Main Article Content

Abstract

Social media marketing methods frequently incorporate promotional, sales, and branding techniques that can provide supplementary revenue for individuals and corporations. This study aims to determine the impact of social media marketing on the computation and augmentation of Individual Income Tax (PPH) in Indonesia. The literature study of this research is organized systematically to examine the influence of social media marketing on the growth of Individual Income Tax (PPH) and Non-Tax State Income (PNBP) in Indonesia. Further investigation is required to comprehend the impact of firm marketing strategies in the digital domain on Individual PPH and its contribution to PNBP. To effectively address the challenges posed by the digital economy, the government and business entities must collaborate in formulating tax laws that are adaptable and efficient.

Keywords

Marketing Social Media PPH PNBP

Article Details

How to Cite
Putra, S. S., & Digdowiseiso, K. (2024). The Impact of Social Media Marketing on Increasing Individual PPH and PNBP in Indonesia: A Systematic Literature Review. Atestasi : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 7(1), 29–39. https://doi.org/10.57178/atestasi.v7i1.747

References

  1. Adrian, d., & mulyandi, m. R. (2020). Manfaat pemasaran media sosial instagram pada pembentukan brand awareness toko online. Jurnal indonesia sosial sains, 2(2). https://doi.org/10.36418/jiss.v2i2.195
  2. Adyatma, i wayan chandra. I putu gede satria wiraharja, i. M. D. S. W. (2023). Peningkatan daya saing objek wisata berbasis komunitas melalui pemanfaatan social media marketing dan analisis akuntansi perpajakan di desa bongkasa provinsi bali improving the competitiveness of community-based tourism through the utilization of social m. 1(4).
  3. Alfajri, m. F., adhiazni, v., & aini, q. (2019). Pemanfaatan social media analytics pada instagram dalam peningkatan. Interaksi: jurnal ilmu komunikasi, 8(1), 34. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42
  4. Amin, m., nasution, a. P., sambodo, i. M., hasibuan, m. I., & ritonga, w. A. (2021). Analisis pengaruh pemasaran media sosial terhadap minat beli produk online dengan manajemen hubungan pelanggan dan ekuitas merek sebagai variabel mediasi. Ecobisma (jurnal ekonomi, bisnis dan manajemen), 8(1). https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2443
  5. Ayuni, q., cangara, h., & arianto, a. (2019). The influence of digital media use on sales level of culinary package product among female entrepreneur. Jurnal penelitian komunikasi dan opini publik, 23(2). https://doi.org/10.33299/jpkop.23.2.2382
  6. Cahyono, e. A., sutomo, & harsono, a. (2019). Literatur review: panduan penulisan dan penyusunan. Jurnal keperawatan, 12.
  7. Endarwati, e. T., widyastuti, s. M., & desfitrina, d. (2022). Penggunaan media sosial sebagai alternatif strategi pemasaran para pelaku usaha mikro kecil dan menengah. Jurnal ilmiah manajemen, ekonomi, & akuntansi (mea), 6(3). Https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2739
  8. Hamid, r. S. (2022). Analisis dampak aktivitas pemasaran media sosial terhadap kepercayaan. Jesya, 5(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.774
  9. Irodah, r. M. (2018). Tinjauan hukum mengenai eksistensi pajak atas aktivitas endorsement dan selebgram di sosial media. In manajemen telekomunikasi.
  10. Kusmantini, t., sutiono, h. T., astuti, r. D., & pranata, f. I. (2020). Materi pendampingan media sosial facebook dan instagram digital marketing pada umkm. 10–23.
  11. Meladia, m., nadjib, m., & akbar, m. (2018). Penggunaan hashtag (#)akun twitter direktorat jenderal pajak dalam upaya membangun kesadaran membayar pajak. Kareba : jurnal ilmu komunikasi, 6(2). Https://doi.org/10.31947/kjik.v6i2.5321
  12. Pasolo, M. R., Ermawati, Y., Sonjaya, Y., & Sumartono, S. (2023). Towards Optimal Taxes: Impact of Tax Extensification and Intensification on Individual Income Tax Receipts. Advances in Taxation Research, 1(2).
  13. Pranata, y. A., & amaranti, r. (2021). Rancangan strategi pemasaran media sosial menggunakan model sostac. Jurnal riset teknik industri, 1(2). Https://doi.org/10.29313/jrti.v1i2.397
  14. Rakhmadhona, n. S. (2020). Upaya meningkatkan brand awareness nsr skirt melalui strategi komunikasi pemasaran media sosial. Commentate: journal of communication management, 1(1). Https://doi.org/10.37535/103001120204
  15. Ramadhani, h. S. (2019). Pengaruh aktivitas pemasaran media sosial terhadap brand awareness , brand image , dan brand loyalty ( studi kasus : followers pada instagram lazada . Co . Id ). E-proceeding of mangement, 6(2).
  16. Ridwan, m., am, s., ulum, b., & muhammad, f. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal masohi, 2(1), 42. Https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
  17. Rizal, v. Z. (2019). Komunikasi pemasaran media sosial instagram pada toko kue selebriti bandung makuta (@bandungmakuta) terhadap kesadaran merek. Inter komunika : jurnal komunikasi, 4(1). Https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.291
  18. Roria, s., & sari, w. K. (2021). Tinjauan pengenaan pajak atas aktivitas endorsement oleh selebgram di indonesia. Jurnal sikap (sistem informasi, keuangan, auditing dan perpajakan), 5(1). Https://doi.org/10.32897/jsikap.v5i1.472
  19. Sari, s., afifah, n., & cahyani basri, d. (2022). Sosialisasi perpajakan: sinergi dan strategi di masa pandemi covid-19. Jurnal analisa akuntansi dan perpajakan, 6(1). Https://doi.org/10.25139/jaap.v6i1.4348
  20. Sayadi, m. H. (2021). Apbn 2020: analisis kinerja pendapatan negara selama pandemi covid-19. Indonesian treasury review: jurnal perbendaharaan, keuangan negara dan kebijakan publik, 6(2), 159–171. Https://doi.org/10.33105/itrev.v6i2.269
  21. Setyanta, b. (2022). Pelatihan pemasaran media sosial di kelompok umkm karangwaru tegalrejo yogyakarta. Society : jurnal pengabdian masyarakat, 1(1). Https://doi.org/10.55824/jpm.v1i1.7
  22. Sudirman, S., & Muslim, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Perusahaan Melakukan Tax Planning (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar Di KPP Madya Makassar). CESJ: Center Of Economic Students Journal, 1(1), 1-13.
  23. Tjahyadi, r. A., & cornellia stella mahardhika. (2022). Pengujian pemasaran media sosial terhadap keputusan pembelian: peran kesadaran merek sebagai variabel mediasi pada kosmetik emina. Jrb-jurnal riset bisnis, 5(2). Https://doi.org/10.35814/jrb.v5i2.3130
  24. Trianggorowati, e., & al-hamdi, r. (2020). Strategi kampanye partai islam: kasus partai keadilan sejahtera pada pemilu 2019. Jurnal tapis: jurnal teropong aspirasi politik islam, 16(1). Https://doi.org/10.24042/tps.v16i1.6814
  25. Winarti, c. (2021). Pemanfaatan sosial media oleh umkm dalam memasarkan produk di masa pandemi covid-19. Prosiding seminar nasional bisnis seri ke-4, 1(1), 195–206. Https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/19.pdf