Main Article Content
Abstract
Bajuber Print is a printing company that prioritizes customer satisfaction in a highly competitive printing industry. This study aims to identify various factors influencing customer loyalty using a qualitative approach, including in-depth interviews, focus group discussions, and direct observation. The data analysis revealed that consistent service quality, value-aligned pricing, positive customer experiences, and attractive loyalty programs are key factors in building and maintaining customer loyalty. These findings provide valuable strategic insights for Bajuber Print to formulate effective measures to enhance customer loyalty while strengthening the company's position in a competitive market.
Keywords
Article Details
References
- Ahmadi, m. A. (2024). Manajemen strategi dalam meningkatkan loyalitas nasabah bank. 15–25.
- Anggraini, f. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. 08, 86–94.
- Ardijan handijono, rudy irawan gunarto, s. M. (2021). Menjaga loyalitas pelanggan dengan strategi crm pada pt. Desalite, pamulang.
- Arianto, n., nirwana, y. K., & pamulang, u. (2021). Kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah simpanan sebagai variabel intervening. 7(2), 179–192.
- Asmi, i., & permata, s. (2020). Tinjauan etika bisnis islamdala meningkatkan loyalitas pelanggan pusat kuliner di jalan tondong. 2(1), 36–44.
- Banggoi, r., mendo, a. Y., asi, l. L., manajemen, j., ekonomi, f., & gorontalo, u. N. (2023). Analisis kepuasan pengguna jasa transportasi online maxim untuk meningkatkan loyalitas pengguna di kota gorontalo. 6(1), 242–249.
- Dewi, i. R. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas dengan mediasi kepuasan pelanggan pada toko prima freshmart cirebon. 11(1), 314–321.
- Fahrudin, m. F., & surianto, m. A. (2024). Analysis of customer relationship management implementation at pt . Sdi motor gresik 2593. 12(6), 2593–2600. Https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i6.2993
- Hermansyah, t. (2022). Pengaruh moderasi citra merek terhadap hubungan antara. 1(1), 39–46.
- Junior, n. (2023). Pelayanan terhadap loyalitas pelanggan jimea | jurnal ilmiah mea ( manajemen , ekonomi , dan akuntansi ). 7(2), 1346–1352.
- Ma, a. (2023). Strategi service quality sebagai media dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan jasa pendidikan. 4, 813–822.
- Meidasari, e., & isabella, a. A. (2020). Quality customer relationship management for customer loyalty at yamaha bahana pagar bandar lampung dealers kualitas custumer relationship management terhadap loyalitas pelanggan pada dealer yamaha bahana pagar bandar lampung. 1(1), 39–53.
- Muhtarom, a. (2022). Analisis persepsi harga , kualitas pelayanan , terhadap peningkatan penjualan dimediasi loyalitas pelanggan pada umkm ayam potong. 5(1), 743–755.
- Renty anugerah, z. N. (2021). Analisis beban kerja dengan menggunakan metode cvl dan nasa-tlx di pt. Abc. 211, 211–222.
- Sulaiman, a., sayyid, u., rahmatullah, a., syariah, f., sayyid, u., & rahmatullah, a. (2022). Loyalitas konsumen dan profitabilitas pada rich ’ s coffe program studi manajemen bisnis syariah , fakultas ekonomi dan bisnis islam ,. 11(1), 19–29.
- Yanti, r. D. (2020). Pengaruh strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan produk kilat khusus mitra korporat kantor pos purwokerto. 5.
References
Ahmadi, m. A. (2024). Manajemen strategi dalam meningkatkan loyalitas nasabah bank. 15–25.
Anggraini, f. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. 08, 86–94.
Ardijan handijono, rudy irawan gunarto, s. M. (2021). Menjaga loyalitas pelanggan dengan strategi crm pada pt. Desalite, pamulang.
Arianto, n., nirwana, y. K., & pamulang, u. (2021). Kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah simpanan sebagai variabel intervening. 7(2), 179–192.
Asmi, i., & permata, s. (2020). Tinjauan etika bisnis islamdala meningkatkan loyalitas pelanggan pusat kuliner di jalan tondong. 2(1), 36–44.
Banggoi, r., mendo, a. Y., asi, l. L., manajemen, j., ekonomi, f., & gorontalo, u. N. (2023). Analisis kepuasan pengguna jasa transportasi online maxim untuk meningkatkan loyalitas pengguna di kota gorontalo. 6(1), 242–249.
Dewi, i. R. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas dengan mediasi kepuasan pelanggan pada toko prima freshmart cirebon. 11(1), 314–321.
Fahrudin, m. F., & surianto, m. A. (2024). Analysis of customer relationship management implementation at pt . Sdi motor gresik 2593. 12(6), 2593–2600. Https://doi.org/10.37641/jimkes.v12i6.2993
Hermansyah, t. (2022). Pengaruh moderasi citra merek terhadap hubungan antara. 1(1), 39–46.
Junior, n. (2023). Pelayanan terhadap loyalitas pelanggan jimea | jurnal ilmiah mea ( manajemen , ekonomi , dan akuntansi ). 7(2), 1346–1352.
Ma, a. (2023). Strategi service quality sebagai media dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan jasa pendidikan. 4, 813–822.
Meidasari, e., & isabella, a. A. (2020). Quality customer relationship management for customer loyalty at yamaha bahana pagar bandar lampung dealers kualitas custumer relationship management terhadap loyalitas pelanggan pada dealer yamaha bahana pagar bandar lampung. 1(1), 39–53.
Muhtarom, a. (2022). Analisis persepsi harga , kualitas pelayanan , terhadap peningkatan penjualan dimediasi loyalitas pelanggan pada umkm ayam potong. 5(1), 743–755.
Renty anugerah, z. N. (2021). Analisis beban kerja dengan menggunakan metode cvl dan nasa-tlx di pt. Abc. 211, 211–222.
Sulaiman, a., sayyid, u., rahmatullah, a., syariah, f., sayyid, u., & rahmatullah, a. (2022). Loyalitas konsumen dan profitabilitas pada rich ’ s coffe program studi manajemen bisnis syariah , fakultas ekonomi dan bisnis islam ,. 11(1), 19–29.
Yanti, r. D. (2020). Pengaruh strategi penetapan harga terhadap loyalitas pelanggan produk kilat khusus mitra korporat kantor pos purwokerto. 5.