Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streaming terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini juga ingin melihat perbedaan persepsi berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melihat live streaming di Tiktok, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,837 dengan nilai signifikansi 0,000, yang menunjukkan bahwa variabel live streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien beta sebesar 0,829 mengindikasikan bahwa live streaming merupakan prediktor yang kuat dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Selain itu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa live streaming menjadi salah satu strategi pemasaran digital yang efektif dalam mendorong konsumen untuk melakukan pembelian

Keywords

Live Streaming, Tiktok, Keputusan Pembelian, Makassar, Pemasaran

Article Details

References

  1. Chen, C.-C., & Lin, Y.-M. (2018). What drives live-streaming e-commerce? The mediating role of trust and purchase intention. International Journal of Electronic Commerce Studies, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.7903/ijecs.1704
  2. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
  3. Kotler, P., & Lane Keller, K. (2016). A framework for marketing management.
  4. Luo, M., Chen, J., Choi, J. H., & Wang, Y. (2020). Live streaming commerce: Uses and gratifications approach. Industrial Management & Data Systems, 121(6), 1233–1254. https://doi.org/10.1108/IMDS-10-2020-0629
  5. Irma Marpaung, Fauzi Lubis (2023) Pengaruh Iklan, Sistem COD, Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktokshop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Sumatera Utara). Jurnal ilmiah manajemen bisnis dan inovasi universitas sam ratulangi vol. 9 no. 3 september-desember 2022, 1477-1491
  6. Muchtar, M., Aqsa, M., & Sudirman, H. A. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimoderasi Kepuasan Pelanggan Pada Pengunjung Wisata Pantai Tapandullu Kabupaten Mamuju. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen (JABM), 10(1), 263-263.
  7. Oklander M. A., Oklander T. O., Yashkina O. I. Marketing research trends: online panels and online communities // Marketing and Management of Innovations. 2018. Issue 1. P. 118–129. doi: https://doi.org/10.21272/mmi.2018.1-08
  8. Shahnaz, K. (2022). tiktok shop jadi social commerce paling populer di indonesia. Bisnis.Com, 1–5. https://teknologi.bisnis.com/read/2022
  9. F.Y. Sapa., A.L. Tumbel., B. Lumanauw9 2023) Pengaruh Live Streaming, Price Discount Dan Free Shipping Terhadap Impulse Buying: Study Empiric Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Yang Menggunakan Tiktok Shop. Jurnal EMBA Vol. 11 No.4 Oktober 2023, Hal. 787-798
  10. Zhang, M., Qin, F., Wang, G. A., & Luo, C. (2019). The impact of live video streaming on online purchase intention. Service Industries Journal, 39(11–12), 886–906. https://doi.org/10.1080/02642069.2018.1526678