Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa tentang akuntansi. Penelitian initermasuk jenis penelitian kuantitatif untuk menganalisis pengaruh variabel dependen yang terdiri dari variabel profesionalisme akuntan pendidik, kecerdasan emosional dan metode pembelajaran terhadap pemahaman akuntansi. Lokasi penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah STIE Wira Bhakti Makassar, Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi yang masih aktif di STIE Wira Bhakti Makassar. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS for windows. Hasil penelitian menemukan variabel profesionalisme akuntan pendidik dan metode pembelajaran tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa sedangkan variabel kecerdasan emosional berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa di STIE Wira Bhakti Makassar.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Ariami, Putri. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya
- Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
- Bulan, Sinar Embong. 2012. Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap IPK Mahasiswa Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin.
- Farouk, Muammar. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Prestasi mahasiswa melalui Profesionalisme Akuntan Pendidik sebagai Variabel Intervening. Universitas Hasanuddin.
- Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia
- Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 7. Semarang : Universitas Diponegoro
- https://www.simak.wirabhaktimakassar.ac.id diakses tanggal 2 Juni 2018 Pukul 11.30 Wita.
- Jamaluddin. 2011. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Etika Mahasiswa Akuntansi di Universitas Tadulako. Universitas Tadulako
- Killen, R. 2009. Effective Teaching Strategis Social Science Press. Australia
- Lusiana, Rika Surya. 2016. Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik dan Metode Pembelajaran terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Universitas Lampung.
- Mulyasari, Yuni Idrus. 2013. Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik dan Metode Pembelajaran terhadap Tingkat Prestasi Mahasiswa. Universitas Hasanuddin.
- Nurul. 2015. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Mahasiswa. Universitas Hasanuddin.
- Rahmat. Pengertian Persepsi. Diakses tanggal 23 Maret 2018 dari http://teori-psikologi.blogspot.co.id/2008/05/pengertianpersepsi.html
- Sudajana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
- Suwardjono. 2010. Teori Akuntansi Pengungkapan dan Sarana Interpretatif, Edisi Ketiga. Yogyakarta : BPFE
- S, Azwar. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
References
Ariami, Putri. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Bulan, Sinar Embong. 2012. Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap IPK Mahasiswa Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin.
Farouk, Muammar. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Prestasi mahasiswa melalui Profesionalisme Akuntan Pendidik sebagai Variabel Intervening. Universitas Hasanuddin.
Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 7. Semarang : Universitas Diponegoro
https://www.simak.wirabhaktimakassar.ac.id diakses tanggal 2 Juni 2018 Pukul 11.30 Wita.
Jamaluddin. 2011. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Etika Mahasiswa Akuntansi di Universitas Tadulako. Universitas Tadulako
Killen, R. 2009. Effective Teaching Strategis Social Science Press. Australia
Lusiana, Rika Surya. 2016. Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik dan Metode Pembelajaran terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Universitas Lampung.
Mulyasari, Yuni Idrus. 2013. Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik dan Metode Pembelajaran terhadap Tingkat Prestasi Mahasiswa. Universitas Hasanuddin.
Nurul. 2015. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Mahasiswa. Universitas Hasanuddin.
Rahmat. Pengertian Persepsi. Diakses tanggal 23 Maret 2018 dari http://teori-psikologi.blogspot.co.id/2008/05/pengertianpersepsi.html
Sudajana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suwardjono. 2010. Teori Akuntansi Pengungkapan dan Sarana Interpretatif, Edisi Ketiga. Yogyakarta : BPFE
S, Azwar. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar