Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaktif orientasi pasar, kapasitas penyerapan, dan lingkungan eksternal terhadap kinerja bisnis pada sub-sektor manufaktur makanan di Sulawesi Selatan, dengan absorptive capacity sebagai variabel mediasi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian kausal, data dikumpulkan melalui survei kuesioner dari 130 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kinerja bisnis. Selain itu, absorptive capacity berperan sebagai mediator dalam hubungan antara orientasi pasar dan kinerja bisnis, menegaskan perannya yang krusial dalam memperkuat kemampuan perusahaan untuk mengadopsi teknologi baru, memahami tren pasar, dan merespons perubahan regulasi, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini juga mengonfirmasi bahwa lingkungan eksternal memengaruhi kinerja bisnis, memperkuat pentingnya adaptasi dalam pasar yang dinamis. Temuan ini menekankan bahwa strategi orientasi pasar yang kuat dan kapasitas penyerapan yang optimal sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan industri secara efektif dan memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Azhar, K., & Arifin, Z. (2011). Faktor – faktor Yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja industri manufaktur besar Dan menengah pada tingkat kabupaten / Kota Di jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(1), 90. https://doi.org/10.22219/jep.v9i1.3648
- Bougie, Roger dan Uma Sekaran, 2010. Research Methods For Business, Fifth Edition. John Wiley and Sons Ltd
- Cohen, W. M., & Levinthal, D. A. (1990). Absorptive capacity: A new perspective on learning and innovation. Administrative Science Quarterly, 35(1), 128. https://doi.org/10.2307/2393553
- Darmawan, R. R. (2016). Analisis Nilai total Faktor Produktifitas pada Industri Manufaktur Di Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 1(1). https://doi.org/10.20473/jiet.v1i1.1823
- David, F. R., & David, F. R. (2021). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases (17th ed.). Pearson.
- Ferreras-Méndez, J. L., Fernández-Mesa, A., & Alegre, J. (2019). Export performance in SMEs: The importance of external knowledge search strategies and absorptive capacity. Management International Review, 59(3), 413-437. https://doi.org/10.1007/s11575-019-00379-6
- García-Sánchez, E., García-Morales, V. J., & Martín-Rojas, R. (2018). Influence of technological assets on organizational performance through absorptive capacity, organizational innovation and internal labour flexibility. Sustainability (Switzerland), 10(3), 0–25. https://doi.org/10.3390/su10030770
- García-Sánchez, E., García-Morales, V. J., & Martín-Rojas, R. (2018). Influence of technological assets on organizational performance through absorptive capacity, organizational innovation and internal labour flexibility. Sustainability, 10(3), 770. https://doi.org/10.3390/su10030770
- Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson.
- Jogiyanto Hartono, (2017). Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
- Muhammad Try Dharsana, Andi Iqra Pradipta Natsir, Fakhrul Indra Hermansyah and Khaerunnisa Nur Fatimah Syahnur (2024). Implementation of eco-control system by Indonesian manufacturing firms: Understanding the mediating role of organizational culture. Environmental Economics, 15(2), 12-21. doi:10.21511/ee.15(2).2024.02.
- Müller, J. M., Buliga, O., & Voigt, K. (2021). The role of absorptive capacity and innovation strategy in the design of industry 4.0 business models - A comparison between SMEs and large enterprises. European Management Journal, 39(3), 333-343. https://doi.org/10.1016/j.emj.2020.01.002
- Nasir, A. (2019). Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran industri mebel Di kabupaten pasuruan. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 6(2), 17. https://doi.org/10.33366/ref.v6i2.528
- Nurpratama, M., Sonjaya, N. S., Yudianto, A., & Agung, I. (2024). Studi Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kabupaten Indramayu. Jurnal EMT KITA, 8(3), 822–831. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2406
- Purwianti, L. (2021). Pengaruh Market Orientation, Entrepreneurial Orientation Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Mediasi Absorptive Capacity. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 126–142. Https://Doi.Org/10.32815/Jibeka.V15i2.350
- Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3). Https://Doi.Org/10.35794/Jmbi.V5i3.21707
- Santoso, R. (2023). Kinerja Industri Jasa Konstruksi Suatu Tinjauan Pada Lingkungan Bisnis Dan Strategi Bisnis. Penerbit Tahta Media
- Slater, S. F., & Narver, J. C. (1994). Market orientation, customer value, and superior performance. Business Horizons, 37(2), 22-28. https://doi.org/10.1016/0007-6813(94)90029-9
- Terziovski, M. (2010). Innovation practice and its performance implications in small and medium enterprises (SMEs) in the manufacturing sector: A resource-based view. Strategic Management Journal, n/a-n/a. https://doi.org/10.1002/smj.841
- Tjiptono, 2017, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta
- Ulya, Z. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran Dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM, 4(2), 114-125. https://doi.org/10.32505/v4i2.1254
- Zahra, S. A., & George, G. (2002). Absorptive capacity: A review, reconceptualization, and extension. The Academy of Management Review, 27(2), 185. https://doi.org/10.2307/4134351.
References
Azhar, K., & Arifin, Z. (2011). Faktor – faktor Yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja industri manufaktur besar Dan menengah pada tingkat kabupaten / Kota Di jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(1), 90. https://doi.org/10.22219/jep.v9i1.3648
Bougie, Roger dan Uma Sekaran, 2010. Research Methods For Business, Fifth Edition. John Wiley and Sons Ltd
Cohen, W. M., & Levinthal, D. A. (1990). Absorptive capacity: A new perspective on learning and innovation. Administrative Science Quarterly, 35(1), 128. https://doi.org/10.2307/2393553
Darmawan, R. R. (2016). Analisis Nilai total Faktor Produktifitas pada Industri Manufaktur Di Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 1(1). https://doi.org/10.20473/jiet.v1i1.1823
David, F. R., & David, F. R. (2021). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases (17th ed.). Pearson.
Ferreras-Méndez, J. L., Fernández-Mesa, A., & Alegre, J. (2019). Export performance in SMEs: The importance of external knowledge search strategies and absorptive capacity. Management International Review, 59(3), 413-437. https://doi.org/10.1007/s11575-019-00379-6
García-Sánchez, E., García-Morales, V. J., & Martín-Rojas, R. (2018). Influence of technological assets on organizational performance through absorptive capacity, organizational innovation and internal labour flexibility. Sustainability (Switzerland), 10(3), 0–25. https://doi.org/10.3390/su10030770
García-Sánchez, E., García-Morales, V. J., & Martín-Rojas, R. (2018). Influence of technological assets on organizational performance through absorptive capacity, organizational innovation and internal labour flexibility. Sustainability, 10(3), 770. https://doi.org/10.3390/su10030770
Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson.
Jogiyanto Hartono, (2017). Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Muhammad Try Dharsana, Andi Iqra Pradipta Natsir, Fakhrul Indra Hermansyah and Khaerunnisa Nur Fatimah Syahnur (2024). Implementation of eco-control system by Indonesian manufacturing firms: Understanding the mediating role of organizational culture. Environmental Economics, 15(2), 12-21. doi:10.21511/ee.15(2).2024.02.
Müller, J. M., Buliga, O., & Voigt, K. (2021). The role of absorptive capacity and innovation strategy in the design of industry 4.0 business models - A comparison between SMEs and large enterprises. European Management Journal, 39(3), 333-343. https://doi.org/10.1016/j.emj.2020.01.002
Nasir, A. (2019). Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran industri mebel Di kabupaten pasuruan. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 6(2), 17. https://doi.org/10.33366/ref.v6i2.528
Nurpratama, M., Sonjaya, N. S., Yudianto, A., & Agung, I. (2024). Studi Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kabupaten Indramayu. Jurnal EMT KITA, 8(3), 822–831. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2406
Purwianti, L. (2021). Pengaruh Market Orientation, Entrepreneurial Orientation Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Mediasi Absorptive Capacity. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 126–142. Https://Doi.Org/10.32815/Jibeka.V15i2.350
Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3). Https://Doi.Org/10.35794/Jmbi.V5i3.21707
Santoso, R. (2023). Kinerja Industri Jasa Konstruksi Suatu Tinjauan Pada Lingkungan Bisnis Dan Strategi Bisnis. Penerbit Tahta Media
Slater, S. F., & Narver, J. C. (1994). Market orientation, customer value, and superior performance. Business Horizons, 37(2), 22-28. https://doi.org/10.1016/0007-6813(94)90029-9
Terziovski, M. (2010). Innovation practice and its performance implications in small and medium enterprises (SMEs) in the manufacturing sector: A resource-based view. Strategic Management Journal, n/a-n/a. https://doi.org/10.1002/smj.841
Tjiptono, 2017, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta
Ulya, Z. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran Dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM, 4(2), 114-125. https://doi.org/10.32505/v4i2.1254
Zahra, S. A., & George, G. (2002). Absorptive capacity: A review, reconceptualization, and extension. The Academy of Management Review, 27(2), 185. https://doi.org/10.2307/4134351.