Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived value dan pengalaman pelanggan terhadap loyalitas pengguna Spotify Premium, serta mengeksplorasi peran kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi dalam hubungan ini. Fokus penelitian adalah pada Generasi Z di Kota Surakarta. Pengumpulan data penelitian melalui kuesioner kepada 100 responden mahasiswa yang berdomisili di Kota Surakarta. Teknik analisis datanya dengan SEM-PLS menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived value berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel pengalaman pelanggan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Selanjutnya ditemukan bahwa variabel kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Peran mediasi kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap hubungan perceived value dan loyalitas pelanggan, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap hubungan pengalaman pelanggan dan loyalitas pelanggan.

Keywords

loyalitas pelanggan perceived value pengalaman pelanggan kepuasan pelanggan

Article Details

How to Cite
Muryani, M. S., & Arif Muanas. (2025). Loyalitas Pelanggan Spotify Premium: Peran Perceived Value, Pengalaman Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan sebagai Intervening. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 194–208. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1344

References

  1. Akkaya, M. (2021). Utility: Theories and Models. In International Series in Operations Research and Management Science (Vol. 306, pp. 3–14). Springer.
  2. Alamsyah, L., Anshori, taufiq, & Ulya Zahrotul Akmam, E. (2024). Pengaruh Service Quality, Complaint Handling dan Switcing Barriers terhadap Customer Value di Bprs Lantabur Tebuireng Kantor Cabang Kota Mojokerto. Jurnal Perbankan Syariah Dan Ekonomi Syariah, 6(2).
  3. Amri, S., Ma’ruf, J. J., Tabrani, M., & Darsono, N. (2019). The Influence of Shopping Experience and Perceived Value Toward Customer Satisfaction and their Impacts on Customer Loyalty at Minimarkets in Aceh. International Review of Management and Marketing, 9(4), 87–94. https://doi.org/10.32479/irmm.7541
  4. Broome, J. (1991). Economics and Ethics. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition, 87–92. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.63020-9
  5. Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(4). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i4.5104
  6. Chandrawati, A. A., & Vidyanata, D. (2022). Pengaruh Perceived Quality dan Perceived Value of Cost terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada Fresh.Co. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(1).
  7. Dwi Imanita, N., & Aziz, F. (2023). Pengaruh Perceived Value Terhadap Minat Menggunakan Spotify Premium Di Kota Bandung The Influence Of Perceived Value On Interest In Using Spotify Premium In Bandung City (Vol. 10, Issue 1).
  8. Febriani, A., & Tiorida, E. (2019). Pengaruh Perceived Value Spotify Premium Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Mahasiswa di Wilayah Bandung Raya).
  9. Firmansyah, D., Prihandono, D., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value terhadapLoyalitas Pelanggan dengan Kepuasan. Management Analysis Journal, 7(1). http://maj.unnes.ac.id
  10. Garcia, J. M., Freire, O. B. D. L., Santos, E. B. A., & Andrade, J. (2020). Factors affecting satisfaction and loyalty to online group buying. Revista de Gestao, 27(3), 211–228. https://doi.org/10.1108/REGE-02-2018-0037
  11. Gc, A. (2023). Utility of sacrifices: Reorientation of the utility theory Utility of Sacrifices: Reorientation of the Utility Theory.
  12. Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan & Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.
  13. Gultom, B. S., Rianto, M. R., Woestho, C., Bukhari, E., & Widjanarko, W. (2024). Pengaruh Brand Customer Experience Dan Kualitas Pelayana Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Central Fitness Harapan Indah. IJESM Indonesian Journal of Economics and Strategic Management, 6(2), 631–644.
  14. Gusti, I., Oka, N., Yogaswara, P., Agus, K., & Pramudana, S. (2022). Peran Kepuasan Pelanggan Memediasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Konsumen Warung Kopi Bhineka. E-Journal Manajemen, 11(1), 82–101. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v11.i01.p05
  15. Ha, M.-T. (2021). The impact of customer experience on customer satisfaction and customer loyalty. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(14), 1027–1038.
  16. Hendra, T. (2017). Pengaruh Nilai, Kualitas Pelayanan, Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i2.1694
  17. IDN Research Institute. (2024). Indonesia Gen Z Report 2024.
  18. Lemeshow, S., Hosmer Jr, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (1990). Adequacy of Sample Size in Health Studies. John Wiley & Sons Ltd.
  19. Lubis, M. F. I., Aslami, N., & Tambunan, K. (2023). Pengaruh Harga, Pelayanan dan Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan pada Cafe Pascho Pematangsiantar. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(2).
  20. Mardjuki, B., Pradiani, T., & Fathorrahman. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Vio Optical Clinic Harapan Indah Bekasi. Journal of Economics and Business UBS, 12(1).
  21. Mogea, G. E., & Pangemanan, S. S. (2022). The Effect of Custumer Perceived Value, Customer Trust, and Customer Satisfaction on Repurcase Intention of Service Provided by Shopee Shop. Arie 531 Jurnal EMBA, 10(2), 531–540.
  22. Pradana, F. (2018). Pengaruh Manajemen Hubungan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Pengalaman Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Pt Fac Sekuritas Indonesia Di Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 9(2). https://doi.org/10.18196/mb.9262
  23. Qiu, N., Li, H., Pan, C., Wu, J., & Guo, J. (2024). The Study on The Relationship Between Perceived Value, Satisfaction, and Tourist Loyalty at Industrial Heritage Sites. Heliyon, 10(17). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e37184
  24. Rahmawati, P. (2015). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12.
  25. Riskiawan, Y., Wibowo, E. A., & Ariyati, Y. (2017). Perceived Quality terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Bumbu Masak Kokita di Kota Batam. EQUILIBIRIA: Jurnal Fakultas Ekonomi, 4(1).
  26. Salim, K. F., & Andreani, F. (2022). Pengaruh Customer Experience dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Tx Travel Klampis. Jurusan Manajemen Perhotelan. www.txtravel.com
  27. Sambodo, R. S. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). 3(1). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1
  28. Santika, E. F. (2024, June 5). Masuk Radar Boikot, Bagaimana Penggunaan Spotify oleh Anak Muda RI? Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/media/statistik/9dbe8eeb326d5a1/masuk-radar-boikot-bagaimana-penggunaan-spotify-oleh-anak-muda-ri
  29. Schmitt, B. (1999). Experencial Marketing. In Journal of Marketing Management (Issue 15, pp. 53–67).
  30. Sheth, J. N., Newman, B. I., & Gross, B. L. (1991). Why we buy what we buy: A theory of consumption values. Journal of Business Research, 22(2), 159–170. https://doi.org/10.1016/0148-2963(91)90050-8
  31. Sudiyono, K. A., Utomo, P., & Severesia, C. (2022). Effect of Customer Experience and Customer Value Towards Customer Loyalty and Satisfaction on B2B Food and Beverage Sector. Journal of Business and Management Review, 3(9), 627–640. https://doi.org/10.47153/jbmr39.4552022
  32. Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction (4th ed.). ANDI.
  33. Vicramaditya, P. B. (2021). Pengaruh E-Service Quality, Kualitas Informasi dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan Grabbike. Journal of Business and Banking, 10(2), 325. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i2.2379
  34. Vuong, B. N., Tushar, H., Voak, A., Huan, D. D., & Dung, N. T. (2024). How Customer Experience Promotes Customer Loyalty through Passenger Satisfaction: Does Brand Reputation Matter? Transportation Research Procedia, 80, 45–52. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2024.09.007
  35. Wahyu Dewatara, G., & Monik Agustin, S. (2019). Pemasaran Musik pada Era Digitalliasasi Industri Musik salam Industri 4.0 Di Indonesia. 18(1).
  36. Wardanu, R. E. (2016). Pengaruh Customer Experience terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Mie Rampok Tahanan Surabaya). " Jurnal Ilmu Manajemen (JIM).
  37. Yuniartha, L. (2023, August 14). Pengguna Spotify di Indonesia Tumbuh 3 Kali Lipat dalam 3 Tahun. Kontan.Co.Id. https://industri.kontan.co.id/news/pengguna-spotify-di-indonesia-tumbuh-3-kali-lipat-dalam-3-tahun