Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh interaktif orientasi pasar, kapasitas penyerapan, dan lingkungan eksternal terhadap kinerja bisnis pada sub-sektor manufaktur makanan di Sulawesi Selatan, dengan absorptive capacity sebagai variabel mediasi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian kausal, data dikumpulkan melalui survei kuesioner dari 130 responden. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kinerja bisnis. Selain itu, absorptive capacity berperan sebagai mediator dalam hubungan antara orientasi pasar dan kinerja bisnis, menegaskan perannya yang krusial dalam memperkuat kemampuan perusahaan untuk mengadopsi teknologi baru, memahami tren pasar, dan merespons perubahan regulasi, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini juga mengonfirmasi bahwa lingkungan eksternal memengaruhi kinerja bisnis, memperkuat pentingnya adaptasi dalam pasar yang dinamis. Temuan ini menekankan bahwa strategi orientasi pasar yang kuat dan kapasitas penyerapan yang optimal sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan industri secara efektif dan memastikan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Keywords

Kapasitas Penyerapan Kinerja Bisnis Lingkungan Eksternal Orientasi Pasar Teknologi dan Inovasi

Article Details

How to Cite
Aswar, N. F., Sitti Hasbiah, & Umar, F. (2024). Pengaruh Interaktif Orientasi Pasar, Kapasitas Penyerapan, dan Lingkungan Eksternal terhadap Kinerja Bisnis Industri Manufaktur. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(4), 610–619. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i1.1193

References

  1. Azhar, K., & Arifin, Z. (2011). Faktor – faktor Yang mempengaruhi penyerapan tenaga kerja industri manufaktur besar Dan menengah pada tingkat kabupaten / Kota Di jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 9(1), 90. https://doi.org/10.22219/jep.v9i1.3648
  2. Bougie, Roger dan Uma Sekaran, 2010. Research Methods For Business, Fifth Edition. John Wiley and Sons Ltd
  3. Cohen, W. M., & Levinthal, D. A. (1990). Absorptive capacity: A new perspective on learning and innovation. Administrative Science Quarterly, 35(1), 128. https://doi.org/10.2307/2393553
  4. Darmawan, R. R. (2016). Analisis Nilai total Faktor Produktifitas pada Industri Manufaktur Di Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 1(1). https://doi.org/10.20473/jiet.v1i1.1823
  5. David, F. R., & David, F. R. (2021). Strategic management: A competitive advantage approach, concepts and cases (17th ed.). Pearson.
  6. Ferreras-Méndez, J. L., Fernández-Mesa, A., & Alegre, J. (2019). Export performance in SMEs: The importance of external knowledge search strategies and absorptive capacity. Management International Review, 59(3), 413-437. https://doi.org/10.1007/s11575-019-00379-6
  7. García-Sánchez, E., García-Morales, V. J., & Martín-Rojas, R. (2018). Influence of technological assets on organizational performance through absorptive capacity, organizational innovation and internal labour flexibility. Sustainability (Switzerland), 10(3), 0–25. https://doi.org/10.3390/su10030770
  8. García-Sánchez, E., García-Morales, V. J., & Martín-Rojas, R. (2018). Influence of technological assets on organizational performance through absorptive capacity, organizational innovation and internal labour flexibility. Sustainability, 10(3), 770. https://doi.org/10.3390/su10030770
  9. Hair, et al, 2014, Multivariate Data Analysis, New International Edition., New Jersey : Pearson.
  10. Jogiyanto Hartono, (2017). Metode Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
  11. Muhammad Try Dharsana, Andi Iqra Pradipta Natsir, Fakhrul Indra Hermansyah and Khaerunnisa Nur Fatimah Syahnur (2024). Implementation of eco-control system by Indonesian manufacturing firms: Understanding the mediating role of organizational culture. Environmental Economics, 15(2), 12-21. doi:10.21511/ee.15(2).2024.02.
  12. Müller, J. M., Buliga, O., & Voigt, K. (2021). The role of absorptive capacity and innovation strategy in the design of industry 4.0 business models - A comparison between SMEs and large enterprises. European Management Journal, 39(3), 333-343. https://doi.org/10.1016/j.emj.2020.01.002
  13. Nasir, A. (2019). Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran industri mebel Di kabupaten pasuruan. Referensi : Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 6(2), 17. https://doi.org/10.33366/ref.v6i2.528
  14. Nurpratama, M., Sonjaya, N. S., Yudianto, A., & Agung, I. (2024). Studi Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM di Kabupaten Indramayu. Jurnal EMT KITA, 8(3), 822–831. https://doi.org/10.35870/emt.v8i3.2406
  15. Purwianti, L. (2021). Pengaruh Market Orientation, Entrepreneurial Orientation Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Mediasi Absorptive Capacity. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 126–142. Https://Doi.Org/10.32815/Jibeka.V15i2.350
  16. Riyanto, S. . (2018). Analisis Pengaruh Lingkungan Internal Dan Eksternal Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Usaha Kecil Menengah (Ukm) Di Madiun. Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 5(3). Https://Doi.Org/10.35794/Jmbi.V5i3.21707
  17. Santoso, R. (2023). Kinerja Industri Jasa Konstruksi Suatu Tinjauan Pada Lingkungan Bisnis Dan Strategi Bisnis. Penerbit Tahta Media
  18. Slater, S. F., & Narver, J. C. (1994). Market orientation, customer value, and superior performance. Business Horizons, 37(2), 22-28. https://doi.org/10.1016/0007-6813(94)90029-9
  19. Terziovski, M. (2010). Innovation practice and its performance implications in small and medium enterprises (SMEs) in the manufacturing sector: A resource-based view. Strategic Management Journal, n/a-n/a. https://doi.org/10.1002/smj.841
  20. Tjiptono, 2017, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi Offset, Yogyakarta
  21. Ulya, Z. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Pembelajaran Dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran. JURNAL EKONOMI DAN BISNIS ISLAM, 4(2), 114-125. https://doi.org/10.32505/v4i2.1254
  22. Zahra, S. A., & George, G. (2002). Absorptive capacity: A review, reconceptualization, and extension. The Academy of Management Review, 27(2), 185. https://doi.org/10.2307/4134351.