Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer experience dan customer satisfaction terhadap revisit intention pada tamu Wisma Ilham Kabupaten Mamuju. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah tamu Wisma Ilham Kabupaten Mamuju yang jumlahnya infinite, sehingga penentuan ukuran sampel menggunakan teori Hair dalam (Ibrahim, 2023) yaitu 5 kali jumlah indikator, dan diperoleh 70 responden, yang dipilih dengan teknik incidental sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji kualitas instrumen, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan analisis koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer experience berpengaruh signifikan secara parsial terhadap revisit intention (thitung 5,028 > ttabel  1,996;  sig. 0,000 < 0,05). Customer satisfaction berpengaruh signifikan secara parsial terhadap revisit intention (thitung 6,031 > ttabel 1,996; sig. 0,000 < 0,05). Customer experience dan customer satisfaction berpengaruh signifikan secara simultan terhadap revisit intention (Fhitung  53,035 > Ftabel 3,134; sig 0,000 < 0,05) dengan kontribusi tergolong kuat yakni sebesar 61,3%. Temuan ini menegaskan bahwa customer experience dan customer satisfaction merupakan faktor penting dalam membentuk niat kunjungan ulang tamu, meskipun masih terdapat 38,7% variasi revisit intention yang dijelaskan oleh faktor lain di luar model penelitian ini

Keywords

Customer Experience, Customer Satisfaction, Revisit Intention

Article Details

References

  1. Alma, B. (2021). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta.
  2. Assauri, S., & Putri, B. R. T. (2022). Manajemen Pemasaran. Rajawali Perss.
  3. Fatimah, S., & Mulyono, F. (2024). Pengaruh Customer Satisfaction Terhadap Revisit Intention Dimediasi Oleh Word Of Mouth Di Restoran X Di Kota Bandung. Jurnal EK & BI, 7(1), 119–127. https://www.jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/1342
  4. Hasani, M. A. A. (2023). Perceived Value, Service Quality, and Heritage Tourism Effect to Revisit Intention of Guest. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 2(3), 651–659. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.02.3.08
  5. Hengki, & Riptiono, S. (2023). Pengaruh Customer Experiental Quality, Destination Image dan Novelty Seeking Terhadap Revisit Intentiondan Customer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Beranda Eatery Kebumen). JIMMBA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3), 302–323. https://doi.org/10.32639/jimmba.v5i3.614
  6. Hidayat, T., Sari, E., Munawir, & Susmanto. (2023). Sistem Informasi Reservasi Dan Pemesanan Penginapan Pada Wisma Syariah Lambhuk Kota Banda Aceh. Karya Ilmiah Fakultas Teknik (KIFT), 3(4), 243–249. https://ojs.serambimekkah.ac.id/KIFT/article/view/7109
  7. Ibrahim, A. (2023). Metodologi Penelitian Ekonomi Dan Bisnis Islam (Ed. Revisi). PT. Bumi Aksara.
  8. Ilfani, S., Akramiah, N., & Subagio, D. P. W. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Wisata Beejay Bakau Resort Kota Probolinggo. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 6(4), 1–8. https://ejournal.warunayama.org/index.php/musytarineraca/article/view/4377
  9. kbbi.kemdikbud.go.id. (n.d.). Arti Kata Wisma. KBBI Daring. Retrieved January 2, 2025, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/wisma
  10. Kotler, P., & Armstrong, G. (2022). Prinsip - Prinsip Pemasaran (Twelfth). Penerbit Erlangga.
  11. Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Marketing Management (Thirteenth). Penerbit Erlangga.
  12. Lestari, I. (2024). Kajian Revisit Intention Melalui Pendekatan Teoritis & Analisis. CV. Adanu Abimata.
  13. Mahmudah, A., & Iskamto, D. (2024). Customer Experience, Customer Service Quality, Customer Perceived Value, and Customer Satisfaction As Impact on Cinema XXI Customer Loyalty in Bandung City. IJEBIR: Intenational Journal of Economics, Business and Inovation Research, 3(2), 38–60. https://www.e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/IJEBIR/article/view/619
  14. Mais, M., Ogi, I. W. J., & Raintung, M. C. (2024). Pengaruh Lifestyle, Cafe Atmosphere, Dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Kalangan Anak Muda Pada De’Kersen Cafe Manado. EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 12(1), 37–49. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/53674
  15. Mustika, I., & Wulandari, D. P. (2023). Pengaruh Customer Experience Terhadap Revisit Intention Pada Salah Satu Villa Di Alahan Panjang. Visionida: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 7–16. https://doi.org/10.30997/jvs.v9i1.8521
  16. Ningsih, K. S. W., & Sutedjo, B. (2024). Pengaruh Customer Value Dan Customer Experience Terhadap Purchase Intention Dan Terhadap Customer Satisfaction (Study Pada Pelanggan Produk Fashion Di E-Commerce Shopee). JIMEA: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi, 8(1), 339–352. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3680
  17. Partomuan, F. B., & Haholongan, R. (2020). Pengaruh Perceived Quality , Perceived Sacrifice, Dan Perceived Value Terhadap Customer Satisfaction Di Tokopedia. In Karya Tulis Ilmiah. http://repository.stei.ac.id/2241/1/Firman Benny Partomuan S_2114600437_2020 Jurnal %28Bahasa Indonesia%29.pdf
  18. Perbedaan.co.id. (n.d.). Perbedaan Wisma Dan Hotel. Website. Retrieved January 2, 2025, from https://www.perbedaan.co.id/perbedaan-wisma-dan-hotel/
  19. Pinhome.id. (n.d.). Properti Wisma. Website. Retrieved January 2, 2025, from https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/wisma/
  20. Prabowo, A., & Mardhiyah, D. (2023). Pengaruh Service Quality, Perceived Value, Trust, Customer Satisfaction Terhadap Loyalty Di Patuna Tour & Travel. ECOBISMA: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 129–145. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/ecobisma/article/view/4515
  21. Purba, G. O. (2024). Pengaruh Servicescape, Social Media Marketing Dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Pada Objek Wisata Bukit Indah Simarjarunjung Kabupaten Simalungun [Universitas Medan Area]. In SKRIPSI. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/23747
  22. Rizki, T. N. (2020). Pengaruh Costumer Experience Terhadap Repurcase Intention Konsumen Produk Kecantikan Oriflame PT. Orindo Alam Ayu Pekanbaru [Universitas Islam Riau Pekanbaru]. In SKRIPSI. https://repository.uir.ac.id/17588/1/155210006.pdf
  23. Rizky, M. (2020). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Cafe Rawasakti Menurut Tinjauan Pemasaran Syari’ah [Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh]. In SKRIPSI. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17432/1/Muhammad Rizky, 160602194, FEBI, ES, 082299192180.pdf
  24. Samosir, R., & Wulandari, D. P. (2024). Pengaruh Customer Satisfaction Dan Customer Experience Terhadap Revisit Intention Di Fave Hotel Olo Padang. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 3(1), 136–146. https://doi.org/10.55606/jempper.v3i1.2743
  25. Sinambela, L. P., & Sarton, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Teoritik dan Praktik. PT. Rajagrafindo Persada.
  26. Sudarso, E. (2024). Pengaruh Customer Experience, Harga Dan Lokasi Terhadap Revisit Intention Pada Hotel Grand Mandarin Singkawang. FOKUS : Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar Dan Alumni Universitas Kapuas Sintang, 22(1), 172–183. https://doi.org/10.51826/fokus.v22i1.1086
  27. Sudaryono. (2023). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (Edisi Ke-2). PT.Rajagrafindo Persada.
  28. Tiperumah.id. Menyingkap Rahasia Wisma: Penginapan yang Homey dan Membumi. Article. Retrieved January 2, 2025, from https://tiperumah.id/blog/wisma/#Fasilitas_di_Wisma.