Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah dari PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ginte Kabupaten Dompu, dengan populasi 25.787 nasabah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, dan memggunakan sampel 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SPSS21. Hasil analisis menunjukkan bahwa inovasi produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Disarankan pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Ginte Kabupaten Dompu untuk tetap mempertahankan produk dan kualitas layanan, serta memperhatikan keinginan masyarakat sebagai nasabah.

Keywords

Inovasi Produk Kualitas Pelayanan Kepuasan Nasabah

Article Details

References

  1. Abdullah EME, Rahman AA, Rahim RA. Adoption of financial technology (Fintech) in mutual fund/ unit trust investment among Malaysians: Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Int J Eng Technol 2018. doi:10.14419/ijet.v7i2.29.13140.
  2. Abubakar, Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, ALFABETA: Bandung.
  3. Antanegoro, R. M. Y., Sanusi, F., & Surya, D. (2017). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Inovasi Layanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2), 167-179.
  4. Arun T, Kamath R. Financial inclusion: Policies and practices. IIMB Manag Rev 2015;27:267–87. doi:10.1016/j.iimb.2015.09.004.
  5. Bambang D.Prasetyo. (2020), Strategy Branding teori dan perspetif komunikasi dalam bisnis. Penerbit UB Pres. Bisnis (JRMB). 4(1), 175-182.
  6. CV & Grup tahun 2021 adalah "Perencanaan Pembelajaran di Sekolah: Teori dan Implementasi" yang diterbitkan di Sukoharjo oleh CV. Pradina Pustaka Grup pada tahun 2021.
  7. Destiana Baetie pada tahun 2018 adalah "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Niagara Parapat Provinsi Sumatera Utara" yang diterbitkan dalam jurnal JOM FISIP.
  8. Fikri, K., et al. (2022). Peran Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan. Postgraduate Management Journal, 2 (1), 52-63.
  9. Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS
  10. Ibrahim, Malik dan Thawil, S.M. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas
  11. Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
  12. Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo
  13. Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
  14. Oktavia, Ria. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pada Bank Index Kantor Cabang Lampung. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 13 No. 1.
  15. Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Press.
  16. Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Edisi Pertama. Yogyakarta:Andi
  17. R., Soegoto, A. S., & Soepeno, D. (2018). Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian.
  18. Ramadani, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Di PT Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember.
  19. Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung:CV. Alfabeta.
  20. Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
  21. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
  22. Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
  23. Supriyanto, Agus, dkk. (2017). Mencipta Inovasi: Inovasi untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Jakarta: Pusat Data dan Analisa Tempo.
  24. Supriyati, D. & Herawati. (2017). Analisis Pengaruh Promosi dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Bungo Pada Rumah Batik Vinto Muara Bungo. Jurnal EKOBISTEK Universitas Muara Bungo Padang
  25. Tjiptono, Fandy (2017), Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi.
  26. Worek, S. E. G., & Sepang, J. L. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Pt. Pegadaian (Persero) Karombasan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 404–412.
  27. Yanuar, N. D., & Harti, H. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Penjualan Pada Home Industri Olahan Ikan Di Kabupaten Trenggalek. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 51–60. Anda dapat menemukan kutipan lengkapnya di eprints UAD.
  28. Zulkarnaen, W., & Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga.