Main Article Content

Abstract

 


 


ISSN: 2620-6196


Vol. 5 Issues 2 (2022)


Article history:


Received -


Revised -


Accepted -


Email Correspondence:


ermawatitambak@gmail.com


Kata Kunci:


Pengetahuan; Keunggulan Produk; Minat; Tabungan Wadiah; Mahasiswa FEBI


  ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh antara tingkat pengetahuan dan keunggulan suatu produk terhadap ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan tabungan wadiah. Fokus studi ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara angkatan tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif berdesain deskriptif. Sebanyak 99 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pengetahuan dan keunggulan produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan tabungan wadiah. Akan tetapi, dalam analisis parsial, hanya keunggulan produk yang memberikan pengaruh signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak memberikan dampak yang berarti. Oleh karena itu, hasil studi ini menekankan pentingnya penyampaian informasi yang tepat mengenai manfaat dan keunggulan produk guna meningkatkan minat mahasiswa terhadap penggunaan tabungan wadiah.


 


 


 


 


 


 


 


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh antara tingkat pengetahuan dan keunggulan suatu produk terhadap ketertarikan mahasiswa dalam menggunakan tabungan wadiah. Fokus studi ini adalah mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara angkatan tahun 2021. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif berdesain deskriptif. Sebanyak 99 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling, kemudian data dianalisis dengan metode regresi linear berganda menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Temuan menunjukkan bahwa secara bersama-sama, pengetahuan dan keunggulan produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat penggunaan tabungan wadiah. Akan tetapi, dalam analisis parsial, hanya keunggulan produk yang memberikan pengaruh signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak memberikan dampak yang berarti. Oleh karena itu, hasil studi ini menekankan pentingnya penyampaian informasi yang tepat mengenai manfaat dan keunggulan produk guna meningkatkan minat mahasiswa terhadap penggunaan tabungan wadiah.


 


 


 

Keywords

Keunggulan produk Minat Tabungan wadia Pengetahuan Perbankan Syariah

Article Details

Author Biographies

Eli Ermawati Tambak, Universitas IsIam Negeri Sumatra Utara, Indonesia

Mahasiswa perbankan syariah Univeristas islam negeri Sumatra Utara

Nurlaila Nurlaila, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Indonesia

Dr. NURLAILA, S.E., M.A.

150318747 / 197505212001122002

Juliana Nasution, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Indonesia

DR. JULIANA NASUTION, M.E.

230036481 / 199207202019032023

References

  1. Afifuddin. (2020). Pengaruh minat mahasiswa terhadap tabungan wadiah pada bank syariah di Kota Malang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2.
  2. Aswad, A. (2021). Baik pengetahuan produk maupun keunggulan produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah. Jurnal Akuntansi Syariah, 2.
  3. Cyndya, A. (2024). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan generasi milenial dalam memilih produk tabungan Easy Wadiah di bank syariah. Jurnal Widya, 1980.
  4. Daulay, A. N. (2025). Pengaruh tata ruang dan lingkungan kerja pada efektivitas. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 237–245.
  5. Dra. Dwi Nasititi, M. L. (2023). Asesmen minat dan bakat: Teori dan aplikasinya. Dalam Buku ajar (hal. 15). Jawa Timur: Umsida Press.
  6. Fajriani, S., & Permana, F. (2021). Teori pengetahuan konsumen dalam konteks perbankan syariah. Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah.
  7. Harahap, M. G. (2023). Perbankan syariah. Banten: Sada Kurnia Pustaka.
  8. Hasibuan, F. U. (2020). Pengaruh pengetahuan masyarakat dan minat penerapan nilai Islam terhadap keputusan menggunakan tabungan perbankan syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 22–33.
  9. Kurniawan, M. R. (2023). Analisis faktor-faktor yang menentukan pilihan nasabah terhadap tabungan wadiah pada bank syariah. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen, 158–168.
  10. LUBIS, F. (2022). Pengaruh iklan, sistem COD, dan promo gratis ongkir terhadap keputusan pembelian pada TikTokShop (Studi kasus pada mahasiswa UIN Sumatera Utara). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (JMBI Unsrat), 1477–1491.
  11. Muhaeni, S. N., Apsari, P. I., Yusron, M., & Setiyowati, A. (2022). Analisis penerapan strategi pemasaran produk tabungan Easy Wadiah. Musyarakah: Journal of Sharia Economic (MJSE). https://doi.org/10.24269/mjse.v2i1.5288
  12. Nasution, M. L. (2023). Pengaruh jaminan rasa aman dan lokasi terhadap minat transaksi di bank syariah pada masyarakat Aek Kota Batu. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 779–784.
  13. Novianti, W. (2024). Pengaruh daya tarik promosi, keunggulan produk, dan penerapan nilai pelanggan terhadap minat menabung pada Credit Union Khatulistiwa Bakti KSP Balai Kota Pontianak. BIS-MA, 9.
  14. Novian, H. (2023). Pengaruh pengetahuan produk terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI). JIEI, 2.
  15. Nurbaiti. (2020). Pengaruh pengetahuan terhadap minat menabung masyarakat pesantren di bank syariah. Jurnal Bilal, 32.
  16. Nurlaila. (2023). Analisis perbandingan kinerja keuangan syariah antara Shariah Conformity and Profitability (SCNP) dan Shariah Maqashid Index pada bank umum syariah di Indonesia. JUMIA, 292–307.
  17. Pradana, O. W. (2024). Analisa persepsi masyarakat terhadap pemilihan produk pembiayaan di Bank Syariah Indonesia (Studi pada penduduk Desa Bendo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung). Journal of Sharia Economics, 92.
  18. Qizam, I. (2024). Potensi bisnis perbankan syariah Indonesia tahun 2024: Peluang dan tantangan. Jurnal Lentera Bisnis, 1.
  19. Rahma, T. I. (2021). Performa modal bank di tengah pandemi Covid-19. J-Ebis, 8.
  20. Rahman, R. E. (2022). Pengaruh motivasi dan pengetahuan terhadap minat motivasi di pasar modal pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 43.
  21. Sari, P. T. (2024). Pengaruh persepsi terhadap minat menabung pada produk simpanan wadiah (Studi masyarakat Desa Lepang Besar, Lampung Utara). Jurnal Iqtisaduna, 415–430.
  22. Setyowati, R. D. (2023). Analisis minat nasabah dalam memilih tabungan wadiah pada Bank Syariah Indonesia KCP Soetta Ponorogo. Jurnal Perbankan Syariah, 1–20.
  23. Sodik, F. (2022). Analisis pengaruh pengetahuan produk dan religiusitas terhadap minat menabung di bank syariah. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 123–143.
  24. Sodik, F., Akrom, H., Al Farda, R. A., & Syahita, R. N. (2022). Analisis pengaruh pengetahuan produk dan religiusitas terhadap minat menabung di bank syariah. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah.