Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk cimory, dengan influencer marketing sebagai variabel intervening. Dengan  menggunakan metode pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dengan membagikan kuisioner kepada 150 mahasiswa universitas muhammadiyah yang pernah mengonsumsi atau membeli produk cimory. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk mengalisis data dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing dan electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Keduanya juga berpengaruh signifikan terhadap influencer marketing selain itu influencer marketing juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pada pengujian mediasi menunjukkan bahwa influencer marketing mampu memediasi hubungan antara content marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran digital yang terintegrasi terutama melalui konten dan ulasan digital yang diperkuat oleh peran influencer, dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Keywords

Content Marketing Electronic Word Of Mouth Keputusan Pembelian Influencer Marketing

Article Details

References

  1. Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, tri indra. (2021). Pengaruh Review Produk Dan Konten Marketing Pada Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Anglista. Journal Proceeding Of Management, 8(5), 6488–6498.
  2. Darmawan, A. T., & Setiawan, M. B. (2024). Pengaruh Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembelian Produk Erigo Di Kota Semarang). Jesya, 7(1), 778–789. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1412
  3. Indratno, D. L., Supardin, L., & Wiranto, E. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 139. https://doi.org/10.29040/jie.v6i1.3707
  4. Komaling, A. G., Mandey, S. L., & Poluan, J. G. (2023). Dampak Periklanan Online, E-Wom, Dan Contentmarketing Terhadap Keputusan Membeli Produk Healthy Food Di Manado Pada Masa Newnormal. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 827–837. https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51751
  5. Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480
  6. Maudy, C. R., & Setyawati, C. Y. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, Content Marketing Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Jurnal Syntax Admiration, 5(6), 2087–2097. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i6.1199
  7. Mayroza Wiska, Fenisi Resty, & Hidayatul Fitriani, H. F. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom ) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya). Manajemen Dewantara, 6(2), 153–162. https://doi.org/10.26460/md.v6i2.12524
  8. Nur Fitria Febriyanti, & Renny Dwijayanti. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 181–191. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i2.260
  9. Pamungkas, A. D. (2023). Pengaruh viral marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian dengan promosi influencer sebagai variabel intervening.
  10. Putra, M. R. A., Santosa, S. B., & Fu’adi, D. K. (2024). Pengaruh Citra Merek, Electronic Word Of Mouth, Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Bootcamp Belajarlagi). Diponegoro Journal Of Management, 13(1), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
  11. Raya, F., & Saputro, E. P. (2024). Pengaruh Sosial Media Marketing, Elektronik Word of Mouth Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Pada Smartphone Vivo. Manajemen Dewantara, 8(1), 93–102. https://doi.org/10.30738/md.v8i1.16517
  12. Reysita, F. D. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping terhadap Minat Beli Produk Fashion di Aplikasi Tik Tok dengan Influencer Marketing sebagai Variabel Moderasi …. http://etheses.uingusdur.ac.id/4913/%0Ahttp://etheses.uingusdur.ac.id/4913/1/4119216_Cover_BAB i dan BAB V.pdf
  13. Wjaya, G. P., & Yulita, H. (2022). Pengaruh Konten Marketing, E-WoM, dan Citra Merek di Media Sosial Tiktok terhadap Minat Beli Kosmetik Mother of Pearl. Journal of Business & Applied Management, 15(2), 133. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3772