Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Cafe Eat N Joy Kabupaten Mamuju. Metode penelitian yang digunakan yakni metode kuantitatif dengan data primer atau kuesioner. Responden dalam penelitian ini ialah seluruh konsumen pada Café Eat N Joy Kabupaten Mamuju, dengan jumlah populasi tidak diketahui atau tidak terbatas, penentuan sampel sesuai pendapat convinance sampling dengan jumlah sampel 50 sebagai responden. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan nilai thitung 4,555>ttabel 2,012. Promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,003<0,05 dan nilai thitung 3,078>ttabel 2,012. Kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Café Eat N Joy Kabupaten Mamuju dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 dan nilai Fhitung 40,478>Ftabel 3,195.

Keywords

Kualitas pelayanan, promosi dan keputusan pembelian

Article Details

References

  1. Abas. (2020). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Konsumen Pada Snackgi Di Banjer. Skripsi. 1-116.
  2. Alma. B. (2021). Manajemen Pemasaran & Pemasaran jasa. Edisi Revisi Alfabeta Bandung.
  3. Auliya, A. A., Prioyono, A. A., & Normaladewi, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Bangunan UD. Barokah, Buring, Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).
  4. Andrianas, Y., Tulhusnah, L., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kepercayaan Konsumen Dalam Menentukan Minat Beli Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sejahtera Di Mangaran. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(4), 729-743.
  5. Ariyanto. M, Zulkifli, Hamirul, Darmawanto dan Tarjo. (2022). Manajemen Pelayanan Penumpang Di Terminal Bus. Jurnal Akuntansi Manajemen Bisnis dan Teknologi. 2(1), 41-58.
  6. Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.
  7. Bahri, N. I., & Raymond, R. (2021). Pengaruh Promosi, Desain Tempat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Disetara Coffee Batam. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(4).
  8. Banjaŕnahor, A, R., Purba, B., Sudarso, A., Sahir, S, H., Munthe, R, N., Kato, I., Gandasari, D., Purba, S., Muliana., Ashoer, M., Tjiptadi, D, D., Hendra., Simarmata, H, M, P., Berlien, R., H. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. In Yayasan Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis.
  9. Cyasmoro, V., & Puspita Anggraeni, S. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Delicio Bakery Café Tebet Jakarta. Panorama Nusantara, 15(1)
  10. Dita., A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent Di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 3(3), 221-233.
  11. Faradila, S. M., Kusnadi, E., & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Dengan Minat Beli Produk Fashion Muslim Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(2), 256-271.
  12. Harahap, D, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis. 7(3), 227-242.
  13. Haryani, S., & Sirajuddin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pembelian Sepeda Motor Pada Cv . Sulteng Motor Palu. 6146-152
  14. Indahsari. L. N, dan Roni. M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo. Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 1(1), 51-60.
  15. Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
  16. Kotler, P. and Armstrong, G. (2019) Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th edn. Jakarta: Erlangga.
  17. Kurnia, M. (2024). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gondrong Drink Tanjungpinang (Doctoral dissertation, STIE Pembangunan Tanjungpinang).
  18. Manap Abdul. (2019). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.
  19. Mardo. (2019). Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta: deepublish.
  20. Massa. L. E, Tumbel. A. L, dan Jorie. R. J. (2022). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Pada Minimarket Indomaret Dan Alfamart Di Wilayah Maumbi Minahasa Utara. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 49 – 58.
  21. Maulida Alfiatul. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Zafi Studio Di Mangaran Situbondo. Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH, 19(2), 86-100.
  22. Narimawati, U., Sarwono, J., Munandar, D., & Winanti, M. B. (2020). Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis. Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. In Buku Cetak (Edisi 1). Penerbit Andi.
  23. Nasution R. Utami Dan N. Aslami. (2022). Strategi Dalam Manajemen Pemasaran Produk Asuransi Syariah Allianz Life Indonesia, Jurnal of Islamic Education Management 2(1), 21-35.
  24. Nilly Yuliani Kaawoan, dkk. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Minimal Ladis Di Matahari Megamall Manado. jurnal Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 501-520.
  25. Nurhalim, A. D. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza di Kota Tangerang. Jambura Economic Education Journal, 5(1), 51-59.
  26. Pamungkas, A, F, dan Husnayetti. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi (Studi Kasus Starbucks Palem Semi Karawaci). Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(1), 11-20.
  27. Pradana Yusfifa Nanda Maulida, dan Sukaris. (2022). Analisis Kualitas Media Promosi Terhadap Perkembangan Produk Tabungan Kotak Di Perumda BPR Bank Gresik. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi, 3(2), 167-175.
  28. Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. JIMP: Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 1(1), 27-39.
  29. Santoso., P., H, dkk. (2022). Decision Analysis Of Yamaha Nmax Motorcycle Sale From Price, Promotion, And Service Quality At Sumber Rejeki Motor Pekanbaru. Jurnal Bisnis Terapan, 2(1), 109-121.
  30. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
  31. Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Penerbit Andi.
  32. Yulian., E., A, dkk. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Go-Food Di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Dewantara, 6(1), 35-44.
  33. Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran (Teori dan Strategi). Forum Pemuda Aswaja..