Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi hubungan multidimensional antara investasi di sektor pendidikan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi bisnis, terutama di tengah dinamika transformasi digital dan tantangan Revolusi Industri Keempat dan Society 5.0. Menggunakan pendekatan Rapid Review, studi ini mensintesis temuan dari empat artikel ilmiah relevan yang diterbitkan antara tahun 2020-2024. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa investasi pendidikan adalah pilar fundamental dalam pembentukan modal manusia yang berkualitas dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi serta daya saing. Temuan kunci mengindikasikan bahwa investasi pada pendidikan tinggi, khususnya di bidang STEM, memberikan pengembalian finansial yang signifikan, yang berkorelasi positif dengan pembangunan ekonomi. Selain itu, pengembangan kurikulum yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan industri digital, seperti kurikulum berbasis informatika, sangat krusial untuk menghasilkan tenaga kerja siap pakai dan inovatif. Lebih lanjut, kualitas pendidik sebagai fasilitator dan penguatan fondasi pendidikan dini, termasuk pengembangan soft skills dan karakter, merupakan investasi jangka panjang yang membentuk modal manusia tangguh untuk masa depan ekonomi. Secara keseluruhan, studi ini menegaskan bahwa investasi yang strategis dan komprehensif pada seluruh jenjang pendidikan, disertai adaptasi kurikulum dan kualitas pengajaran, sangat esensial untuk mencapai pembangunan ekonomi bisnis yang berkelanjutan dan berdaya saing.

Keywords

Investasi Pendidikan Pembangunan Ekonomi Modal Manusia Revolusi Industri 4.0 Pembelajaran Seumur Hidup

Article Details

References

  1. Acemoglu, D., & Restrepo, P. (2019). Automation and New Tasks: How Technology Displaces and Reinstates Labor. Journal of Economic Perspectives, 33(2), 3–30. https://doi.org/10.1257/jep.33.2.3
  2. Fajari, R., Saputra, B., Berlinson, A. M., & Parhusip, J. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Informatika untuk Memenuhi Kebutuhan Industri di Era Digital. Informatech: Jurnal Ilmiah Informatika Dan Komputer, 1. https://ejournal.rizaniamedia.com/index.php/informatech/article/view/194
  3. García, J. L., Heckman, J. J., & Ronda, V. (2023). The Lasting Effects of Early-Childhood Education on Promoting the Skills and Social Mobility of Disadvantaged African Americans and Their Children. Journal of Political Economy, 131(6), 1477–1506. https://doi.org/10.1086/722936
  4. Goldin, C., & Katz, L. F. (2009). The race between education and technology: A review article. Journal of Human Capital, 3(2), 177–196. https://doi.org/10.1086/645089
  5. Juhri, D. A., Syafitri, I. D., Putri, F. N., Nala, R. A. S., & Ermila, E. R. (2024). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM MEMBENTUK GENERASI EMAS 2045. Jurnal Penelitian Multidisiplin Terpadu, 8(11), 124–130. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpmt/article/view/5555
  6. Lia, N. F. A. (2022). Penguatan Soft skills Anak Melalui Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Wathoniyah Kendal). Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 1(2), 121–240. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i2
  7. OECD. (2021). Education at a Glance 2021. OECD. https://www.oecd-ilibrary.org/education/education-at-a-glance-2021_b35a14e5-en
  8. Perdani, E. W., & Wicaksono, P. (2021). Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan Tinggi Lulusan Program Studi STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics). Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 28–45. https://doi.org/10.33059/jseb.v13i1.3420
  9. PRISMA. (2020). PRISMA 2020 flow diagram — PRISMA statement. https://doi.org/https://www.prisma-statement.org/prisma-2020-flow-diagram
  10. Schleicher, A. (2019). How to build a 21 st Century Brand Report. https://doi.org/https://www.oecd.org/en/publications/world-class_9789264300002-en.html
  11. Schwab, K. (2019). The Fourth Industrial Revolution. In World Economi Forum (Vol. 11, Issue 1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
  12. World Bank. (2019). Tentang Proyek Modal Manusia. https://www.worldbank.org/in/publication/human-capital/brief/about-hcp
  13. World Economic Forum. (2023). Future of Jobs Report. In Switzerland. World Economic Forum. https://doi.org/10.1142/11458