Main Article Content
Abstract
Fluktuasi harga cabai sangat tinggi setiap bulannya, dalam setiap bulan terjadi perbedaan antara harga tertinggi dan terendah yang signifikan. Fluktuasi harga tersebut mengindikasikan adanya rantai pasok yang tidak efisien di DKI Jakarta . Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis dan mengidentifikasi rantai pasok cabai merah keriting di DKI Jakarta, (2) Menganalisis saluran rantai pasok yang paling efisien di DKI Jakarta, (3) Rekomendasi kebijakan yang efektif dalam menggambarkan rantai pasok cabai merah keriting di DKI Jakarta. Alat analisis yang digunakan Analisis Marjin Pemasaran, Share Pemasaran, Efisiensi Pemasaran. Hasil perhitungan dari analisis Marjin Pemasaran sebesar 15.000 sedangkan hasil dari analisis Share Pemasaran sebesar 0,68 atau 68 %. Hasil efisiensi pemasaran semua saluran menunjukan hasil presentase tidak melebihi 33% yang artinya semua saluran pemasaran yang terdapat pada pasar Induk Kramat Jati dikatakan efisien. Rantai pasok cabai merah kriting yang ada di Pasar Induk Kramat Jati terdapat dua saluran terdapat di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, Komponen rantai pasok cabai merah keriting yang paling mempengaruhi inflasi terhadap cabai merah keriting itu sendiri terdapat pada pedagang kecil dan berpotensi juga pada tengkulak.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Anindyasari, D., Setiadi, A. and Ekowati, T., 2016. Efisiensi Pemasaran Susu Segar Di Kecamatan Banyumanik, Kecamatan Getasan, Dan Kecamatan Cepogo. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 14(1), pp.1-8.
- [BPS] Badan Pusat Statistik. 2018. Produk Domestik Bruto Indonesia Triwulan. Jakarta (ID): Badan Pusat Statistik. Fatimah, S.N., 2011. Analisis pemasaran kentang (Solanum tuberosum L.) di Kabupaten Wonosobo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS SEBELAS MARET).
- Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta. Soekartawi, S., 1993. E-Agribisnis: Teori Dan Aplikasinya. Jurnal Fakultas Hukum UII.
- Umar, Husein. 1999. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Saptana. 2011. Efisiensi produksi dan perilaku petani terhadap resiko produktivitas cabai merah di Provinsi Jawa Tengah [desertasi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
- Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang
- [PUSDATIN] Pusat Data dan Informasi Pertanian. 2016. Outlook Komoditas Pertanian Subsektor Hortikultura Cabai Merah. Jakarta (ID): Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.
- ____ . 2017. Outlook Tanaman Pangan dan Hortikultura. Jakarta (ID): Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Ridha, A., Perdana, A. H., & As' ad, A. (2018). CELEBRITY ENDORSER PADA JEJARING SOSIALINSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT PEMBELIAN CALON KONSUMEN. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 1(1), 86-96. Rahim, A. and Hastuti, D.R.D., 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta. Roesmawaty, H., 2011. Analisa efisiensi pemasaran pisang di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Agribisnis, 3(5), pp.1-9.
References
Anindyasari, D., Setiadi, A. and Ekowati, T., 2016. Efisiensi Pemasaran Susu Segar Di Kecamatan Banyumanik, Kecamatan Getasan, Dan Kecamatan Cepogo. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 14(1), pp.1-8.
[BPS] Badan Pusat Statistik. 2018. Produk Domestik Bruto Indonesia Triwulan. Jakarta (ID): Badan Pusat Statistik. Fatimah, S.N., 2011. Analisis pemasaran kentang (Solanum tuberosum L.) di Kabupaten Wonosobo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS SEBELAS MARET).
Mubyarto. 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Jakarta. Soekartawi, S., 1993. E-Agribisnis: Teori Dan Aplikasinya. Jurnal Fakultas Hukum UII.
Umar, Husein. 1999. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Saptana. 2011. Efisiensi produksi dan perilaku petani terhadap resiko produktivitas cabai merah di Provinsi Jawa Tengah [desertasi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.
Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang
[PUSDATIN] Pusat Data dan Informasi Pertanian. 2016. Outlook Komoditas Pertanian Subsektor Hortikultura Cabai Merah. Jakarta (ID): Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian.
____ . 2017. Outlook Tanaman Pangan dan Hortikultura. Jakarta (ID): Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian. Ridha, A., Perdana, A. H., & As' ad, A. (2018). CELEBRITY ENDORSER PADA JEJARING SOSIALINSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT PEMBELIAN CALON KONSUMEN. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 1(1), 86-96. Rahim, A. and Hastuti, D.R.D., 2007. Ekonomika Pertanian (Pengantar, Teori, dan Kasus). Penerbit Penebar Swadaya. Cimanggis, Depok, Jakarta. Roesmawaty, H., 2011. Analisa efisiensi pemasaran pisang di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Agribisnis, 3(5), pp.1-9.