Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran citra merek (Brand Image) sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk fashion di Matahari melalui platform marketplace online. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan metode SEM-PLS, di mana data dikumpulkan dari 160 responden mahasiswa Gen Z di wilayah Surakarta. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa baik harga, promosi, maupun citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra merek terbukti secara signifikan memediasi hubungan antara harga dan keputusan pembelian, namun tidak menunjukkan peran mediasi yang signifikan dalam kaitannya dengan promosi. Hasil ini menekankan pentingnya strategi penetapan harga yang kompetitif dan sejalan dengan persepsi merek yang dibangun, serta perlunya penguatan strategi promosi agar selain memberikan pengaruh langsung, juga mampu memperkuat citra merek. Studi ini memberikan kontribusi terhadap literatur pemasaran digital khususnya dalam konteks industri fashion e-commerce di Indonesia.

Keywords

Harga Promosi Keputusan Pembelian Marketplace E-Promosi

Article Details

How to Cite
Irmasari, D. G., & Umam, M. R. K. (2025). Peran Brand Image Dalam Mediasi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Matahari. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 1–14. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1331

References

  1. Adwimurti, Y., & Sumarhadi, S. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kualitas Produk Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–90. https://doi.org/10.32509/jmb.v3i1.3070
  2. Ahmad, M., Tumbel, T. M., & ... (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis …, 10(1), 25–31. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/28826%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/download/28826/28141
  3. Aliffa, S. P., & Wardani, S. (2025). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada J.Co Donuts & Coffee Ramayana Mall Kota Serang. Cakrawala: Jurnal Ekonomi, 2(1), 189–199. https://jurnalamanah.com/index.php/cakrawala/index
  4. Andriani, Z., & Nasution, S. M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada Pengguna Aplikasi Tiktok. Bursa: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(2).
  5. Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 26. https://doi.org/10.31851/neraca.v4i1.4176
  6. Armayani, A., & Jatra, I. M. (2020). Peran Brand image Memediasi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. 4(1), 1–23.
  7. Darwipat, D., Syam, A., & Marhawati, M. (2020). Pengaruh Program Flash Sale terhadap Perilaku Impulsive Buying Konsumen Marketplace. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(2), 58. https://doi.org/10.26858/je3s.v1i2.18635
  8. Fachry Fadhlurrohman, M., Supartono, & SBR, K. (2023a). Pengaruh Harga, Brand image, Dan Inovasi Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari Department Store Grand Mall Bekasi. Sains Manajemen, 9(1), 28–40. https://doi.org/10.30656/sm.v9i1.6686
  9. Muhammad, F. F., Supartono, & BR, K. (2023b). Pengaruh Harga, Brand image, Dan Inovasi Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Di Matahari Department Store Grand Mall Bekasi. Sains Manajemen, 9(1), 28–40. https://doi.org/10.30656/sm.v9i1.6686
  10. Fatimah, H. N., & Nurtantiono, A. (2022). The Influence of Brand image, Promotion, Price, and Service Quality on Purchase Decisions (Shopee Application Users). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 106–133.
  11. Febindra. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di E-commerce Zalora. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 313–323. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.630
  12. Fera, P. M., Asmin, E. A., & Gunawan, R. (2023). Brand image Memediasi Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(3), 23–40. https://doi.org/10.58192/ebismen.v2i3.1251
  13. Giovani, C., & Berlianto, M. P. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Decision Konsumen Yang Menggunakan Platform Tokopedia. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2148–2170. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2498
  14. Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2022). Classroom Companion: Business Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R AAWorkbook. Springer. http://www.
  15. Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Strategi Digital Marketing Di Perusahaan Cipta Grafika. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 1970–1978. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.699
  16. Jauhari, S. S. (2023). Produk Fashion Jadi Produk yang Paling Banyak Dibeli di Online Shop. https://data.goodstats.id/statistic/produk-fashion-jadi-produk-yang-paling-banyak-dibeli-di-online-shop-WNrZx
  17. Khaqiqi, A. I., Hidayah, L. N., Lathifah, A. R., Septiara, D., Alam, W. F., Al-Faruq, S., Kurnia, T. P., & Maf’ula, F. (2021a). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Online Shop: Studi Pada Customer Lamongan. Journal Of Economics, Management, and Business Research (JEMBER), 2(1), 239–250. http://jurnal.umla.ac.id/index.php/JEMBER/article/view/286
  18. Khaqiqi, A. I., Hidayah, L. N., Lathifah, A. R., Septiara, D., Alam, W. F., Al-Faruq, S., Kurnia, T. P., & Maf’ula, F. (2021b). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Online Shop: Studi Pada Customer Lamongan. Journal Of Economics, Management, and Business Research (JEMBER), 2(1), 239–250.
  19. Kotler, P., & Keller, K. L. (2022). Marketing Management (16th ed.). Pearson Education.
  20. Mehrabian, A., & Russell, J. A. (1974). An Approach to Environmental Psychology. Cambridge, MA: MIT Press.
  21. Mulyana, M., & Wasitowati, W. (2021a). The Improvement of Collaborative Networks to Increase Small and Medium Enterprises (SMEs) Performance. Serbian Journal of Management, 16(1), 213–229. https://doi.org/10.5937/sjm16-24369
  22. Mulyana, M., & Wasitowati, W. (2021b). The Improvement of Collaborative Networks to Increase Small and Medium Enterprises (SMEs) Performance. Serbian Journal of Management, 16(1), 213–229. https://doi.org/10.5937/sjm16-24369
  23. Musnaini, Suherman, & Wijoyo, H. (2020). Digital Marketing. CV. Pena Persada. https://www.researchgate.net/publication/344163047
  24. Mustika Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.
  25. Nasution, R., Nasution, Z., & Fitri Nasution, M. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Toko Wilda Collection Rantauprapat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI), 5(1), 115–121. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i1.484
  26. Nugraha, F., & Kurniawan, H. (2023). Pengaruh Promosi Digital Terhadap Peningkatan Penjualan Bagi Wirausaha Di Bidang Konveksi Melalui Media Sosial. Jurnal Minfo Polgan, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.12541
  27. Papilaya, Y., & Kramadibrata, B. S. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aerostreet. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Ekonomi, 2(2), 21–35. https://doi.org/10.55606/jurrie.v2i2.1567
  28. Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.56
  29. Purboyo, Hastutik, S., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S., Wardhana, A., Kartika, R. D., Erwin, Hilal, N., Syamsuri, Siahainenia, S., & Marlena, N. (2021a). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis). In Media Sains Indonesia.
  30. Purboyo, Hastutik, S., Kusuma, G. P. E., Sudirman, A., Sangadji, S., Wardhana, A., Kartika, R. D., Erwin, Hilal, N., Syamsuri, Siahainenia, S., & Marlena, N. (2021b). Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis). In Media Sains Indonesia.
  31. Rajagukguk, P., Hardani, H., & Kartawijaya, F. (2022). Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian online pada Marketplace Shopee Paska Pandemic Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.31294/jab.v2i1.1165
  32. Saleh, M. Z., & Setiorini, A. (2023a). Promotion, Price and Service Quality for Consumers to Making Purchase Decisions. Action Research Literate, 7(10), 114–116. https://doi.org/10.46799/arl.v7i10.195
  33. Saleh, M. Z., & Setiorini, A. (2023b). Promotion, Price and Service Quality for Consumers to Making Purchase Decisions. Action Research Literate, 7(10), 114–116. https://doi.org/10.46799/arl.v7i10.195
  34. Sari, R. M., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi), 5(3), 1171–1184.
  35. Satria, E. (2023). Keputusan Pembelian Yang Ditinjau Dari Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk (Studi Kasus Pada Toko Bangunan Berkah Desa Lempur Danau). E-Journal Al Dzahab, 4(2).
  36. Semara, I. M. T. (2022). Pengaruh Brand image Harga Dan Di Restoran Martabak Bang Cabang Influence of Brand image Price and Promotion on Restaurant Purchase Decisions Martabak Bang Tangerang. 01(11), 3180–3188.
  37. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif.
  38. Tia Astaivada. (2023). Pengaruh Promosi Media Sosial, Word of Mouth Dan Reference Group Terhadap Keputusan Pembelian Pada Umkm Jajanan Kuliner Di Pelabuhan Kamal. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 3(2), 263–277. https://doi.org/10.55606/jimek.v3i2.1853
  39. Tri Utami. (2021). Peran Citra Merek, Celebrity Endorser, Kualitas Produk Dalam Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 140–150. https://doi.org/10.30596/jimb.v22i1.6200
  40. Tua, G. V. M., Andri, & Andariyani, I. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 140–154. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.266
  41. Wulansari, R., & Dewi, W. K. (2020). Pengaruh Brand image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kebun Latte Ciater Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 37. https://doi.org/10.31599/jmu.v2i1.689
  42. Yadita, P., & Siaha Widodo, A. (2025). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Gamboge Pada Toko Veralshop.Id Di Gunung Sindur. JORAPI : Journal of Research and Publication Innovation, 3(1), 2025.
  43. Yuliani, M. P., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2).
  44. Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022a). Pengaruh Brand image , Daya Tarik Iklan , Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow ( Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang ). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 279–287.
  45. Yunita, P., & Indriyatni, L. (2022b). Pengaruh Brand image , Daya Tarik Iklan , Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow ( Studi Kasus Pada Pelanggan MS Glow Kota Semarang ). Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5, 279–287.