Moderasi Kecerdasan Emosional : Pengaruh Role Stress Terhadap Kinerja Auditor

Authors

  • Aurora Dahniar STIE Wira Bhakti Makassar
  • Eka Ariaty Arfah STIE Wira Bhakti, Makassar

Keywords:

Role Stress, Role Conflict, Role Ambiguilty, Kinerja Auditor, Emotional Quotient

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel role stress (role conflict dan rol ambiguilty) terhadap kinerja auditor dengan emotional quotient sebagai variabel moderating. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 32 orang dari 10 kantor Akuntan Publik di Kota Makassar. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa hasil pengujian secara langsung variabel role conflict berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja auditor. Variabel role ambiguilty positif signifikan terhadap kinerja auditor. Selanjutnya variabel emotional quotient tidak memoderasi variabel role conflict dan role ambiguilty terhadap kinerja auditor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Lidya. (2009). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor (Penelitian pada Kantor Akuntan Publik yang Bermitra dengan Kantor Akuntan Publik Big Four di Wilayah DKI Jakarta). Jurnal Akuntansi 1:40-69

Cendana, D. K., & Suaryana, I. G. N. A. (2018). Pengaruh Konflik Peran dan Ketidakjelasan Peran Terhadap Kinerja Auditor dengan Emotional Quotient Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(2), 1141–1169.

Devi, K.C., dan I Gusti, N.A.S., (2018). Pengaruh Konflik Peran dan Ketidakjelasan Peran terhadap Kinerja Auditor dengan Emotional Quotient sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 22 No. 2, Februari 2018.

Ermawati, M. D., Sinarwati, N. K., & Sujana, E. (2014). Pengaruh Role Stress Terhadap Kinerja Auditor Dengan Emotional Quetiont Sebagai Variabel Moderating ( Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik Di Bali ). E-Journal Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–12.

Fanani, Z., Hanif, R. A., & Subroto, B. (2008). Pengaruh Struktur Audit, Konflik Peran, dan Ketidakjelasan Peran Terhadap Kinerja Auditor. 5(Goldwasser 1993), 139–155.

Fenny Yustiarti, Amir Hasan dan Hardi. (2016). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kinerja Auditor dengan Kecerdasan Emosional sebagai Pemoderasi (Studi Empiris pada KAP di Pekanbaru, Padang dan Medan)”. Jurnal Akuntansi, Vol. 5, No. 1, Oktober 2016 : 12 - 28 ISSN 2337-4314.

Gunawan, H. and Z. Ramdan. (2012). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, Kelebihan Peran Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Auditor Di KAP Wilayah DKI Jakarta.Jurnal Binus Business Review, 3(2).

Indriantoro, N., & Supomo, B. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Kembara, E. L. (2014). Pengaruh struktur audit, konflik peran, ketidakjelasan peran, dan kelebihan peran terhadap kinerja Auditor (Doctoral dissertation, Widya Mandala Catholic University).

Mulyani, S,. (2017). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran dan Sensitivitas Etika Profesi terhadap Kinerja Auditor dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Moderating. JOM Vekon. Vol 4 No. 1 Februari 2017

Rahmawati. (2011). Pengaruh Role Stress Terhadap Kinerja Auditor Dengan Emotional Quotient Sebagai Variabel Moderating. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi Offset. Trisnawati, M., & Badera, I. D. N. (2015). Pengaruh Ketidakjelasan Peran, Konflik Peran pada Kinerja Auditor dengan Struktur Audit Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi, 677-690.

Yuliani, A., Purnamasari, P., & Maemunah, M. (2018). Pengaruh Role Conflict dan Role Ambiguity terhadap Kinerja Auditor dengan Emotional Quotient Sebagai Variabel Moderasi Survey pada Kantor Akuntan Publik Kota Bandung. Unisba, 4(2), 575–579.

Zulfati, M.S. (2017). Pengaruh Konflik Peran, Ketidakjelasan Peran, dan Kelebihan Peran terhadap Kinerja Auditor dengan Kecerdasan Emosional sebagai Varibel Moderasi. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Dahniar, A., & Arfah, E. A. . (2019). Moderasi Kecerdasan Emosional : Pengaruh Role Stress Terhadap Kinerja Auditor. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 135–147. Retrieved from https://jurnal.feb-umi.id/index.php/ATESTASI/article/view/528

Issue

Section

Articles