Main Article Content

Abstract

Setiap tahun,jumlah pengguna internet di Indonesia terua meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi. Salah satu dampak positif dari kemajuan ini adalah hadirnya media sosial yang kini telah digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk pelaku UMKM. Media sosial memberikan peluang besar bagi UMKM untuk mempromosikan dan mengembangkan usahanya. Namun, masih banyak UMKM yang belum mampu memanfaatkannya secara optimal.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media sosial dalam meningkatkan volume penjualan produk kacang bawang pada UMKM PT. Sinar Irdan Kembar di Kabupaten Mamuju. Di tengah perkembangan teknologi digital, media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook menjadi alat penting dalam strategi pemasaran yang efisien dan menjangkau pasar secara lebih luas. Melalui pendekatan kualitatif, data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi aktivitas promosi serta interaksi digital yang dilakukan oleh pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial mampu memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan interaksi dengan konsumen secara langsung. WhatsApp terbukti efektif dalam konversi penjualan melalui komunikasi personal, sedangkan Instagram berperan besar dalam meningkatkan brand awareness melalui konten visual. Terdapat hubungan positif antara intensitas penggunaan media sosial dengan peningkatan volume penjualan. Temuan ini memperkuat bahwa media sosial merupakan sarana strategis bagi UMKM dalam mengembangkan usaha dan memperluas pasar secara berkelanjutan

Keywords

Efektivitas Media Sosial UMKM Peningkatan Volume Penjualan

Article Details

How to Cite
Wahdania , N. ., Indah , N. ., & Sari , S. S. . (2025). Analisis Efektivitas Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Kacang Bawang Pt. Sinar Irdan Kembar. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 15–28. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1345

References

  1. Arif, D. N., Putri, D. P., & Fauziah, S. Q. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA PAKUHAJI SEBAGAI WISATA EDUKASI. Journal Media Public Relations, 4(2), 71–84. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1830
  2. Darmawan, R. M., Sari, W. P., & Fatimah, A. N. (2024). EFEKTIVITAS KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @ussfeeds. Journal Media Public Relations, 4(1), 34–40. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i1.1626
  3. Evadianti, Y. (2021). BRANDING PRODUK JAFRA PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Journal Media Public Relations, 2(2). https://doi.org/10.37090/jmp.v2i2.838
  4. framuditya, framuditya. (2022). PENGARUH TEKNIK NEGOISASI PADA PLATFORM LIVE SHOPEE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Journal Media Public Relations, 2(1). https://doi.org/10.37090/jmp.v2i1.581
  5. Hanan Khalidah Putri Deba, & Pramono pramono. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Promosi Produk Usaha Untuk Peningkatan Penjualan Dalam Marketing E-Business. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.59031/jkpim.v2i2.411
  6. Lestari, & Santoso, B. (2024). Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. 2(2), 357–368.
  7. Lyna, L., & Ditiolebiet, H. (2021). PERANAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE MASKER.SOLOPUNYA. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(02), 84–89. https://doi.org/10.35899/biej.v3i02.206
  8. Malikah, N., Sabrina, & Wahyunengsih. (2022). The Role of Instagram Social Media in MSME Development Nazeeraa.id Bekasi. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(5), 901–906.
  9. Mukhsin. (2019). MANFAAT PENERAPAN MARKETING ONLINE (MENGGUNAKAN E-COMMERCE DAN MEDIA SOSIAL) BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM). TEKNOKOM, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25
  10. Ramadhani, H. N., Hartatik, Astutik, S. A., Rahmadani, S. wulan, Abdullatif, R., & Safitri, U. R. (2015). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM DI KABUPATEN LAMA BOYOLALI. 9.1(1), 43–54. http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17
  11. Setiawan, S., Khusairi, M. A., Alvin, M., & Mardhiyah, A. (2025). Analisis Kasus dan Strategi Optimalisasi Pada UMKM SYF EAU DE PARFUME : Study Kasus Untuk Meningkatkan Kinerja Usaha. 3(06), 726–730.
  12. Sinabela, E. A., & Darmawan, D. (2025). Strategi Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM melalui Media Sosial ,. 9, 54–63.
  13. Srirejeki, K. (2016). Analysis Of The Use Of Social Media To Empower Small Micro Medium Enterprise (SMEs). Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 7(1), 57–68. https://media.neliti.com/media/publications/233770-aplikasi-media-sosial-untuk-pemberdayaan-8768e77d.pdf
  14. Wulan, H. S., Agustina, F., & Harini, C. (2021). MODEL PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI DIGITAL MARKETING SEBAGAI PEMODERASI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENJUALAN UMKM KOTA SEMARANG. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 5(02). https://doi.org/10.29040/jie.v5i2.3314
  15. Yogi, I., Suhaimi, & Huri, B. (2024). RESPON GENERASI MUDA SUKU JAWA TERHADAP PEMAKNAAN PESAN SENI PERTUNJUKAN WAYANG KULIT DI DESA KALI CINTA. Journal Media Public Relations, 4(2), 31–34. https://doi.org/10.37090/jmp.v4i2.1719