 9(1), 42–61.
  3. Aikins, A. E., Mensah, J. V., & Program, G. (2023). Indonesia Auditing Research Journal Internal auditing and institutional performance of local governments in Ghana. Indonesia Auditing Research Journal, 12(3), 134–142.
  4. Akay, R., E. Kaawoan, J., & N. Pangemanan, F. (2021). Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala. Governance, 1(1), 47. https://doi.org/10.31293/ddk.v24i2.6893
  5. Amsaroka, M. H., Yadiati, W., & Winarningsih, S. (2024). Literature Review: The Relationship Between Internal Control System Of The Government (SPIP), Good Government Governance (Ggg), And Fraud Prevention. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit, Dan Sistem Informasi Akuntansi), 8(1), 122–136.
  6. Auliya Siwi Nugrahani. (2023). Literatur Review: Pengaruh Audit Kinerja terhadap Akuntabilitas Publik dengan Pengawasan Fungsional sebagai Moderator. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 131–138. https://doi.org/10.58192/ebismen.v3i1.1758
  7. Azahari, A. A., & Sulardi, S. (2021). Pengaruh Temuan Audit, Opini Audit, dan Ukuran Daerah terhadap Ketepatwaktuan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah di Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 21(2), 294. https://doi.org/10.20961/jab.v21i2.655
  8. Azhar, Z., Alfan, E., Kishan, K., & Assanah, N. H. (2022). Accrual Accounting at Different Levels of the Public Sector: A Systematic Literature Review. Australian Accounting Review, 32(1), 36–62. https://doi.org/10.1111/auar.12357
  9. Capaldo, G., Costantino, N., & Pellegrino, R. (2017). The Effect of More Demanding Public Services Quality Standards on the Organization of Service Providers. International Journal of Public Administration, 40(10), 847–859. https://doi.org/10.1080/01900692.2017.1295263
  10. Dewi, N. L., Gunawan, Y., Mangunsong, S., & Meiliana, Y. (2021). Pengaruh sistem pengendalian internal dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik berkelanjutan. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(2), 99–106. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i2.3024
  11. Fitri, W. (2024). Analisis Temuan Audit Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan ( LHP ) BPK Di Provinsi Sumatera Barat TA 2017-2021. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2681–2689.
  12. Furqan, A. C., Wardhani, R., Martani, D., & Setyaningrum, D. (2020). The effect of audit findings and audit recommendation follow-up on the financial report and public service quality in Indonesia. International Journal of Public Sector Management, 33(5), 535–559. https://doi.org/10.1108/IJPSM-06-2019-0173
  13. Furqan, A. C., Wardhani, R., Martani, D., & Setyaningrum, D. (2021). Financial reporting, public services and local executives’ re-electability in Indonesia. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1939229
  14. Ghanem, M. G. (2024). Mediating Impact of Perceived Functional Value of Audit Service on the Relationship between Audit Characteristics and its Effect on Customer Satisfaction with Total Quality Management in Egyptian Hospitals. 8(2), 1–46. https://doi.org/10.21608/aljalexu.2024.371057
  15. Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
  16. Hortas-rico, M. (2018). International Center for Public Policy Internation al Cent er for Pu blic Policy February 2018 Is there an Optimal Size for Local etermines Citizenrust : Evaluatingt Governments ?
  17. Iba, Z., & Wardhana, A. (2024). Uji Asumsi Klasik. In M. Pradana (Ed.), Analisis Regresi dan Analisis Jalur untuk Riset Bisnis menggunakan SPSS 29.0 & SMART-PLS 4.0 (1st ed., Issue July, pp. 40–56). Eureka Media Aksara.
  18. Indriani, R., & Komala, L. (2024). The Effect of Regional Expenditure , Balancing Funds and BPK Audit Findings on Regional Government Financial Performance. 2(1), 44–55.
  19. Lestari, A. D., & Rohman, A. (2022). Pengaruh Temuan Audit Dan Tindak Lanjut Rekomendasi Audit Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Melalui Kualitas Laporan Keuangan (Studi Empiris pada LKPD Kabupaten Daerah Tertinggal di Indonesia Tahun 2016-2017). Diponegoro Journal of Accounting, 11(2), 1–13.
  20. Lustrilanang, P., Suwarno, Arif, B., & Subowo, H. (2023). The effect of auditing quality and internal control on financial resilience in public sector organizations: Information quality as the mediating factor. International Journal of Data and Network Science, 7(4), 1573–1580. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2023.8.006
  21. Muluk, M. R. K., Pratama, M. R., & Muzaqi, A. H. (2021). The Landscape of Inclusive Public Service Innovation in Indonesian Local Government. Proceedings of the 3rd Annual International Conference on Public and Business Administration (AICoBPA 2020), 191(March). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210928.090
  22. Mulyani, S., Munir, D. A., Akbar, B., Yoseph, M., & Sudrajat. (2020). The significance of the internal control system implementation on village government performance. Opcion, 36(Special Edition 27), 1278–1291.
  23. Nadirsyah, Indriani, M., & Mulyany, R. (2024). Enhancing fraud prevention and internal control: the key role of internal audit in public sector governance. Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2382389
  24. Novianto, W., & Firdaus, F. (2024). Teori Corporate Governance : 8(2), 1568–1574. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v8i2.1997
  25. Ombudsman, O. (2023). Jawa Tengah Raih Opini Kualitas Tinggi Pelayanan Publik 2023 dari Ombudsman RI. https://ombudsman.go.id/perwakilan/news/r/pwkmedia--jawa-tengah-raih-opini-kualitas-tinggi-pelayanan-publik-2023-dari-ombudsman-ri
  26. Papra, A. S., & Inapty, B. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Siskeudes , Kompetensi SDM Dan Transparansi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Dengan Pengendalian Internal Sebagai Variabel Intervening. 8, 4611–4627.
  27. Pertiwi, P. K., & Wibowo, P. (2022). Government Reporting and Quality of Public Services: Are They Twins? Journal of Accounting and Investment, 24(1), 1–24. https://doi.org/10.18196/jai.v24i1.16193
  28. Post, A. E., & Kuipers, N. (2023). City Size and Public Service Access: Evidence from Brazil and Indonesia. Perspectives on Politics, 21(3), 811–830. https://doi.org/10.1017/S1537592722003176
  29. Pramiudi, U. (2024). Determinant: Follow-up of Audit Result Recommendations on the Quality of Regional Government Financial Reports. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 12(3), 431–440. https://doi.org/10.37641/jiakes.v12i3.2767
  30. Putu, N. (2024). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 55–67. https://doi.org/10.55542/saraqopat.v6i1.328
  31. Rahayu, S. P., Aripin, R. R., & Ahmad, I. S. (2020). Pemodelan Regresi Multivariat pada Penentuan Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kesejahteraan di Jawa Tengah. Jurnal Varian, 3(2), 125–138. https://doi.org/10.30812/varian.v3i2.654
  32. Rofiq, I., & Arza, F. I. (2021). Pengaruh Ukuran Pemerintah Daerah, Umur Pemerintah Daerah, Status Pemerintah Daerah, Jumlah Penduduk, Jumlah SKPD, Belanja Pegawai dan Leverage Terhadap Kemandirian Keuangan Daerah. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(3), 705–719. https://doi.org/10.24036/jea.v3i3.414
  33. Saipuloh, S., Ismail, T., & Adha, W. M. (2023). The Effect of Audit Findings, Follow-Up Audit Recommendations, And BPK Opinions from The Previous Year on The Determination of Opinions in Local Government Financial Statements. Economics, Business, Accounting & Society Review, 2(1), 58–73. https://doi.org/10.55980/ebasr.v2i1.56
  34. Sakti, A. D. F., Triyono, & Setiaji, B. (2023). Pengaruh Kinerja Keuangan Daerah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Jawa Tengah Melalui Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Intervening. Journal of Economics and Business UBS, 12(2), 777–791.
  35. Sari, D. N., & Darmastuti, D. (2023). Internal control weaknesses: Its relationship with local government characteristics and follow-up on audit results. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 27(1), 97–105. https://doi.org/10.20885/jaai.vol27.iss1.art10
  36. Syofyan, E., Septiari, D., Dwita, S., & Rahmi, M. (2021). The characteristics of the audit committee affecting timeliness of the audit report in Indonesia. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1935183
  37. Utami, B. P., & Widarjo, W. (2022). Quality of Public Services in Local Governments in Indonesia : A Study of Capital Expenditures and Government Internal Control Systems. Journal of Economics, Finance and Management Studies, 5(9), 2565–2575. https://doi.org/10.47191/jefms/v5-i9-12
  38. Vokshi, B., & Xhemajli, A. (2022). Internal Audit in The Public Sector in Kosovo: Promoting Good Governance and Improving Performance. Quality - Access to Success, 23(189), 160–164. https://doi.org/10.47750/QAS/23.189.18
  39. Widyastuti, T. D. (2015). Reformasi Birokrasi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Pemerintah Daerah. 6.
  40. Yamin, R., Mas’ud, M., & Sjarlis, S. (2022). Management of Assets and Follow-Up the Findings of the Audit Board to Increase Financial Performance of Local Governments. Economics, Business, Accounting & Society Review, 1(1), 37–43. https://doi.org/10.55980/ebasr.v1i1.8
  41. Yuni, O., & Triyono, T. (2022). Analisis Pengaruh Karakteristik Good Corporate Governance Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 136–145.