Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Bandwagon Effect dan Viral Marketing terhadap minat berwirausaha pada sektor UMKM coffee shop di Kota Makassar. Secara khusus, penelitian ini menguji peran Sosial Media sebagai variabel moderasi, untuk mengetahui apakah kehadirannya dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel-variabel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Viral Marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, sementara Bandwagon Effect tidak berpengaruh signifikan. Temuan kunci dari penelitian ini adalah bahwa hipotesis mengenai peran Sosial Media sebagai variabel moderasi ditolak. Analisis data tidak menemukan bukti statistik yang cukup untuk menyatakan bahwa Sosial Media mampu memoderasi (memperkuat atau memperlemah) pengaruh Bandwagon Effect maupun Viral Marketing terhadap minat berwirausaha. Simpulan dari riset ini adalah bahwa minat berwirausaha di sektor ini lebih didorong secara langsung oleh efektivitas strategi pemasaran digital yang viral, bukan oleh dorongan ikut-ikutan tren. Peran Sosial Media dalam model ini tidak terbukti sebagai faktor kondisional (moderator), yang mengindikasikan bahwa pengaruhnya mungkin lebih bersifat universal atau perlu diteliti lebih lanjut sebagai pendorong langsung

Keywords

Minat berwirausaha; Bandwagon Effect; Viral Marketing; Media Sosial; UMKM

Article Details

References

  1. A. Indah. DP. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan perilaku ngopi masyarakat kota pontianak – sebuah studi eksplorasi (Vol. 16, Issue 1).
  2. Baso HM, I., & Rohani. (2023). Implementasi Strategi Promosi Above The Line (ATL), Below The Line (BTL), dan Through The Line (TTL) Pada UMKM Di Kota Makassar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(Volume 3 Nomor 4 Tahun 2023), 1156–1168. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4959
  3. Cheng, C. C. J., & Shiu, E. (2019). How to enhance SMEs’ customer involvement using social media: The role of Social CRM: (Vol. 37, Issue 1). https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/0266242618774831
  4. Christina, C., Putra, C. R., Steven, L., Aruan, M., Joab, J., Novianti, D. L., Desia, W., Wangsa, R., & Rinaningsih, R. (2022). Manfaat Aktivasi Digitalisasi pada Pendapatan UMKM (Vol. 4, Issue 2). https://journal.prasetiyamulya.ac.id/journal/index.php/JPM/article/download/946/543
  5. Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and conducting mixed methods research (3rd, Ed.). Sage publications.
  6. Dewi Aminatuz Zuhriyah. (2019, August 22). Industri Kedai Kopi Ditaksir Tumbuh 20% Tahun Ini Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Industri Kedai Kopi Ditaksir Tumbuh 20% Tahun Ini”, Klik selengkapnya di sini: https://ekonomi.bisnis.com/read/20190822/12/1139918/industri-kedai-kopi-ditaksir-tumbuh-20-tahun-ini. Penulis : Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com Download aplikasi Bisnis.com terbaru untuk akses lebih cepat dan nyaman di sini: Android: http://bit.ly/AppsBisniscomPS iOS: http://bit.ly/AppsBisniscomIOS. Https://Ekonomi.Bisnis.Com/.
  7. Erlanitasari, Y., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2020). Digital economic literacy micro, small and medium enterprises (SMES) go online (Vol. 49, Issue 2). https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/article/download/27827/pdf
  8. Fauziana, E., & Budi, Y. R. (2023). Roles of Digital Transformation for MSME’s Growth (Vol. 2, Issue 1). https://journal.adpebi.com/index.php/AIJMS/article/download/503/485
  9. Firmansyah, M. A., & Fatihudin, D. (2022). Viral marketing, social media, and purchase intention: a case study of MSMEs in Indonesia. International Journal of Social and Management Studies, 3(4), 119–126. https://doi.org/10.5555/ijosmas.v3i4.225
  10. Gholston, K., Kuofie, M., & Hakim, A. C. (2016). Social Media for Marketing by Small Businesses (Vol. 7, Issue 1).
  11. Greene, J. C., Caracelli, V. J., & Graham, W. F. (1989). Toward a Conceptual Framework for Mixed-Method Evaluation Designs. Educational Evaluation and Policy Analysis, 11(3), 255–274. https://doi.org/10.3102/01623737011003255
  12. Hair Jr., J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (4th, Ed.). Sage publications.
  13. Ibrahim, B., Aljarah, A., & Sawaftah, D. (2021). Linking Social Media Marketing Activities to Revisit Intention through Brand Trust and Brand Loyalty on the Coffee Shop Facebook Pages: Exploring Sequential Mediation Mechanism (Vol. 13, Issue 4).
  14. Manley, S. C., Williams, R. I., & Jr., J. F. H. (2022). Enhancing TQM’s effect on small business performance: a PLS-SEM exploratory study of TQM applied with a comprehensive strategic approach.
  15. Ma’rifah, A. N., & Rohmah, U. (2019). The Development of SME In the Digital Era In the National Economy. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/semnasfe/article/download/2116/1174
  16. Muslikhin, M., Mulyana, D., Hidayat, D. R., & Utari, P. (2021). The Commodification, Spatialization and Structuration of Social Media in the Indonesian Cyber Media News (Vol. 9, Issue 2).
  17. Oktavianti, O., Hidayat, V. S., Handayani, R., Prayogo, E., Sari, E. P., Tjun, L. T., Setiana, S., Lingga, I. S., Carolina, V., Carolina, Y., Tin, S., Wijaya, I. N. Y. A., Kambono, H., Asher, S., Thedya, R., & Eunike, E. (2023). Technology and MSMEs: The Role of the Internet in Business Development (Vol. 8, Issue 1).
  18. Park, C.-I., & Namkung, Y. (2022). The Effects of Instagram Marketing Activities on Customer-Based Brand Equity in the Coffee Industry (Vol. 14, Issue 3). https://www.mdpi.com/2071-1050/14/3/1657/pdf?version=1644227204
  19. Radjab, E., & Tjambolang, T. A. (2022). The Role Of Information Technology In Improving The Competitiveness Of Small And Medium Enterprises In Gowa District (Vol. 17, Issue 2). https://journal.trunojoyo.ac.id/mediatrend/article/download/17245/pdf
  20. Rudeloff, C., Pakura, S., Eggers, F., & Niemand, T. (2021). It takes two to tango: the interplay between decision logics, communication strategies and social media engagement in start-ups. https://link.springer.com/content/pdf/10.1007/s11846-021-00464-x.pdf
  21. Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In C. Homburg, M. Klarmann, & A. Vomberg (Eds.), Handbook of Market Research (pp. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1
  22. Singh, P. (2017). Impact of digitalization on small and medium enterprises in india.
  23. Tourani, N. (2022). Thriving in a shifting landscape: Role of social media in support of business strategy (Vol. 27, Issue 4).
  24. Weinandy, T. J., Chen, K.-C., Pozo, S., & Ryan, M. J. (2023). Twitter-patter: how social media drives foot traffic to retail stores. https://link.springer.com/content/pdf/10.1057/s41270-023-00209-7.pdf
  25. Yadav, K. (2014). MSME : Pool of Employment in India.
  26. Yuldashevich, U. I., & Mukhammadeldor, R. (2021). The impact of digital economy on the development of small business and private entrepreneurship (Vol. 3).