Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manfaat e-commerce, orientasi pasar, dan orientasi wirausaha terhadap kinerja UMKM Kabupaten Dompu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil uji t menunjukan bahwa variabel manfaat e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kunerja UMKM, dengan nilai t hitung sebesar 12,732 ≥ t tabel yaitu 1,662, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05. Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, dengan nilai t hitung sebesar 2,284 ≥ t tabel yaitu 1,662, dan nilai signifikansi sebesar 0,025 ≤ 0,05. Orientasi kewiraushaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, dengan nilai t hitung sebesar 2,206 ≥ t tabel yaitu 1,662, dan nilai signifikansi sebesar 0,030 ≤ 0,05. Sedangkan uji f menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 331,218 ≥ f tabel yaitu 2,705, dengan tingkat signifikansi 0,000 ≤ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa variabel manfaat e-commerce, orientasi pasar, dan orientasi kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja UMKM Kabupaten Dompu.

Keywords

Manfaat e-commerce orientasi pasar orientasi kewiraushaan kinerja UMKM

Article Details

References

  1. Ajzen, I. (2011). The theory of planned behaviour: Reactions and reflections. In Psychology and Health (Vol. 26, Issue 9). https://doi.org/10.1080/08870446.2011.613995
  2. Aliyah, A. H. (2022). Peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72.
  3. Amrulloh, A. (2017). Peran Produk Pembiayaan Mikro Dalam Mengembangkan UMKM Sektor Riil Di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2013-2015. OECONOMICUS Journal of Economics, 1(2), 166–191.
  4. Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19–25.
  5. Dhamayantie, E., & Fauzan, R. (2017). Penguatan Karakteristik dan Kompetensi Kewirausahaan untuk meningkatkan kinerja UMKM. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 11(1), 80–91.
  6. Frese, M., Brantjes, A., & Hoorn, R. (2002). Psychological success factors of small scale businesses in Namibia: The roles of strategy process, entrepreneurial orientation and the environment. Journal of Developmental Entrepreneurship, 7(3), 259–282.
  7. Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS.
  8. Hatta, I. H. (2015). Orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, kapabilitas pemasaran dan kinerja pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(4), 653–661.
  9. Herlambang, G., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM (Studi pada Sentra UKM Meubel di RW 01 dan RW 02, Kelurahan Tunjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Brawijaya University.
  10. Kelara, B. N., & Emi, S. (2020). Peran Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Kinerja Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Universitas Bina Darma.
  11. Kuncoro, A. (2006). Corruption and business uncertainty in Indonesia. ASEAN Economic Bulletin, 11–30.
  12. Lorensa, E., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan media sosial terhadap kinerja umkm fashion. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(3), 739–748.
  13. Lubis, P. S. I., & Salsabila, R. (2024). Peran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Di Indonesia. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(2), 91–110.
  14. Nurdianto, M. A., & Sukarsono, B. (2019). Analisis Pengaruh Tingkat Upah, Modal, Pendapatan dan Jumlah Unit Usaha Terhadap Permintaan Tenaga Kerja Pada Usaha Kecil Menengah Bengkel Motor di Wilayah Surabaya Selatan. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(2), 1–13.
  15. Putri, R. P. A., & Ruhaeni, N. (2022). Kewajiban Mendaftarkan E-Commerce dalam Sistem Elektronik berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Implementasinya terhadap E-Commerce Informal. Bandung Conference Series: Law Studies, 2(1), 47–54.
  16. Sarastyarini, N. M. W., & Yadnyana, I. K. (2018). Pengaruh e-commerce dan efektivitas kerja pengguna terhadap kinerja perusahaan pada usaha kecil dan menengah di Denpasar. E-Jurnal Akunt, 24(3), 1880–1907.
  17. Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Aifabeta. Jurnal Maznajemen, 5(1).
  18. Ulyasari, O. R., Agustina, D., Wardhani, R. S., & Ilhamsyah, A. W. (2023). Pengaruh E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja Umkm Terhadap Kinerja Umkm Sektor Industri. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(2), 799–808.
  19. Wahid, N. N. (2017). Pengaruh kemampuan menyusun laporan keuangan dan motivasi terhadap kinerja ukm di kota tasikmalaya. Jurnal Akuntansi, 12(1), 53–68.
  20. Widodo, D. S., & Yandi, A. (2022). Model kinerja karyawan: kompetensi, kompensasi dan motivasi,(Literature Review MSDM). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 1–14.
  21. Widodo, T. (2016). Pengaruh kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Swalayan Ada Baru di Kota Salatiga). Among Makarti, 9(1).
  22. Wijaya, W., & Widjaja, O. H. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-Commerce dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 84–93.