Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-commerce dan dompet digital (e-wallet) terhadap perilaku konsumtif pada generasi Z di Kota Padang melalui demonstration effect sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal, melibatkan 400 responden menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SEM menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-commerce dan e-wallet serta demonstration effect memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif. Selain itu, demonstration effect terbukti berperan sebagai variabel intervening yang menjembatani pengaruh penggunaan e-commerce dan e-wallet terhadap perilaku konsumtif.

Keywords

E-commerce E-wallet Perilaku Konsumtif Demonstration Effect

Article Details

References

  1. ’Ainy, Z. N. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2), 226–235. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2672
  2. apjii.or.id. (2022). APJII di Indonesia Digital Outloook 2022. Apjii.or.Id. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857
  3. Aulia, S. (2024). Pengaruh E-Commerce Dan Financial Technology Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Panca Sakti Bekasi. JISOSEPOL: JURNAL ILMU SOSIAL EKONOMI DAN POLITIK. Https://Doi.Org/10.30998/Jabe.V9i3.16620
  4. Cheng, Z., Shao, B., & Zhang, Y. (2022). Effect of Product Presentation Videos on Consumers’ Purchase Intention: The Role of Perceived Diagnosticity, Mental Imagery, and Product Rating. Sec. Organizational Psychology, 13.
  5. EH boyatzis, R., & Mckee, A. (2019). Journal E-Commerce. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 18–38.
  6. Jhawar, N., & Nandedkar, T. (2025). E- Wallet ’ S Attributes & Its Impact On Stimulating Consumer Impulse Purchase. 29(3), 1–13.
  7. Kotler, P., & Keller, K. . (2016). Manajemen Pemasaran (edisi 12 j). PT. Indeks.
  8. Lalu, P. H. S. (2019). Hubungan Antara Konformitas dan Perilaku Konsumtif Pada Karyawan Perbankan di Bank X Cabang Udayana.
  9. Naufalia Viani. (2022). Pengaruh Digital Payment Dan E-Service Quality Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pengguna Shopee wilayah DKI Jakarta. Jurnal Pariwisata Bisnis Digital Dan Manajemen. https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jasdim/article/view/3011
  10. Paguse, D. R. A., Mahmud, M., Hafid, R., Gani, P., Kango, U., & Koniyo, R. (2025). Journal Of Economic And Business Education Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Angkatan 2020 Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo . Economic Education Departement , Universitas Negeri Gorontalo , Indonesia. 3, 113–122.
  11. Putri, N. A., Takidah, E., & Sumiati, A. (2025). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan, Penggunaan E- Wallet Dan Intensi Pembelian Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas Negeri Jakartaa. 7(1), 71–84.
  12. Rius, A., & Roman, C. (2021). Countries In The Hamster’s Wheel?: Nurkse-Duesenberry Demonstration Effects And The Determinants Of Saving. Cuadernos De Economia.
  13. Safitri, A. G., Adeati, D., Azzahro, A., & Habibah Al Ihsani, R. (2022). Pengaruh E-Wallet terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Jurnal Potensial, 1(1), 45–54. http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/potensial
  14. Sahabuddin, R., Azhari, A., Septyanti, N. A., Ahimsyah, M., & Maharani, D. D. (2025). Pengaruh E-Wallet dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Intervening. 2(3), 270–283.
  15. Sitompul, Q. A. A., Putri, R. A., Zattira, N., Surbakti, M., Anugrah, T., & Yudha, S. (2025). remaja adalah Aplikasi TikTok, penggunaan media sosial tiktok. 7(2).
  16. Yusuf, M., Sutrisno, S., Putri, P. A. N., Asir, M., & Cakranegara, P. A. (2022). Prospek Penggunaan E-Commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen: Literature Review. Jurnal Darma Agung, 30(3), 505. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2268
  17. Zavida, T. P., & Rachmawati, L. (2021). Pengaruh Endorsement Selebgram Terhadap Perilaku Konsumsi Produk Makanan Oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu EKonomi Universitas Negeri Surabaya. Independent: Journal of Economics, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.26740/independent.v1n1.p30-38