Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa tentang akuntansi. Penelitian initermasuk jenis penelitian kuantitatif untuk menganalisis pengaruh variabel dependen yang terdiri dari variabel profesionalisme akuntan pendidik, kecerdasan emosional dan metode pembelajaran terhadap pemahaman akuntansi. Lokasi penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah STIE Wira Bhakti Makassar, Sulawesi Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi yang masih aktif di STIE Wira Bhakti Makassar. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS for windows. Hasil penelitian menemukan variabel profesionalisme akuntan pendidik dan metode pembelajaran tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa sedangkan variabel kecerdasan emosional berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa di STIE Wira Bhakti Makassar.

Keywords

Profesionalisme Akuntan Pendidik Kecerdasan Emosional Metode Pembelajaran Pemahaman Akuntansi

Article Details

How to Cite
Suryanti, S., & Arfah, E. A. (2019). Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik, Kecerdasan Emosional dan Metode Pembelajaran Terhadap Pemahaman Akuntansi. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.57178/atestasi.v2i1.187

References

  1. Ariami, Putri. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya
  2. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
  3. Bulan, Sinar Embong. 2012. Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap IPK Mahasiswa Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin.
  4. Farouk, Muammar. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Prestasi mahasiswa melalui Profesionalisme Akuntan Pendidik sebagai Variabel Intervening. Universitas Hasanuddin.
  5. Goleman, Daniel. 2015. Emotional Intelligence : Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia
  6. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 7. Semarang : Universitas Diponegoro
  7. https://www.simak.wirabhaktimakassar.ac.id diakses tanggal 2 Juni 2018 Pukul 11.30 Wita.
  8. Jamaluddin. 2011. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual terhadap Etika Mahasiswa Akuntansi di Universitas Tadulako. Universitas Tadulako
  9. Killen, R. 2009. Effective Teaching Strategis Social Science Press. Australia
  10. Lusiana, Rika Surya. 2016. Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik dan Metode Pembelajaran terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa. Universitas Lampung.
  11. Mulyasari, Yuni Idrus. 2013. Pengaruh Profesionalisme Akuntan Pendidik dan Metode Pembelajaran terhadap Tingkat Prestasi Mahasiswa. Universitas Hasanuddin.
  12. Nurul. 2015. Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Mahasiswa. Universitas Hasanuddin.
  13. Rahmat. Pengertian Persepsi. Diakses tanggal 23 Maret 2018 dari http://teori-psikologi.blogspot.co.id/2008/05/pengertianpersepsi.html
  14. Sudajana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
  15. Suwardjono. 2010. Teori Akuntansi Pengungkapan dan Sarana Interpretatif, Edisi Ketiga. Yogyakarta : BPFE
  16. S, Azwar. 2011. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar