Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kebutuhan, dan kelangkaan terhadap keputusan pembelian masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Dompu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran kuesioner kepada 96 responden, serta analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, ketiga variabel yaitu harga, kebutuhan, dan kelangkaan, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Di antara ketiganya, kebutuhan merupakan variabel yang paling dominan memengaruhi keputusan pembelian. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman peran distribusi dan pengendalian harga LPG dalam kebijakan perlindungan konsumen di daerah.Harga, Kebutuhan, Kelangkaan, Keputusan Pembelian, LPG 3 Kg.

Keywords

Harga Kebutuhan Kelangkaan Keputusan Pembelian

Article Details

How to Cite
Lestari, M., Adhim, C., & Marlina, L. (2025). Dampak Kenaikan Harga, Kebutuhan, Kelangkaan Gas LPG 3kg Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Berpenghasilan Rendah Di Kabupaten Dompu. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(1), 662–676. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i1.1302

References

  1. Aprianti, sri lista (2022) ‘Dampak Penetapan Harga Gas Lpg 3 Kg Terhadap Daya Beli Masyarakat Di Desa Muara Jalai’.
  2. Artameviah, R. (2021) ‘Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian’, Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 8(1), p. 25. Available at: https://doi.org/10.32493/skr.v8i1.9716.
  3. ATLUN KURNIAWAN (2023) ‘Pengaruh Distribusi , Harga Dan Kelangkaan Pada Masyarakat Desa Taronggo’.
  4. BPS, N. (2024) ‘profil kemiskinan kabupaten dompu 2023-2024’, badan pusat statistik ntb, 15(1), pp. 37–48.
  5. Dasser, A.M., Dotulong, L.O.. and Loindong, S.S.. (2024) ‘Pengaruh Corporate Reputation Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia Oleh Konsumen Desa Tateli Satu Yang Dimediasi Oleh Trust’, 400 Jurnal EMBA, 12(03), pp. 400–411.
  6. Dian Suarditini et al. (2023) ‘Strategi Harga,Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Bakso dan Mie Ayam Pakde Kembar ( Studi Dikantin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya )’, Jurnal Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis: Cuan, 1(1), pp. 30–46. Available at: https://doi.org/10.59603/cuan.v1i1.13.
  7. Dwi Poetra, R. (2022) ‘pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 060934. Kecamatan Medan Johor Tahun Pelajaran 2022/2023.’, Gastronomía ecuatoriana y turismo local., 1(69), pp. 5–24.
  8. Herawati, N. et al. (2018) ‘ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN’, Niken Herawati, 1(5), pp. 522–535.
  9. Indah, R.P. (2019) ‘Pengaruh Harga, kebutuhan Dan Kelangkaan Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Gas LPG 3 kg Jalan Udang Kecamatan Tnjung Pura Kabupaten Langkat’, Skripsi, p. hal.35.
  10. Kartika, N.D.I. (2023) ‘PENGARUH KEBUTUHAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GAS LPG 3KG’, Sustainability (Switzerland), 11(1), pp. 1–14. Available at: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
  11. Kbbi (no date) Kata dasar butuh, kamus besar bahasa indonesia (kbbi) online. Available at: https://kbbi.web.id/butuh.
  12. kementrian ESDM, D.M. (2023) Kuota LPG 3 Kg Tahun 2024 Disepakati 8,3 Juta MT, kementrian energi dan sumber daya mineral. Available at: https://migas.esdm.go.id/post/kuota-lpg-3-kg-tahun-2024-disepakati-8-3-juta-mt.
  13. Kotler (2010) ‘Grand Theory of Marketing’, Marketing Management [Preprint].
  14. Lystia, C. et al. (2022) ‘Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran)’, Jurnal Umum Manajemen Terapan, 3(4), pp. 392–403. Available at: https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4.
  15. Mujtahidin (2024) Gas LPG di Dompu Tembus Rp50 Ribu Per Tabung, rri.co.id. Available at: https://www.rri.co.id/daerah/922993/gas-lpg-di-dompu-tembus-rp50-ribu-per-tabung.
  16. Mulyana, S. (2021) ‘Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru’, Jurnal Daya Saing, 7(2), pp. 185–195. Available at: https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665.
  17. Paridy, A. (2024) ‘Pengaruh kebutuhan, gaya hidup, barang konsumtif sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian’, 2(1).
  18. Pemerintah Indonesia (2009) ‘Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas’, 2009, pp. 1–30.
  19. permata sari, yulia (2020) ‘Dampak Kenaikan Harga Gas LPG 3 Kg terhadap Kemampuan Rumah Tangga Miskin Dalam Pemenuhan Kebutuhan Hidup di Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara’, JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 3(February), pp. 516–530.
  20. Sari, S.P. (2020) ‘Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen’, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), p. 147. Available at: https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870.
  21. Satdiah, A., Siska, E. and Indra, N. (2023) ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint’, CiDEA Journal, 2(1), pp. 24–37. Available at: https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775.
  22. Suryana, H. and Faruk, U. (2017) ‘Perencanaan Distribusi Gas LPG 3 kg Menggunakan Metoda Distribution Requirement Planning (DRP) di PT Anugrah Ditamas Lestari’, Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri, 1, p. 34. Available at: https://doi.org/10.35194/jmtsi.v1i0.48.
  23. Yuhelfaiza and Andriani, V. (2019) ‘Ekonomi’, 4(April), pp. 1–52.