Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, store atmosphere dan price fairness terhadap repurchase intention pada konsumen Mie Gacoan Cabang Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini bersifat tidak terbatas, sehingga penentuan sampel menggunakan rumus Lemeshow dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Data dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan uji parsial(t-test), uji simultan (F-test), dan analisis koefisien determinasi (R²).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh signifikan secara parsial terhadap repurchase intention. Store atmosphere berpengaruh signifikan secara parsial terhadap repurchase intention.
Price fairness berpengaruh signifikan secara parsial terhadap repurchase intention. Demikian pula, secara simultan brand image, store atmosphere dan price fairness berpengaruh signifikan secara simultan terhadap repurchase intention, dengan kontribusi sebesar 77,4%, sedangkan 22,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Temuan ini menegaskan dan membuktikan bahwa brand image, store atmosphere, dan price fairness merupakan faktor penting dalam membentuk repurchase intention konsumen di Mie Gacoan Cabang Mamuju
Keywords
Article Details
References
- Adnina, F., Ishamiyya, R. S., & Dewi, S. R. (2025). Food Quality , Price Fairness , and Service Quality as Drivers of WoM Intention through Customer Satisfaction on Mie Gacoan in Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 65–78.
- Adythya, S. (2025). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Cabang Pamulang [Institut Teknologi Indonesia]. In Repository.
- Alma, B. (2024). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta.
- Andari, D. S., & Mathori, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Mie Gacoan Yogyakarta Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 468–489.
- Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen. Penerbit Rena Cipta Mandiri.
- antaranews.com. Kemenperin: Industri makanan-minuman penopang ekonomi Indonesia. Berita Ekonomi Dan Bisnis. Retrieved April 22, 2025, from https://www.antaranews.com/berita
- Ardena, A. A., Hidayat, R., Rahayu, S., & Fitrianty, R. (2025). Pengaruh Viral Marketing, Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Mie Gacoan Pamekasan. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 4(6), 1301–1312.
- Awaly, A. H., & Oktoriza, L. A. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Healthy Lifestyle Terhadap Minat Beli Mie Lemonilo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal EMT KITA, 8(3), 864–873.
- Bungin, B. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Penerbit Kencana Prenamedia Group.
- Buulolo, Y. (2025). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus: Pada Warkop Mie Aceh Hijrah Jaya. Jurnal Manajemen Retail, 1(1), 29–36.
- Data Industri Research. Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman 2011 – 2025. Website. Retrieved April 22, 2025, from https://www.dataindustri.com/produk
- Devi, N. W. W. D. G. (2025). Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Maha Kencana Di Lempuyang [Universitas Mahasaraswati Denpasar]. In Repository.
- Farahan, F. O., & Lestari, W. D. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Mie Gacoan Di Kota Surakarta). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 263–275.
- Febriska, S. K. (2024). Pengaruh Store Atmosphere Dan Variasi Menu Terhadap Repurchase Intention Konsumen Pada Delicious Cafe & Hangout Di Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo [Universitas Jambi]. In Repository.
- Firmansyah, M. A. (2021). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Penerbit Depublish.
- Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th Ed). Pearson Education Limited.
- Ismail, M. I., & Ilyas, N. I. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Buku Cetak (Edisi 1). PT. Rajagrafindo Persada.
- Kementerian Agama Republik Indonesia. Al Qur’an Surah An-Nisa Ayat 29.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (Thirteenth). Penerbit Erlangga.
- Lukitaningsih, A., Ningrum, N. K., & Muttaqin, F. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Store Atmosphere, Product Quality dan Service Quality terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus Pada Pelanggan Mie Gacoan Yogyakarta). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 372–378.
- Manasika, D. A. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Product Quality (Kualitas Produk), Dan Price Fairness (Kewajaran Harga) Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Joglo Turen Sari di Brongkol Kecamatan Jambu) [Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi]. In Repository.
- Marisa, O., & Rowena, J. (2020). Pengaruh Price Fairness Terhadap Repurchase Intention High End Make Up Dan Skin Care Pada Generasi Milenial Di Jakarta. Jurnal Bina Manajemen, 8(2), 67–77.
- Martaputri, F. H., Herawaty, T., & Fordian, D. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Nakula Coffee Cikarang). Jurnal Lentera Bisnis, 14(1), 723–738.
- miegacoan.com. miegacoan.com. Website. Retrieved April 21, 2025, from https://miegacoan.com
- Narimawati, U., Sarwono, J., Munandar, D., & Winanti, M. B. (2025). Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis: Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Penerbit Andi.
- Ogil, E. (2024). Price Perception. Website Dealhub. https://dealhub-io.translate.goog/glossary/price-perception
- Pramesti, C. W., & Setyawan, A. A. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 714–724.
- Purba, R. G., & Badrudin, R. (2025). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Repurchase Intention Konsumen Mie Gacoan Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 57–73.
- Putri, J. R., Anjani, A. P., Hidayat, R., & Kusumasari, I. R. (2024). Pengambilan Keputusan Strategi Pemasaran Yang Diterapkan PT. Pesta Pora Abadi (Gacoan). Juskop: Jurnal Studi Komunikasi Dan Politik, 1(1), 83–95.
- Sudaryono. (2023). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. In Buku Cetak (Edisi Ke-2). Penerbit: PT.Rajagrafindo Persada.
- Sudirjo, F., Wahyuningsih, D., Wijayanto, G., & Wahyono, D. (2024). Teori Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Penerbit: PT Mafy Media Literasi Indonesia.
- Sulistiyo, T., & Roosdhani, M. R. (2025). Service Quality and Price Fairness on Repurchase Decisions Through Mediation of Customer Satisfaction. Ekspektra: Journal Business & Management, 9(1), 66–80.
- Tasya, S. A. P. (2023). Pengaruh Strategi Bundling, Price Fairness, Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention Konsumen Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Burger King Bandar Lampung) [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Repository.
- Tjiptono, F. (2023). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Penerbit Andi Yogyakarta.
- Wulandari, R. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Kayu Watu Food Court N Cafe Metro) [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Repository.
- Zainurossalamia, S. (2023). Manajemen Pemasaran (Teori dan Strategi). Forum Pemuda Aswaja.
- Zulfa, D., Terrisa, Anwar, N., & Riananda, S. (2024). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Thrifting di Online Shop. Jurnal Inovasi Makro Ekonomi, 6(3), 250–255.
References
Adnina, F., Ishamiyya, R. S., & Dewi, S. R. (2025). Food Quality , Price Fairness , and Service Quality as Drivers of WoM Intention through Customer Satisfaction on Mie Gacoan in Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 65–78.
Adythya, S. (2025). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan Cabang Pamulang [Institut Teknologi Indonesia]. In Repository.
Alma, B. (2024). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta.
Andari, D. S., & Mathori, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Mie Gacoan Yogyakarta Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 3(2), 468–489.
Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen. Penerbit Rena Cipta Mandiri.
antaranews.com. Kemenperin: Industri makanan-minuman penopang ekonomi Indonesia. Berita Ekonomi Dan Bisnis. Retrieved April 22, 2025, from https://www.antaranews.com/berita
Ardena, A. A., Hidayat, R., Rahayu, S., & Fitrianty, R. (2025). Pengaruh Viral Marketing, Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Mie Gacoan Pamekasan. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 4(6), 1301–1312.
Awaly, A. H., & Oktoriza, L. A. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Healthy Lifestyle Terhadap Minat Beli Mie Lemonilo Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Jurnal EMT KITA, 8(3), 864–873.
Bungin, B. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Penerbit Kencana Prenamedia Group.
Buulolo, Y. (2025). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus: Pada Warkop Mie Aceh Hijrah Jaya. Jurnal Manajemen Retail, 1(1), 29–36.
Data Industri Research. Pertumbuhan Industri Makanan dan Minuman 2011 – 2025. Website. Retrieved April 22, 2025, from https://www.dataindustri.com/produk
Devi, N. W. W. D. G. (2025). Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Maha Kencana Di Lempuyang [Universitas Mahasaraswati Denpasar]. In Repository.
Farahan, F. O., & Lestari, W. D. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Mie Gacoan Di Kota Surakarta). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 263–275.
Febriska, S. K. (2024). Pengaruh Store Atmosphere Dan Variasi Menu Terhadap Repurchase Intention Konsumen Pada Delicious Cafe & Hangout Di Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo [Universitas Jambi]. In Repository.
Firmansyah, M. A. (2021). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Penerbit Depublish.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th Ed). Pearson Education Limited.
Ismail, M. I., & Ilyas, N. I. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. In Buku Cetak (Edisi 1). PT. Rajagrafindo Persada.
Kementerian Agama Republik Indonesia. Al Qur’an Surah An-Nisa Ayat 29.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (Thirteenth). Penerbit Erlangga.
Lukitaningsih, A., Ningrum, N. K., & Muttaqin, F. A. (2023). Pengaruh Brand Image, Store Atmosphere, Product Quality dan Service Quality terhadap Repurchase Intention (Studi Kasus Pada Pelanggan Mie Gacoan Yogyakarta). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 372–378.
Manasika, D. A. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Product Quality (Kualitas Produk), Dan Price Fairness (Kewajaran Harga) Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Konsumen Joglo Turen Sari di Brongkol Kecamatan Jambu) [Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman Guppi]. In Repository.
Marisa, O., & Rowena, J. (2020). Pengaruh Price Fairness Terhadap Repurchase Intention High End Make Up Dan Skin Care Pada Generasi Milenial Di Jakarta. Jurnal Bina Manajemen, 8(2), 67–77.
Martaputri, F. H., Herawaty, T., & Fordian, D. (2025). Pengaruh Kualitas Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Nakula Coffee Cikarang). Jurnal Lentera Bisnis, 14(1), 723–738.
miegacoan.com. miegacoan.com. Website. Retrieved April 21, 2025, from https://miegacoan.com
Narimawati, U., Sarwono, J., Munandar, D., & Winanti, M. B. (2025). Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis: Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Penerbit Andi.
Ogil, E. (2024). Price Perception. Website Dealhub. https://dealhub-io.translate.goog/glossary/price-perception
Pramesti, C. W., & Setyawan, A. A. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 714–724.
Purba, R. G., & Badrudin, R. (2025). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Repurchase Intention Konsumen Mie Gacoan Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 57–73.
Putri, J. R., Anjani, A. P., Hidayat, R., & Kusumasari, I. R. (2024). Pengambilan Keputusan Strategi Pemasaran Yang Diterapkan PT. Pesta Pora Abadi (Gacoan). Juskop: Jurnal Studi Komunikasi Dan Politik, 1(1), 83–95.
Sudaryono. (2023). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. In Buku Cetak (Edisi Ke-2). Penerbit: PT.Rajagrafindo Persada.
Sudirjo, F., Wahyuningsih, D., Wijayanto, G., & Wahyono, D. (2024). Teori Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Penerbit: PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Sulistiyo, T., & Roosdhani, M. R. (2025). Service Quality and Price Fairness on Repurchase Decisions Through Mediation of Customer Satisfaction. Ekspektra: Journal Business & Management, 9(1), 66–80.
Tasya, S. A. P. (2023). Pengaruh Strategi Bundling, Price Fairness, Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention Konsumen Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Burger King Bandar Lampung) [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Repository.
Tjiptono, F. (2023). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Penerbit Andi Yogyakarta.
Wulandari, R. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Kayu Watu Food Court N Cafe Metro) [Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. In Repository.
Zainurossalamia, S. (2023). Manajemen Pemasaran (Teori dan Strategi). Forum Pemuda Aswaja.
Zulfa, D., Terrisa, Anwar, N., & Riananda, S. (2024). Pengaruh Brand Image, Persepsi Harga, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Thrifting di Online Shop. Jurnal Inovasi Makro Ekonomi, 6(3), 250–255.