Main Article Content
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of the relationship between social media motivation and the social environment on interest in entrepreneurship. Data was obtained by distributing questionnaires to respondents, namely students of the Faculty of Economics and Business, Muslim University of Indonesia, with a total of 83 respondents. Data analysis used linear regression analysis. Data processing is done using the IBM SPSS 24 program. The results showed that motivation had a negative and significant effect on interest in entrepreneurship, social media had a positive and significant effect on interest in entrepreneurship, and the social environment had a positive and significant effect on entrepreneurial interest in students of the Faculty of Economics and Business, Universitas Muslim Indonesia.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdullah, Thamrin dan FrancisTantri. 2012. Manajemen Pemasaran.Jakarta:RajaGrafindo Persada.
- Ahmad, N. F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar.
- Alifia, I. F. (2019). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan). Jurnal Bisnis Indonesia, 10(02).
- Alma, Buchari. (2013). Kewirausahaan. Alfabeta, Bandung.Amstrong dan Kotler. (2008). Perkembangan Teknologi.
- Aputra Angri. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Pergaulan, Dan Latar Belakang Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia.
- Baharuddin. (2017). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Basrowi. (2014). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
- Dalimunthe, HS., Ekawarna., Rosmiati. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kewirausahaan Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Tata Niaga Di Smk Negeri I Kota Jambi. Artikel Ilmiah
- Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
- Dewi, S.N & Haryanto, A.T. (2017). Dampak Keputusan Berwirausaha dengan lingkungan social dan pendidikan formal pada motivasi berwirausaha.
- Dimyati dan Mudjiono.(2013). Belajar dan Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Djaali H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Elsi Lestari (2015). Pengaruh Pengetahuan , Lingkungan dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Syekh Nurjati Cirebon. Skripsi: Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
- Fauzi, Viny Putri. (2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sosial Media. Marketing Er- Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP. 3(1): 1-15
- Fu'adi, & Fadli, I. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik
- Kerja Industri Siswa Kelas Xii Teknik Otomotif Smk N 1 Adiwerna Kab Tegal Ta 2008/2009. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (Ptm) , 93.
- Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran.Jakarta:Erlangga. Hermawan, Kartajaya. (2008). Arti Media Sosial bagi Siswa.
- Indarti; Nurul. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia Volume 23 No 04 , 1-27.
- Ismiyanto Nugroho (2020) Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Rajawali Pers, Jakarta.Kencana, Jakarta.
- Kotler, Philip And Amstrong, Gary. (2010). Principle of Marketing. 7th Ed. New Jersey: Prentice. Hal.inc.Kontan.co.id. (2020). Transaksi E-Commerce Meningkat.
- Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.
- Kuncoro. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti & MenulisTesis?, Edisi 3, Cetakan1. Erlangga, Jakarta.
- Leonardus Saiman. (2009). Kewirausahaan, Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Mensi, O., Sapara, M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Perempuan Di Desa Ammat Kecamatan Tampan’amma Kabupaten Kepulauan Talaud (Vol. 13, Issue 3).
- Nasrullah, Rulli. (2015). Media social Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Nurjanah, Siti. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMAN 12 Pekanbaru. Pekanbaru [ID].[Internet].
- Nurul Fitriyah Ahmad (2019) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Skripsi: Universitas Negeri Makassar.
- Oemar Hamalik. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
- Pappas, J.M dan Hirschey, Mark. 1993. Ekonomi Manajerial Edisi Keenam Jilid II. Binarupa Akasara. Jakarta
- Paramitasari, F . (2016). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk N 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Uny.
- Pikiran-Rakyat.com. (2020). BelanjaOnline Meningkat.
- Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.
- Purnomo, M.T. 2015. Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa teknik kendaraan ringan SMK Negeri1 Seyegan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
- Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20 (3), 203-216.
- Sari,P. P. (2017). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2013-2014). Jurnal. Tersedia:Http://Journal. Student. Uny. Ac.Id.
- Sapara, M.M, Lumintang, J.Paat, J.C. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Prilaku Remaja.
- Schneider, GaryP. (2002). Electronic Commerce: The Second Wave, Fifth Edition. New York : Thomson Course Technology.
- Selameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
- Sukmadinata, N.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T.(2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajeman Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 627-652.
- Sumerta, I. K., WIdyagoca, I. G. P. A., Adiandari, A. M., & Herlambang, P. G. D. (2019). Analysis of Technology Acceptance Model (TAM) to UseE- Moneyin Bali Province. International Journal of Advanced Trendsin Computer Science and Engineering (IJATCE), 8(1.5), 206–211.
- Sumerta, I.K.,Widyagoca,I. G. P. A., & Meryawan,I. W. (2019). Online Consumer Behavior on Using Social Media on E-Commerce, based on the AISAS Model Approach. Case Study; Bukalapak, Tokopedia and Blili.com. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering (IJATCE)., 8(1.5), 234–242.
- Suryana. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Turban, Efraim and David, King. Electronic Commerce. New Jersey:Amanogerial Perspective. 2006.
- Yuliani, N,F. 2013. Hubungan Antara Sosial Dengan Belajar Santri di Madinatul Ilmi Islamiyah. Jurnal Spektrum PLS. Vol1. No 2.
- Yuyus Suryana dan Kartib Bayu. (2013). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01399518/belanja-online- meningkat-400-persen-bpkn-masih-banyak-dikeluhkan-konsumen
- https://nasional.kontan.co.id/news/bank-indonesia-memperkirakan-transaksi- e- commerce-bisa-rp-429-triliun-tahun-ini.
References
Abdullah, Thamrin dan FrancisTantri. 2012. Manajemen Pemasaran.Jakarta:RajaGrafindo Persada.
Ahmad, N. F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar.
Alifia, I. F. (2019). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Dusun Beton Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan). Jurnal Bisnis Indonesia, 10(02).
Alma, Buchari. (2013). Kewirausahaan. Alfabeta, Bandung.Amstrong dan Kotler. (2008). Perkembangan Teknologi.
Aputra Angri. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Pergaulan, Dan Latar Belakang Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Muslim Indonesia.
Baharuddin. (2017). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Basrowi. (2014). Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Dalimunthe, HS., Ekawarna., Rosmiati. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kewirausahaan Dan Lingkungan Sosial Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Tata Niaga Di Smk Negeri I Kota Jambi. Artikel Ilmiah
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Dewi, S.N & Haryanto, A.T. (2017). Dampak Keputusan Berwirausaha dengan lingkungan social dan pendidikan formal pada motivasi berwirausaha.
Dimyati dan Mudjiono.(2013). Belajar dan Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djaali H. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Elsi Lestari (2015). Pengaruh Pengetahuan , Lingkungan dan Motivasi terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Syekh Nurjati Cirebon. Skripsi: Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.
Fauzi, Viny Putri. (2016). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sosial Media. Marketing Er- Corner Boutique Dalam Membangun Brand Awareness Di Kota Pekanbaru. JOM FISIP. 3(1): 1-15
Fu'adi, & Fadli, I. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik
Kerja Industri Siswa Kelas Xii Teknik Otomotif Smk N 1 Adiwerna Kab Tegal Ta 2008/2009. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin (Ptm) , 93.
Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran.Jakarta:Erlangga. Hermawan, Kartajaya. (2008). Arti Media Sosial bagi Siswa.
Indarti; Nurul. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia Volume 23 No 04 , 1-27.
Ismiyanto Nugroho (2020) Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kasmir. (2016). Kewirausahaan. Rajawali Pers, Jakarta.Kencana, Jakarta.
Kotler, Philip And Amstrong, Gary. (2010). Principle of Marketing. 7th Ed. New Jersey: Prentice. Hal.inc.Kontan.co.id. (2020). Transaksi E-Commerce Meningkat.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Kuncoro. (2009). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi: Bagaimana Meneliti & MenulisTesis?, Edisi 3, Cetakan1. Erlangga, Jakarta.
Leonardus Saiman. (2009). Kewirausahaan, Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mensi, O., Sapara, M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Perempuan Di Desa Ammat Kecamatan Tampan’amma Kabupaten Kepulauan Talaud (Vol. 13, Issue 3).
Nasrullah, Rulli. (2015). Media social Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurjanah, Siti. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMAN 12 Pekanbaru. Pekanbaru [ID].[Internet].
Nurul Fitriyah Ahmad (2019) Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Skripsi: Universitas Negeri Makassar.
Oemar Hamalik. (2002). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Pappas, J.M dan Hirschey, Mark. 1993. Ekonomi Manajerial Edisi Keenam Jilid II. Binarupa Akasara. Jakarta
Paramitasari, F . (2016). Pengaruh Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk N 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Uny.
Pikiran-Rakyat.com. (2020). BelanjaOnline Meningkat.
Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Purnomo, M.T. 2015. Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan sosial terhadap minat berwirausaha siswa teknik kendaraan ringan SMK Negeri1 Seyegan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, E. S., & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha Dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20 (3), 203-216.
Sari,P. P. (2017). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2013-2014). Jurnal. Tersedia:Http://Journal. Student. Uny. Ac.Id.
Sapara, M.M, Lumintang, J.Paat, J.C. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Prilaku Remaja.
Schneider, GaryP. (2002). Electronic Commerce: The Second Wave, Fifth Edition. New York : Thomson Course Technology.
Selameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sukmadinata, N.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sumerta, I. K., Redianingsih, N. K., Pranawa, I. M. B., & Indahyani, D. N. T.(2020). Pengaruh Tingkat Penggunaan Media Sosial Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajeman Perguruan Tinggi Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 627-652.
Sumerta, I. K., WIdyagoca, I. G. P. A., Adiandari, A. M., & Herlambang, P. G. D. (2019). Analysis of Technology Acceptance Model (TAM) to UseE- Moneyin Bali Province. International Journal of Advanced Trendsin Computer Science and Engineering (IJATCE), 8(1.5), 206–211.
Sumerta, I.K.,Widyagoca,I. G. P. A., & Meryawan,I. W. (2019). Online Consumer Behavior on Using Social Media on E-Commerce, based on the AISAS Model Approach. Case Study; Bukalapak, Tokopedia and Blili.com. International Journal of Advanced Trends in Computer Science and Engineering (IJATCE)., 8(1.5), 234–242.
Suryana. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Turban, Efraim and David, King. Electronic Commerce. New Jersey:Amanogerial Perspective. 2006.
Yuliani, N,F. 2013. Hubungan Antara Sosial Dengan Belajar Santri di Madinatul Ilmi Islamiyah. Jurnal Spektrum PLS. Vol1. No 2.
Yuyus Suryana dan Kartib Bayu. (2013). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01399518/belanja-online- meningkat-400-persen-bpkn-masih-banyak-dikeluhkan-konsumen
https://nasional.kontan.co.id/news/bank-indonesia-memperkirakan-transaksi- e- commerce-bisa-rp-429-triliun-tahun-ini.