Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor yang dominan mempengaruhi nasabah enggan beralih menggunakan Bank Syariah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk cabang Mattoangin Makassar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Mattoangin Makassar. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling dan menggunakan rumus Slovin. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji instrument dan Analisis Faktor dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 20.Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada tiga faktor yang terbentuk yang mempengaruhi keengganan nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Mattoangin Makassar beralih menggunakan Bank Syariah yaitu faktor persepsi terdiri dari variable (manfaat, kepercayaan, risko dan keamanan) dengan egen value 3.670, faktor fasilitas terdiri dari variabel (kemudahaan, teknologi dan pelayanan) dengan egen value 1.588 dan faktor informasi terdiri dari variabel (ketidaktahuan, syarat dan biaya administrasi) dengan egen value 1.113.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Basuki, Agus dan Prawoto, Nano, 2016. Analisi Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.
- Bilson, Simamora, 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.
- Dunia, Firdaus Ahmad dan Abdullah, Wasilah, 2012. Akuntansi Biaya Edisi 3. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
- Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima), Semarang: Universitas Diponegoro. Ridha, A., Perdana, A. H., & As' ad, A. (2018). CELEBRITY ENDORSER PADA JEJARING SOSIALINSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT PEMBELIAN CALON KONSUMEN. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 1(1), 86-96.
- Jaya, S. L. STATED-OWNED, CONVENTIONAL PRIVATE, SHARIA In Indonesian Corporate Bank System BY PERSPECTIVE ROA, ROE AND NIM: Partial Least Square (PLS) Approach.
- Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
- Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
- Kotler, Philip dan Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT Indeks.
- Kotler, Philip. 2008 Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
- Muhamad. 2014. Manajemen Dan Bank Syariah, Jakarta: Rajawali pers.
- Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
- Ramdani, M. R., & Kamidin, M. (2018). IMPLEMENTASI SAK-ETAP PADA UMKM WARKOP DI KOTA MAKASSAR. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 3(2), 109-117.
- Nuhung, Mahmud. 2014. Bank Syariah. Makassar: FAHMIS PUSTAKA.
- Otoritas Jasa Keuangan. Data Statistik Perbankan Syariah (diakses pada tanggal 16 Januari 2019 pukul 22:01).
- Rivai, Veithzal dan Arifin, Arviayan. 2010. Islamic Banking. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Respati, Harianto. 2018. Pengendalian Teknologi Bank Pada Era Cyberbanking. Jurnal Ekonomi Modernisasi (Vol.4), 240-248.
- Rosanti, Novita dan Mustafa, Meizar. 2018. Faktor Keengganan Pengguna Jasa Tol Beralih Menggunakan E-Money. Jurnal PAMJou (Vol.2) 23-40.
- Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Soemitra, Andri. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.
- Siregar, Syofian, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Predana Media.
- Sekaran, Uma, 2006. Research Methods For Business, diterjemahkan oleh Kwan Men Yon, edisi 4 buku 2, Jakarta, Salemba Empat.
- Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi.Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
- Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 Perbankan Syariah (diakses pada tanggal 3 Januari 2019, pukul 20:49).
- Data Statistik Perbankan Indonesia 2018 (diakses pada Tanggal 1 Maret 2019, pukul 20:22).
- Muhajir, M., As' ad, A., & Ahmad Gani, A. (2018). The Values of Maccera Tappareng Ceremony In Buginese Society at Wajo Regency (Local Culture Analysis). Available at SSRN 3349531.
References
Basuki, Agus dan Prawoto, Nano, 2016. Analisi Regresi Dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.
Bilson, Simamora, 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama.
Dunia, Firdaus Ahmad dan Abdullah, Wasilah, 2012. Akuntansi Biaya Edisi 3. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima), Semarang: Universitas Diponegoro. Ridha, A., Perdana, A. H., & As' ad, A. (2018). CELEBRITY ENDORSER PADA JEJARING SOSIALINSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT PEMBELIAN CALON KONSUMEN. JURNAL ECONOMIC RESOURCE, 1(1), 86-96.
Jaya, S. L. STATED-OWNED, CONVENTIONAL PRIVATE, SHARIA In Indonesian Corporate Bank System BY PERSPECTIVE ROA, ROE AND NIM: Partial Least Square (PLS) Approach.
Kotler, Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. PT Indeks.
Kotler, Philip. 2008 Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Muhamad. 2014. Manajemen Dan Bank Syariah, Jakarta: Rajawali pers.
Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.
Ramdani, M. R., & Kamidin, M. (2018). IMPLEMENTASI SAK-ETAP PADA UMKM WARKOP DI KOTA MAKASSAR. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 3(2), 109-117.
Nuhung, Mahmud. 2014. Bank Syariah. Makassar: FAHMIS PUSTAKA.
Otoritas Jasa Keuangan. Data Statistik Perbankan Syariah (diakses pada tanggal 16 Januari 2019 pukul 22:01).
Rivai, Veithzal dan Arifin, Arviayan. 2010. Islamic Banking. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Respati, Harianto. 2018. Pengendalian Teknologi Bank Pada Era Cyberbanking. Jurnal Ekonomi Modernisasi (Vol.4), 240-248.
Rosanti, Novita dan Mustafa, Meizar. 2018. Faktor Keengganan Pengguna Jasa Tol Beralih Menggunakan E-Money. Jurnal PAMJou (Vol.2) 23-40.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Soemitra, Andri. 2009. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.
Siregar, Syofian, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Predana Media.
Sekaran, Uma, 2006. Research Methods For Business, diterjemahkan oleh Kwan Men Yon, edisi 4 buku 2, Jakarta, Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi.Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 Perbankan Syariah (diakses pada tanggal 3 Januari 2019, pukul 20:49).
Data Statistik Perbankan Indonesia 2018 (diakses pada Tanggal 1 Maret 2019, pukul 20:22).
Muhajir, M., As' ad, A., & Ahmad Gani, A. (2018). The Values of Maccera Tappareng Ceremony In Buginese Society at Wajo Regency (Local Culture Analysis). Available at SSRN 3349531.