Main Article Content

Abstract

Wisata Hutan Bukit Bangkirai merupakan Objek Wisata yang dikelola oleh PT INHUTANI I
khusunya dan Kabupaten Kutai Karta Negara. Dari data observasi diketahui bahwa
peningkatan jumlah pengunjung masih belum sesuai dengan apa yang diharapkan
khususnya pada tahun 2017 dan 2018. Hal ini mengindikasikan bahwa tidak tercapainya
target jumlah pengunjung, terdapat tingkat kepuasan pengunjung masih rendah, sehingga
dibutuhkan upaya untuk menaikan jumlah pengunjung Objek Wisata Hutan Bukit Bangkirai.
Terdapat beberapa konsentrasi penelitian ini, diantaranya untuk mengetahui bagaimana
promosi secara langsung terhadap keputusan pengunjung, mencari tahu pengaruh kualitas
fasilitas pelayanan secara langsung terhadap keputusan pengunjung, mengetahui
pengaruh promosi secara langsung terhadap kepuasan pengunjung, mengetahui
pengaruh kualitas fasilitas pelayanan secara langsung terhadap kepuasan keputusan
pengunjung, mengetahui pengaruh keputusan pengunjung berpengaruh secara langsung
terhadap kepuasan pengunjung pada Objek Wisata Hutan Bukit Bangkirai. Berdasarkan
pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa; 1). Promosi memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pengunjung sebesar 0,127 atau 12,70 %. 2). Kualitas fasilitas dan pelayanan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap Keputusan Pengunjung sebesar 0,529 atau 52,90%; 3). Promosi memiliki pengaruh secara langsung terhadap Kepuasan Pengunjung dengan besaran 0,070 atau 7%; 4). Kualitas fasilitas dan pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung dengan besasaran 0,403 atau 40,30%; 5). Diantara semua variabale penelitian bahwa keputusan pengunjung memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Besarnya pengaruh kualitas fasilitas dan pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Hutan Bukit Bangkirai adalah 0,791atau 79,10 %.

Keywords

promosi kualitas fasilitas pelayanan keputusan pengunjung kepuasan pengunjung

Article Details

References

  1. Assauri, Sofyan. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Abdi Tandur.
  2. Eboli, Laura & Mazzula, Gabriella. 2007. Service Quality Attribute Affecting Customer Satisfaction For Bus Transit. Journal Of Public Transportation. Vol. 10 No. 03
  3. Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
  4. Gamal Suwantoro. 1997. Dasar – dasar Pariwisata Yogyakarta:Andi Gerungan. 2002. Psikologi Sosial. Bandung. Refika Aditama
  5. Handoko, T. Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. BPFE.
  6. Lupiyoadi dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
  7. Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Mowen, J. Mowen J. C dan M. Minor (Terjemahan). (2002). Perilaku Konsumen. Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.
  8. Pitana. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta. Andi.
  9. Palilati, Alida. 2004. Pengaruh Tingkat Kepuasan Tehadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Wilayah Etnik Bugis. Jurnal Vo. 1 No. 2, Maret, Hal: 66-67.
  10. Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: gramedia Pustaka.
  11. Sammeng, Mappi, Andi. 2001: Cakrawala Pariwisata. Jakarta: Salemba Empat. Simamora,
  12. Sitepu, SK, Nirwana, 1994. Analisis Jalur (Path Analisis). Bandung: Unit Pelayanan Statistik, FMIPA Universitas Padjajaran.
  13. Swasta, Basu. 1996. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Tjiptono, Tjiptono, Fandy.2004. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi
  14. Web Site PT Inhutani I Wilayah Balikpapan tahun 2017.