Main Article Content
Abstract
Social media marketing methods frequently incorporate promotional, sales, and branding techniques that can provide supplementary revenue for individuals and corporations. This study aims to determine the impact of social media marketing on the computation and augmentation of Individual Income Tax (PPH) in Indonesia. The literature study of this research is organized systematically to examine the influence of social media marketing on the growth of Individual Income Tax (PPH) and Non-Tax State Income (PNBP) in Indonesia. Further investigation is required to comprehend the impact of firm marketing strategies in the digital domain on Individual PPH and its contribution to PNBP. To effectively address the challenges posed by the digital economy, the government and business entities must collaborate in formulating tax laws that are adaptable and efficient.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Adrian, d., & mulyandi, m. R. (2020). Manfaat pemasaran media sosial instagram pada pembentukan brand awareness toko online. Jurnal indonesia sosial sains, 2(2). https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195
- Adyatma, i wayan chandra. I putu gede satria wiraharja, i. M. D. S. W. (2023). Peningkatan daya saing objek wisata berbasis komunitas melalui pemanfaatan social media marketing dan analisis akuntansi perpajakan di desa bongkasa provinsi bali improving the competitiveness of community-based tourism through the utilization of social m. 1(4).
- Alfajri, m. F., adhiazni, v., & aini, q. (2019). Pemanfaatan social media analytics pada instagram dalam peningkatan. Interaksi: jurnal ilmu komunikasi, 8(1), 34. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42
- Amin, m., nasution, a. P., sambodo, i. M., hasibuan, m. I., & ritonga, w. A. (2021). Analisis pengaruh pemasaran media sosial terhadap minat beli produk online dengan manajemen hubungan pelanggan dan ekuitas merek sebagai variabel mediasi. Ecobisma (jurnal ekonomi, bisnis dan manajemen), 8(1). https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2443
- Ayuni, q., cangara, h., & arianto, a. (2019). The influence of digital media use on sales level of culinary package product among female entrepreneur. Jurnal penelitian komunikasi dan opini publik, 23(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382
- Cahyono, e. A., sutomo, & harsono, a. (2019). Literatur review: panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal keperawatan, 12.
- Endarwati, e. T., widyastuti, s. M., & desfitrina, d. (2022). Penggunaan media sosial sebagai alternatif strategi pemasaran para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal ilmiah manajemen, ekonomi, & akuntansi (mea), 6(3). Https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2739
- Hamid, r. S. (2022). Analisis dampak aktivitas pemasaran media sosial terhadap kepercayaan. Jesya, 5(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.774
- Irodah, r. M. (2018). Tinjauan hukum mengenai eksistensi pajak atas aktivitas endorsement dan selebgram di sosial media. In manajemen telekomunikasi.
- Kusmantini, t., sutiono, h. T., astuti, r. D., & pranata, f. I. (2020). Materi pendampingan media sosial facebook dan instagram digital marketing pada umkm. 10–23.
- Meladia, m., nadjib, m., & akbar, m. (2018). Penggunaan hashtag (#)akun twitter direktorat jenderal pajak dalam upaya membangun kesadaran membayar pajak. Kareba : jurnal ilmu komunikasi, 6(2). Https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5321
- Pasolo, M. R., Ermawati, Y., Sonjaya, Y., & Sumartono, S. (2023). Towards Optimal Taxes: Impact of Tax Extensification and Intensification on Individual Income Tax Receipts. Advances in Taxation Research, 1(2).
- Pranata, y. A., & amaranti, r. (2021). Rancangan strategi pemasaran media sosial menggunakan model sostac. Jurnal riset teknik industri, 1(2). Https://doi.org/10.29313/jrti.v1i2.397
- Rakhmadhona, n. S. (2020). Upaya meningkatkan brand awareness nsr skirt melalui strategi komunikasi pemasaran media sosial. Commentate: journal of communication management, 1(1). Https://doi.org/10.37535/103001120204
- Ramadhani, h. S. (2019). Pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap brand awareness , brand image , dan brand loyalty ( studi kasus : followers pada instagram lazada . Co . Id ). E-proceeding of mangement, 6(2).
- Ridwan, m., am, s., ulum, b., & muhammad, f. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal masohi, 2(1), 42. Https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
- Rizal, v. Z. (2019). Komunikasi pemasaran media sosial instagram pada toko kue selebriti bandung makuta (@bandungmakuta) terhadap kesadaran merek. Inter komunika : jurnal komunikasi, 4(1). Https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.291
- Roria, s., & sari, w. K. (2021). Tinjauan pengenaan pajak atas aktivitas endorsement oleh selebgram di indonesia. Jurnal sikap (sistem informasi, keuangan, auditing dan perpajakan), 5(1). Https://doi.org/10.32897/jsikap.v5i1.472
- Sari, s., afifah, n., & cahyani basri, d. (2022). Sosialisasi perpajakan: sinergi dan strategi di masa pandemi covid-19. Jurnal analisa akuntansi dan perpajakan, 6(1). Https://doi.org/10.25139/jaap.v6i1.4348
- Sayadi, m. H. (2021). Apbn 2020: analisis kinerja pendapatan negara selama pandemi covid-19. Indonesian treasury review: jurnal perbendaharaan, keuangan negara dan kebijakan publik, 6(2), 159–171. Https://doi.org/10.33105/itrev.v6i2.269
- Setyanta, b. (2022). Pelatihan pemasaran media sosial di kelompok umkm karangwaru tegalrejo yogyakarta. Society : jurnal pengabdian masyarakat, 1(1). Https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7
- Sudirman, S., & Muslim, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Perusahaan Melakukan Tax Planning (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di KPP Madya Makassar). CESJ: Center Of Economic Students Journal, 1(1), 1-13.
- Tjahyadi, r. A., & cornellia stella mahardhika. (2022). Pengujian pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian: peran kesadaran merek sebagai variabel mediasi pada kosmetik emina. Jrb-jurnal riset bisnis, 5(2). Https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3130
- Trianggorowati, e., & al-hamdi, r. (2020). Strategi kampanye partai islam: kasus partai keadilan sejahtera pada pemilu 2019. Jurnal tapis: jurnal teropong aspirasi politik islam, 16(1). Https://doi.org/10.24042/tps.v16i1.6814
- Winarti, c. (2021). Pemanfaatan sosial media oleh umkm dalam memasarkan produk di masa pandemi covid-19. Prosiding seminar nasional bisnis seri ke-4, 1(1), 195–206. Https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/19.pdf
References
Adrian, d., & mulyandi, m. R. (2020). Manfaat pemasaran media sosial instagram pada pembentukan brand awareness toko online. Jurnal indonesia sosial sains, 2(2). https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195
Adyatma, i wayan chandra. I putu gede satria wiraharja, i. M. D. S. W. (2023). Peningkatan daya saing objek wisata berbasis komunitas melalui pemanfaatan social media marketing dan analisis akuntansi perpajakan di desa bongkasa provinsi bali improving the competitiveness of community-based tourism through the utilization of social m. 1(4).
Alfajri, m. F., adhiazni, v., & aini, q. (2019). Pemanfaatan social media analytics pada instagram dalam peningkatan. Interaksi: jurnal ilmu komunikasi, 8(1), 34. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42
Amin, m., nasution, a. P., sambodo, i. M., hasibuan, m. I., & ritonga, w. A. (2021). Analisis pengaruh pemasaran media sosial terhadap minat beli produk online dengan manajemen hubungan pelanggan dan ekuitas merek sebagai variabel mediasi. Ecobisma (jurnal ekonomi, bisnis dan manajemen), 8(1). https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2443
Ayuni, q., cangara, h., & arianto, a. (2019). The influence of digital media use on sales level of culinary package product among female entrepreneur. Jurnal penelitian komunikasi dan opini publik, 23(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382
Cahyono, e. A., sutomo, & harsono, a. (2019). Literatur review: panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal keperawatan, 12.
Endarwati, e. T., widyastuti, s. M., & desfitrina, d. (2022). Penggunaan media sosial sebagai alternatif strategi pemasaran para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal ilmiah manajemen, ekonomi, & akuntansi (mea), 6(3). Https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2739
Hamid, r. S. (2022). Analisis dampak aktivitas pemasaran media sosial terhadap kepercayaan. Jesya, 5(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.774
Irodah, r. M. (2018). Tinjauan hukum mengenai eksistensi pajak atas aktivitas endorsement dan selebgram di sosial media. In manajemen telekomunikasi.
Kusmantini, t., sutiono, h. T., astuti, r. D., & pranata, f. I. (2020). Materi pendampingan media sosial facebook dan instagram digital marketing pada umkm. 10–23.
Meladia, m., nadjib, m., & akbar, m. (2018). Penggunaan hashtag (#)akun twitter direktorat jenderal pajak dalam upaya membangun kesadaran membayar pajak. Kareba : jurnal ilmu komunikasi, 6(2). Https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5321
Pasolo, M. R., Ermawati, Y., Sonjaya, Y., & Sumartono, S. (2023). Towards Optimal Taxes: Impact of Tax Extensification and Intensification on Individual Income Tax Receipts. Advances in Taxation Research, 1(2).
Pranata, y. A., & amaranti, r. (2021). Rancangan strategi pemasaran media sosial menggunakan model sostac. Jurnal riset teknik industri, 1(2). Https://doi.org/10.29313/jrti.v1i2.397
Rakhmadhona, n. S. (2020). Upaya meningkatkan brand awareness nsr skirt melalui strategi komunikasi pemasaran media sosial. Commentate: journal of communication management, 1(1). Https://doi.org/10.37535/103001120204
Ramadhani, h. S. (2019). Pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap brand awareness , brand image , dan brand loyalty ( studi kasus : followers pada instagram lazada . Co . Id ). E-proceeding of mangement, 6(2).
Ridwan, m., am, s., ulum, b., & muhammad, f. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal masohi, 2(1), 42. Https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Rizal, v. Z. (2019). Komunikasi pemasaran media sosial instagram pada toko kue selebriti bandung makuta (@bandungmakuta) terhadap kesadaran merek. Inter komunika : jurnal komunikasi, 4(1). Https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.291
Roria, s., & sari, w. K. (2021). Tinjauan pengenaan pajak atas aktivitas endorsement oleh selebgram di indonesia. Jurnal sikap (sistem informasi, keuangan, auditing dan perpajakan), 5(1). Https://doi.org/10.32897/jsikap.v5i1.472
Sari, s., afifah, n., & cahyani basri, d. (2022). Sosialisasi perpajakan: sinergi dan strategi di masa pandemi covid-19. Jurnal analisa akuntansi dan perpajakan, 6(1). Https://doi.org/10.25139/jaap.v6i1.4348
Sayadi, m. H. (2021). Apbn 2020: analisis kinerja pendapatan negara selama pandemi covid-19. Indonesian treasury review: jurnal perbendaharaan, keuangan negara dan kebijakan publik, 6(2), 159–171. Https://doi.org/10.33105/itrev.v6i2.269
Setyanta, b. (2022). Pelatihan pemasaran media sosial di kelompok umkm karangwaru tegalrejo yogyakarta. Society : jurnal pengabdian masyarakat, 1(1). Https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7
Sudirman, S., & Muslim, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Perusahaan Melakukan Tax Planning (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di KPP Madya Makassar). CESJ: Center Of Economic Students Journal, 1(1), 1-13.
Tjahyadi, r. A., & cornellia stella mahardhika. (2022). Pengujian pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian: peran kesadaran merek sebagai variabel mediasi pada kosmetik emina. Jrb-jurnal riset bisnis, 5(2). Https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3130
Trianggorowati, e., & al-hamdi, r. (2020). Strategi kampanye partai islam: kasus partai keadilan sejahtera pada pemilu 2019. Jurnal tapis: jurnal teropong aspirasi politik islam, 16(1). Https://doi.org/10.24042/tps.v16i1.6814
Winarti, c. (2021). Pemanfaatan sosial media oleh umkm dalam memasarkan produk di masa pandemi covid-19. Prosiding seminar nasional bisnis seri ke-4, 1(1), 195–206. Https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/19.pdf