Main Article Content

Abstract

Di tengah persaingan pasar yang ketat, UMKM seperti Toko Lucy Petshop Dompu menghadapi tantangan dalam mempertahankan konsumen, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Harga dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian, dengan menguji peran mediasi dari Word of Mouth. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik accidental sampling pada konsumen toko, dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis) dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung, Harga dan Brand Trust tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, namun Word of Mouth justru terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan. Lebih lanjut, ditemukan bahwa baik Harga maupun Brand Trust menjadi pendorong signifikan terhadap timbulnya Word of Mouth, yang pada akhirnya terkonfirmasi berperan sebagai mediator penting yang menyalurkan pengaruh kedua variabel tersebut menuju Keputusan Pembelian akhir. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Word of Mouth merupakan faktor kunci dan jembatan strategis yang menghubungkan persepsi konsumen tentang harga dan kepercayaan merek dengan tindakan pembelian di Toko Lucy Petshop

Keywords

Keputusan Pembelian Word of Mouth Harga Brand Trust

Article Details

References

  1. Adriana, N. C., & Ngatno, N. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 198–208. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.26322
  2. Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 155–166.
  3. Bakrie, R. M. R., Suri, S. A., Sahara, A., & Pratama, V. H. (2024). Pengaruh kreativitas umkm serta kontribusinya di era digitalisasi terhadap perekonomian indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 82–88.
  4. Born, G. (2015). Mediation theory. In The Routledge reader on the sociology of music (pp. 359–367). Routledge.
  5. Christy, C. C. (2022). FoMo di media sosial dan e-WoM: pertimbangan berbelanja daring pada marketplace. Jurnal Studi Komunikasi, 6(1), 331–357.
  6. Cook, K. S., Cheshire, C., Rice, E. R. W., & Nakagawa, S. (2013). Social exchange theory. Springer.
  7. Delgado-Ballester, E., Munuera-Aleman, J. L., & Yague-Guillen, M. J. (2003). Development and validation of a brand trust scale. International Journal of Market Research, 45(1), 35–54.
  8. Erawati, S. H., & Wardhana, B. P. J. (2023). Determinan Word Of Mouth Dalam Bisnis Kuliner. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 6(1), 15–21.
  9. Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS.
  10. Gildin, S. Z. (2022). Understanding the power of word-of-mouth. RAM. Revista de Administração Mackenzie, 4, 92–106.
  11. Harwani, Y., & Fauziyah, F. (2020). Keputusan Pembelian Konsumen Gerai Makanan Cepat Saji Ditinjau dari Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Iklan. Business Economic, Communication, and Social Sciences Journal (BECOSS), 2(3), 285–291.
  12. Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson, N. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-WOM, dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstick Pixy. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 1, 1351–1363.
  13. Immanuel, D. M., & Maharia, M. A. (2020). Melibatkan Keputusan Pembelian Pelanggan di Kanal Marketplace: Sebuah Studi Ritel Online Fashion.
  14. Indrajaya, T., Primasyah, D., Yulianti, S., Rosmiati, E., & Sova, M. (2022). Peran e-bisnis dalam pengembangan UMKM. Jurnal Economina, 1(2), 239–247.
  15. Kholiqoh, N., Sa’adah, N., Surohit, S., Amrullah, S., & Sanjaya, V. F. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 3(1), 128–134. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.1.13
  16. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education limited. (15th global ed.). In Small Business Marketing.
  17. Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.
  18. Kresna, W. I. D. G. (2019). Pengaruh Identifikasi Merek, Kecintaan Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Word-Of-Mouth (Studi pada Pengguna Smartphone Samsung di Denpasar). Social Studies, 7(2), 119–139.
  19. Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Galon Crystalline Pada Pt. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73–91. https://doi.org/10.32815/jubis.v3i1.1089
  20. Mahendra, H. A. I., & Putri, K. A. S. (2022). Peran Endorser Selebriti, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo (Studi pada Mahasiswa di Kota Malang). Journal of Business & Applied Management, 15(1), 019. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i1.3318
  21. Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.
  22. Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh lifestyle dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu Nike (studi kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).
  23. Pandiangan, K., Masiyono, M., & Dwi Atmogo, Y. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi brand equity: brand trust, brand image, perceived quality, & brand loyalty. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484.
  24. Permana, I. A., Ramdan, A. M., & Faizal Mulia, Z. (2019). Kekuatan Keunikan Produk dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 1(1), 181–191.
  25. Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473
  26. Rahyuda, K. (2019). Peran Word Of Mouth Memediasi Hubungan Antara Iklan Dan Harga Terhadap Minat Beli Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud ). 8(7), 4589–4618.
  27. Rendy, H., Putro, A. J. W., & Gunawan, E. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Yang Di Mediasi Brand Trust. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 12(2), 125–142.
  28. Sari, D. (2022). Sejarah Ilmu Ekonomi (The History Of Economics).
  29. Sari, D. P. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, kualitas produk, harga kompetitif, lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533.
  30. Scott, J. (2000). Rational choice theory. Understanding Contemporary Society: Theories of the Present, 129, 126–138.
  31. Sentiago, B., & Hidayatulloh, A. (2019). Analisis faktor eksternal terhadap faktor internal dan dampaknya terhadap kinerja UKM Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(2), 123–134.
  32. Simanjuntak, M., & Hamimi, U. K. (2019). Penanganan komplain dan komunikasi Word-of-Mouth (WOM). Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 12(1), 75–86.
  33. Sinulingga, N. A. B., Sihotang, H. T., & Kom, M. (2023). Perilaku Konsumen: Strategi dan Teori. Iocs Publisher.
  34. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01).
  35. Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi dan R&D. In Alfabeta Bandung.
  36. Sukma Delviana, A., Sarwoko, E., Hidayat, C. W., Ekonomika, F., Bisnis, D., Pgri, U., & Malang, K. (2023). Peran electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian ulang: Citra merek sebagai mediasi. MBR (Management and Business Review), 7(1), 142–150. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/mbr
  37. Suntoro, W., & Silintowe, Y. B. R. (2020). Analisis pengaruh pengalaman merek, kepercayaan merek, dan kepuasan merek terhadap loyalitas merek. Modus, 32(1), 25–41.
  38. Suratmiyati, S., & Anggoro, Y. (2020). Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian produk jasa. MBR (Management and Business Review), 4(1), 52–59.
  39. Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran.
  40. Verbeek, P.-P. (2012). Expanding mediation theory. Foundations of Science, 17(4), 391–395.
  41. Wijaya, N. S., Said, S., & Landra, N. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Harga (Biaya Pendidikan) Terhadap Word of Mouth Melalui Kepuasan Mahasiswa Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Lpk Sekolah Perhotelan Bali). Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 6(2), 101–104.