Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk melihat pengaruh Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Aplikasi Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). Penelitian ini menggunakan 97 responden sebagai sampel yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Metode analasis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ulasan Produk berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukan dengan nilai thitung 3,471 > ttabel 1,661, Ulasan Produk berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian ditunjukan dengan nilai fhitung 12,047 > ftabel 3,09. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi R Square sebesar 0,113 atau 11,3% dikategori rendah, sehinggah dapat disimpulkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen dan 88,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords

Purchase decisions; Product reviews.

Article Details

References

  1. Asari, A., Taan, H., Sucandrawati, N. L. K. A. S., Wijayanto, G., Sartika, S. H., Mustari, M., ... & Sitorus, A. N. (2023). Manajemen Pemasaran di Era Digital.
  2. Datri Widati, Kuwing Baboe, Sundari, S., & Alexandro, R. (2023). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Dalam Keputusan Pembelian Handphone Android. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 5966. https://doi.org/10.37304/jpips.v15i1.9474
  3. Damiti, F., Liputo, B., Mardin, H., Hadjaratie, L., Wungguli, D., Katili, A. S., ... & Arafat, M. Y. (2025). Literasi Digital. Penerbit Tahta Media.
  4. Febriana, R., & Darmawan, D. (2023). Determinan Keputusan Pembelian Helm Di Kota Surabaya : Harga , Citra Merek, Gaya Hidup, Dan Kualitas Produk. 1(4).
  5. Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 3042. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
  6. Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02
  7. Handadi, S. (2020). Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ) JEPANG. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408420.
  8. lmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 3142. https://doi.org/10.37403/mjm.v6i1.143
  9. Kuengo, F. A., Taan, H., & Radji, D. L. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio pada Nengga mobilindo Kota Gorontalo. Jambura: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), 54-65.
  10. Kuswanto, & Vikaliana, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 195210. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.431
  11. Marlius, D., & Mutiara, M. (2022). Pengaruh Merek, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pembelian Smartphone Oppo pada Rindo Cell di Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan). Jurnal Economina, 1(4), 768783. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.169
  12. Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665
  13. Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
  14. Permata Sari, D., (2021). Pengaruh Ulasan Produk, Kepercayaan, Promosi, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Market Place Shopee. Ijccs, 1(6), 19781520.
  15. Rakib, M., Taan, H., Sudjiman, L. S., Sudjiman, P. E., Nurmahdi, A., & Santoso, R. (2023). Marketing Management Strategy In The Digital Era. Penerbit Tahta Media
  16. Solihat, M., & Sandika, D. (2022). Manfaat E-Commerce Dalam Berwirausaha di Era Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 273281. https://doi.org/10.32812/jibeka.v16i2.967
  17. Taan, H. (2016). Peran riset pemasaran dalam pengambilan keputusan manajemen. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 11(2).
  18. Taan, H. (2017). Pengaruh inovasi produk dan harga terhadap keunggulan bersaing usaha karawo di kota gorontalo. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 148158.
  19. Taan, H. (2018). Design and Manage Integrated Marketing Communication. In Journal of International Conference Proceedings (Vol. 1, No. 2, p. 423474). Association of International Business and Professional Management.
  20. Taan, H. (2021). Kemudahan penggunaan dan harga terhadap minat beli online konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89-96.
  21. Taan, H. (2021). Konsep dasar perencanaan pemasaran dan proses penyusunannya. Jurnal Manajemen, 5(2), 344-356.
  22. Taan, H. (2023, November). Effect Of Convenience And Trust Tiktok Shop Online Purchase Decisions. In Proceedings of International Interdisciplinary Conference on Sustainable Development Goals (IICSDGs) (Vol. 6, No. 1, pp. 221-232).