Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing dan influencer terhadap keputusan pembelian produk Ficka Bags di TikTok yang di mediasi oleh kepuasan konsumen. Penelitian ini mengadopsi metodologi kuantitatif, untuk Populasi yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah masyarakat Sidoarjo yang sebelumnya telah membeli produk Tas Flicka Bags. Strategi pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengambilan sampel non-probability yang dikenal sebagai sampling purposive, dengan kriteria sampel perempuan berusia >17 tahun dan jumlah responden sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui distribusi kuesioner dan jawaban akan diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa content marketing berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada produk Flicka Bags di TikTok, influencer berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada produk Flicka Bags di TikTok, kepuasan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Flicka Bags di TikTok, content marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Flicka Bags di TikTok, influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Flicka Bags di TikTok, kepuasan konsumen memediasi content marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Flicka Bags di TikTok, dan kepuasan konsumen memediasi influencer berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada produk Flicka Bags di TikTok.

Keywords

Content Marketing Influencer Keputusan Pembelian Kepuasan Konsumen

Article Details

How to Cite
Wardana, O. P., Yani, M. ., & Indayani, L. . (2025). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Flicka Bags di TikTok yang di Mediasi oleh Kepuasan Konsumen. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 500–518. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1348

References

  1. Ahmad, S. H., Wolok, T., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Promosi Produk Skin Care Terhadap Impulse Buying melalui Media Tiktok Shop. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 784–793.
  2. Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42
  3. Bs, S., Arizal N, & Ririn Handayani. (2023). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, 5(2), 78–83. https://doi.org/10.31849/jmbt.v5i2.14231
  4. Budiono, K. (2024). The Influence of Promotion, Price, Brand Image, Product Quality, and Service Quality on Bags Purchase Decisions on Elizabeth Jember. International Conference on Economics, Business and Information Technology (Icebit), 5.
  5. Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen pada Marketplace: Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867
  6. Chandra, C. N., & Sari, W. P. (2021). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi pada Akun Instagram LazadaID). Prologia, 5(1), 191. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.10116
  7. Dana Asih, G. N. P., Satriawan, I. K., & Suhendra, L. (2023). Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Influencer dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Tender Care Protecting Balm. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 11(3), 403. https://doi.org/10.24843/JRMA.2023.v11.i03.p08
  8. Dani, N. R., Yusnaidi, & Chairiyaton. (2024). Pengaruh Content marketing di TikTok terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Gen Z: Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Ekodestinasi, 2(1), 67–75. https://doi.org/10.59996/ekodestinasi.v2i1.563
  9. Fajarini, A., & Meria, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Klinik Kecantikan Beauty Inc). JCA of Economics and Business, 1(2).
  10. Fathurrahman, M. M., Triwardhani, D., & Argo, J. G. (2021). Pengaruh Influencer Marketing dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet By Najla. Prosiding Senapenmas, 1209–1218. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15157
  11. Fauziah, N., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). Pengaruh Konten Digital Marketing dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli di Tiktok Shop pada Mahasiswa Program Studi di Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 7(1), 831–839.
  12. Fitriani, R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Konsumen di Kecamatan Medan Tembung). Doctoral dissertation, Universitas Medan Area.
  13. Hagger, M. S., Cheung, M. W.-L., Ajzen, I., & Hamilton, K. (2022). Perceived behavioral control moderating effects in the theory of planned behavior: A meta-analysis. Health Psychology, 41(2), 155–167. https://doi.org/10.1037/hea0001153
  14. Hair, Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (Third edition, Vol. 38). SAGE Publications.
  15. Herviani, V., Hadi, P., & Nobelson. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, E-Wom, dan Social Media Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy. Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 1.
  16. Hidajat, K., & Fahlevi, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Dimediasi Kepuasan Konsumen Generasi Milenial Masa Pandemic Covid-19. Journal for Business and Entrepreneurship, 4(2).
  17. Irawanti, G. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening pada Produk Kecantikan. Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 9(2), 182–192.
  18. Khaira Septia Annisa, Yulasmi Yulasmi, & Mardhatila Fitri Sopali. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Endorsment terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Shopee: (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen UPI YPTK Padang Angkatan 2020). Jurnal Riset Manajemen, 2(1), 399–417. https://doi.org/10.54066/jurma.v2i1.1673
  19. Lemeshow, S., & Levy, P. S. (2008). Sampling of Populations: Methods and Applications. Wiley.
  20. Lionarto, L., Tecoalu, M., & Wahyoedi, S. (2022). Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil yang di mediasi Kepuasan Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 527–545. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i1.3709
  21. Listiani, A. E., & Arifin, S. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Content Marketing dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia (Studi Empiris pada Generasi Z di Kecamatan Bangsri). Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 126–137.
  22. Madina, A. L., & Wulansari, D. (2024). Pengaruh Influencer dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z pada Marketplace di Surabaya. Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonomi, 1(3), 571–581.
  23. Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480
  24. Nadhifah, N. (2021). Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada PT. Citra kreasi Makmur Kediri. Soetomo Business Review, 2(4), 267–278.
  25. Nawastuti, N. & Irmawati. (2023). Pengaruh Influencer dan E-WOM terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada Pelanggan TikTok Shop. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 1415–1421. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i4.735
  26. Naziih, S. M., Sangka, K. B., & Octoria, D. (2021). Pengaruh Influencer Review pada Media Sosial Tiktok Terhadap Minat Beli Produk Fashion Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS Angkatan 2018-2020. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 7(2), 47–54.
  27. Pasaribu, A. F., Fadhila Rahma, T. I., & Dharma, B. (2023). Pengaruh Content Marketing , Viral Marketing dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare pada Mahasiswa. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis dab Manajemen), 10(2), 81–93. https://doi.org/10.36987/ecobi.v10i2.4432
  28. Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi pada Kuesioner Online. Jurnal Sains dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
  29. Pratiwi, C. S., & Sidi, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Body Whitening. Relasi: Jurnal Ekonomi, 18(1), 192–204. https://doi.org/10.31967/relasi.v18i1.531
  30. Purnomo, N., Damayanti, E., Rohmawati, D. P., & Lidiawati, B. M. (2023). Analisis Influencer Marketing, Viral Marketing dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pro Bisnis, 16(2).
  31. Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
  32. Putri Cahya, A. P., & Suyono, S. (2024). Pengaruh Konten Marketing dan Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 3(4). https://doi.org/10.21107/jkim.v3i4.21739
  33. Rahman, T., & Ibrahim, M. M. (2019). Pengaruh Content Marketing terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening: Studi pada Konsumen Caffe Go-Kopi di Kota Malang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
  34. Safitri, H., Suharyani, S. C., Harisyah, P. N., Dita, S. D. R., & Kusumawati, D. (2022). Analisis Pengaruh Digital Marketing Tiktok pada Trend Home Decor Terhadap Konsumen dalam Melakukan Pembelian Produk Ikea. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian (SNHRP), 4, 319–325.
  35. Saputra, G. G., & Fadhilah. (2021). Pengaruh Content Marketing dan E-WOM pada Media Sosial TikTok terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z. INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen, 17(3), 505–512.
  36. Sari, D. K. (2023). The Influence of Brand Trust, Brand Awareness and Social Media Marketing on Purchasing Decisions at Flicka Bags Sidoarjo (Study on Flicka Bags Customers in Sidoarjo). UMSIDA Preprints Server. https://doi.org/10.21070/ups.995
  37. Satiawan, A. A., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen di Tiktok. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 09(01).
  38. Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (Seventh). Wiley.
  39. Thei, J. S., Kurniasandy, A. R., Lay, R. A., & Lopes Amaral, M. A. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Website Design terhadap Keputusan Pembelian pada Zalora. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 262–270. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13586