Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri dasar-dasar pemikiran Hadji Kalla guna memperoleh gambaran tipologi jiwa kewirausahaan yang melekat pada sosok beliau terutama mengungkap nilai-nilai yang diyakininya dalam merintis dan menjalankan bisnis menjadi kelompok bisnis yang bertumbuh sampai generasi ketiga. Penelitian bersifat kualitatif menggunakan Grounded Theory dengan pendekatan Metafora Amanah. Hasil penelitian menunjukkan adanya kekuatan dan keteguhan beliau dalam menerapkan nilai-nilai ajaran ISLAM yang menjadi keyakinan keagamaan sebagai nilai dasar pembentuk karakter, pemikiran dan landasan kebijakan dalam pengelolaan bisnis, sehingga jiwa kewirausahaan yang dimilikinya menjadi suatu tipologi yang khas sarat nilai, yang oleh beberapa tokoh ekonom dan ulama dapat dianggap sebagai pebisnis muslim yang taat yang oleh penulis dinyatakan sebagai KALLAPRENEUR.

Keywords

Kallapreneur Bisnis Amanah

Article Details

References

  1. Aji Dedi Mulawarman, Mengagas Laporan Keuangan Syari’ah Berbasis Trilogi Ma’isyah-Rizk- Maal, TAZKIA, Islamic Finance & Business Review, Viol 4 No, 1 januari-Junli 2009
  2. Aji Dedi Mulawarman, Iwan Triyuwono dkk, Menuju Teori Akuntansi Syariah Baru, Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, Vol.1 No.1 Januari 2011
  3. ISSN : 2620 – 6196 Economic Resources Vol. 2 No. 2 Maret 2020
  4. Daleh Mohammed Maschehdul Islam, Corporate Reporting Concept and the Emergence of Nonfinancial Information Reporting: A Letter Review, Research Journal of Financial and Accounting, Vol.8 no 8, 2017
  5. Departemen Agama RI, Al Qur’an dan terjemahannya, CV Pustaka Agung Harapan, 2006
  6. H.M. Arfin Hamid, DR. MH, Membumikan Ekonomi Syariah di Indonesia, Perspektif Sosio-Yuridis, eLSAS, Jakarta, Cetakan 1, 2007
  7. H.M.Arfin Hamid, pidaro pengukuhan guru besar dalam bidanh ilmu hukum pada Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, 2013
  8. Hadits Bukhari no 52, Software Aplikasi Ensiklopedi Hadits, Kitab 9 Imam
  9. Howard H Stevenson dan J.Charlos Jarillo, A Paradigma of Entrepreneurship; Entrepreneurial Management, Strategis Management Journal, Vol 11,17-27(1990)
  10. Iwan Triyuwono, Akuntansi Syariah, Perspektif, Metodologi dan Teori, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta,Edisi Kedua, 2015
  11. Imam Syafi’i, Panduan Shalat Lengkap,terjemahan Abdul Rosyad Shiddiq, Khatulistiwa Press,cetakan keempat, Jakarta,2015
  12. I Gusti Ayu Nyoman Budiasih, Metoda Grounded Theory Dalam Riset Kualitatif, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol.9 No.1, Januari 2014
  13. J. Gregory Dees, The Meaning of “Social Entrepreneurship” Entrepreneur in Residence Kauffman Center for Entrepreneurial Leadership Ewing Marion Kauffman Foundation, School of Business Stanford University, 1998
  14. Indah Putri Setiana, M Irfan Tarmizi, Konservatisme Akuntansi, Efektivitas Komite Audit, Konsep Amanah Dan Manajemen Laba, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  15. Jhonij Sugiarto,et.all, Effektifitas Pelatihan Entrepreneurship Skill Untuk meningkatkan minat menjadi Entrepreneur, Prediksi, Kajian Ilmiah Psikologi,Vol 4 No.1,Jan-Jun 2015
  16. Lubaabut Tafsiir Min Ibn Katsiir, ditahqiq edisi bahasa Indonesia,Pustaka Imam Asy-Syafi’i, Jilid 1,Cetakan ketujuh,2009
  17. Mirza Vejzagiz, The Concept of Coroporate Reporting From an islamic Perspective an Overview,
  18. Novia Widya Utami, Pengusaha dan Entrepreneur itu Beda, Apa Perbedaannya, Jurnal by Mekari, 2017
  19. Prof. DR.H. Idri., M.Ag. Hadis Ekonomi, Ekonomi dalam Perspektif Hadis Nabi, Prenadamedia Group, Cetakan-1,2015.