Main Article Content

Abstract

The purpose of this study is to analyze the influence of healthy lifestyle variables, brand trust and product quality partially and simultaneously on purchasing decisions for Herbalife Nutrition products. The population in this study were all consumers who had used Herbalife products at least once in the Gresik area. The analysis method in this study used primary data with a total of 150 respondents and accidental sampling techniques. The tests used were validity, reliability test, normality, multicollinearity, heteroscedasticity, multiple linear regression, f test, t test, and coefficient of determination test. This study concludes that healthy lifestyle, brand trust and product quality partially have a positive and significant effect on purchasing decisions.

Keywords

Healthy Lifestyle Brand Trust Product Quality Purchase Decision

Article Details

How to Cite
Shahirah , N. V. ., & Akhiruddin, A. . . (2025). The Influence of Healthy Lifestyle, Brand Trust and Product Quality on Purchasing Decisions on Herbalife Nutrition Products. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(1), 621–634. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i1.1177

References

  1. Abdul Salam, & Abdiyanti, S. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Wanita Produk Skin Care Merek Ms Glow Di Kecamatan Sumbawa). Accounting and Management Journal, 6(1), 60–68. https://doi.org/10.33086/amj.v6i1.2204
  2. Arinawati, Ely, and Badrus Suryadi. Penataan Produk Smk/Mak Kelas Xii. Gramedia Widiasarana indonesia, 2021.
  3. Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62.
  4. Databoks. (2023). Obesitas Hingga Kanker, Ini Deretan Masalah Kesehatan Akibat Mengonsumsi Makanan Cepat Saji Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/layanan-konsumen kesehatan/statistik/4f590255968546a/obesitas-hingga-kanker-ini-deretan-masalah-kesehatan-akibat-mengonsumsi-makanan-cepat-saji Diakses tanggal 20 Oktober 2023
  5. Egger, G. (2017). Healthy living. In Australian Family Physician (Vol. 46, Issue 1, pp. 10–13). https://doi.org/10.12968/ftse.2010.9.9.78240
  6. Eunike Viedy Virginia Lombok, R. L. S. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
  7. Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Ed. 1, Yogyakarta: Andi Offset, 2014, 398
  8. Farid Abdurrohman, Ida Aryati, R. D. (2023). Keputusan Pembelian Ditinjau dari Healthy Lifestyle, Usability, dan Product Quality Pada Produk Susu Bear Brand. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 16(2), 58–69
  9. Junia, Y. I. (2021). PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK POCARI SWEAT DI JAKARTA Yusi. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN/Volume 5/No.4/Juli - 2020 : 360-363, 5(4), 360.
  10. Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid Pertama. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.
  11. Lutfi, F. Z., & Baehaqi, M. (2022). Pengaruh Healty Lifestyle, Perceived Quality dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Jenis Roadbike Merk Polygon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 462–478. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i4.129.
  12. Made Tiya Yogi Suari, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi, Ni Nyoman Yulianthini. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Bisma: Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 1, Maret Tahun 2019 P-ISSN: 2476-8782, 1(2), 16–24. https://doi.org/10.24929/abhakte.v1i2.3053.
  13. Mulia, A., Diana, E., Harga, D., Keputusan, T., Susu, P., Frisian, B., Di, F., Semarang, K., & Nuswantoro, U. D. (2024). Pengaruh Healthy Lifestyle, Product Quality Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Susu Bubuk Frisian Flag Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen , 2(5), 27–33. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/1166
  14. Pande Made Yudi Rawita Atmaja, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2021). Aktivitas Fisik Serta Pola Hidup Sehat Masyarakat Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(2), 128–135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJIK
  15. Putra, A. S. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Smartphone Lenovo di DIY). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 05(2), 252–260.
  16. Putri, A., & Huda, N. (2018). Penggaruh Gaya hidup, Sikap uang Nilai Pribadi Stimulasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Terhadap Smartpone Android (Studi Kasus Mahasiswa Muhammadiyah Stikes Banjarmasin). Wawasan Manajemen, 27-30
  17. Risnadyawati Aprilia, Laili Savitri Noor, T. I. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE MSGLOW DI KOTA BEKASI. JIMP : Jurnal Ilmiah Manajemen Pancasila, 3(1), 42–57. https://doi.org/10.35814/jimp.v3i1.4127
  18. Robert, B., & Brown, E. B. (2004).Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Mega Sari Tata Utama
  19. Saragih, MM., B. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(3), 2633.
  20. Supriyadi, Fristin, Y., & K.N, G. I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 135–144. https://media.neliti.com/media/publications/75449-ID-pengaruh-kualitas-produk-dan-brand-image.pdf
  21. Sakti Riana Fatmaningrum, Susanto, & M. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 176–188. https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.608
  22. Shanfi Maylita Inggasari, R. H. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.
  23. Syaifulloh, M., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Gaya Hidup Sehat dan Interactive marketing terhadap Niat Beli Quakers Oats. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(4), 1165–1175. www.sayangijantungmu.com
  24. Syafruddin, Rizky Amelia, Muhammad Akbar, Nursani, Khas Sukma Mulya, M. R. (2024). PENGARUH PROMOSI, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PENGGUNA LAPTOP MEREK ACER DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BIMA). 7(1), 1–16.
  25. Top Brand Award. (2020). Top Brand Index Susu Diet Khusus Dalam Makanan Minuman 2020. Diambil https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=2&id_subkategori=428 diakses tanggal 12 Oktober 2024
  26. Valina Adzra Salsabila1, Setiarini, L. S. N. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERAWATAN KULIT AVOSKIN MELALUI RATING SELLER SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS GENERASI Z PEMAKAI PRODUK AVOSKIN). 4(1), 14–23.