Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan, menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan pelanggan, menganalisis pengaruh tingkat kepuasan terhadap loyalitas, dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas yang dimediasi oleh tingkat kepuasan pelanggan pada CV. Andalas Cellular Balikpapan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kausal komparatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dari pelanggan CV. Andalas Cellular Balikpapan dengan teknik purposive sampling di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Variabel penelitian mencakup bauran pemasaran (produk, harga, promosi, distribusi), loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan, diukur dengan skala Likert, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta analisis mediasi. Dari 50 responden, 70% adalah laki-laki. Penelitian ini mengidentifikasi hubungan signifikan antarvariabel dan peran mediasi kepuasan pelanggan. Hasilnya diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk CV. Andalas Cellular Balikpapan, serta dapat diterapkan oleh perusahaan telekomunikasi lain untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Chien, N. D. Vui, M. T. (2024). The Impact of Components in Marketing - Mix Strategy on Customer Satisfaction and Loyalty: Case Study at Codegym Vietnam Joint Stock Company, Hue Branch. 14(6), 186–194.
- Dodi Ria Atmaja, R. K. A. (2024). Pengaruh Orientasi Pelanggan, Kepuasan Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 13(September), 1607–1626. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i3.1208
- Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. 1(1).
- Iskandar, R. P., & Yulianti, L. N. (2023). The Effect Of Service Quality and Marketing Mix On Customer Satisfaction and Trust in Building Loyalty: B2B Customers Of PT. Farmsco Feed Indonesia. 20(2), 236–245.
- Matondang, Z., & Nasution, H. F. (2022). Praktik analisis data: Pengolahan ekonometrika dengan Eviews dan SPSS. Merdeka Kreasi Group.
- Nidia Suriani, Risnita, M. S. J. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. 1, 24–36.
- Nurwahida, Noor Ellyawati, R. F. A. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kebiasaan Menggunakan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Mcdonald’s Samarinda. 12(1), 26–44.
- Pratama, Y. … Sembiring, R. (2021). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
- Ramli, S. … Mahmud, A. (2021). The Intervening of Purchase Decision Between Marketing Mix, Consumer Behaviour and Brand Image on Costumer Statisfaction. 8(2), 382–396.
- Rizki Ramadhan, Muchsin, M. heikal. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Merek Oppo: Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Malikussaleh. JURNAL VISIONER & STRATEGIS, 13.
- Rohmad Prio Santoso, Winaika Irawati, C. nisful laili. (2024). Literature review: implementasi strategi relationship marketing dalam meningkatkan kinerja manajemen pemasaran. 6, 409–416.
- Sopi, S., & Nafiah, Z. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa pengiriman barang. Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik), 15(2), 207–218. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i2.630
- Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif: Sebuah studi pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609.
- Umar, M. … Sitepu, C. N. (2025). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Produk Telkomsel Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Quality: Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum), 4(1), 241–246.
- Waruwu, M. … Rusydiana, M. (2025). Metode penelitian kuantitatif: Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057
References
Chien, N. D. Vui, M. T. (2024). The Impact of Components in Marketing - Mix Strategy on Customer Satisfaction and Loyalty: Case Study at Codegym Vietnam Joint Stock Company, Hue Branch. 14(6), 186–194.
Dodi Ria Atmaja, R. K. A. (2024). Pengaruh Orientasi Pelanggan, Kepuasan Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. 13(September), 1607–1626. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i3.1208
Gunawan, I. (2022). CUSTOMER LOYALTY: The Effect Customer Satisfaction, Experiential Marketing and Product Quality. 1(1).
Iskandar, R. P., & Yulianti, L. N. (2023). The Effect Of Service Quality and Marketing Mix On Customer Satisfaction and Trust in Building Loyalty: B2B Customers Of PT. Farmsco Feed Indonesia. 20(2), 236–245.
Matondang, Z., & Nasution, H. F. (2022). Praktik analisis data: Pengolahan ekonometrika dengan Eviews dan SPSS. Merdeka Kreasi Group.
Nidia Suriani, Risnita, M. S. J. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. 1, 24–36.
Nurwahida, Noor Ellyawati, R. F. A. (2024). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Kebiasaan Menggunakan Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Mcdonald’s Samarinda. 12(1), 26–44.
Pratama, Y. … Sembiring, R. (2021). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. CV.EUREKA MEDIA AKSARA.
Ramli, S. … Mahmud, A. (2021). The Intervening of Purchase Decision Between Marketing Mix, Consumer Behaviour and Brand Image on Costumer Statisfaction. 8(2), 382–396.
Rizki Ramadhan, Muchsin, M. heikal. (2024). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Merek Oppo: Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Malikussaleh. JURNAL VISIONER & STRATEGIS, 13.
Rohmad Prio Santoso, Winaika Irawati, C. nisful laili. (2024). Literature review: implementasi strategi relationship marketing dalam meningkatkan kinerja manajemen pemasaran. 6, 409–416.
Sopi, S., & Nafiah, Z. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam penggunaan jasa pengiriman barang. Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik), 15(2), 207–218. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v15i2.630
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Evaluasi validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif: Sebuah studi pustaka. Journal of Education Research, 5(4), 5599–5609.
Umar, M. … Sitepu, C. N. (2025). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Produk Telkomsel Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Quality: Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum), 4(1), 241–246.
Waruwu, M. … Rusydiana, M. (2025). Metode penelitian kuantitatif: Konsep, jenis, tahapan dan kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057