Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi di era globalisasi menjadikan digital marketing sebagai strategi utama dalam meningkatkan daya saing UMKM karena mampu menjangkau konsumen secara luas menggunakan internet. Pelaku usaha perlu berinovasi agar dapat mempertahankan loyalitas pelanggan, yang menjadi aset penting karena mendorong pembelian berulang dan promosi kepada pelanggan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, customer relationship management (CRM), dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di pasar BTC Surakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, dengan CRM menunjukkan pengaruh yang paling dominan. Temuan ini memperkuat pentingnya teori tentang hubungan jangka panjang dan pelayanan yang konsisten dalam membangun keterikatan konsumen. Hasil ini dapat mendorong pelaku usaha untuk mengintegrasikan strategi digital marketing dengan pengelolaan hubungan pelanggan dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang berkesan dan mendorong pembelian berulang.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Afifah, A. N., & Rachman, A. N. (2022). STUDI PENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM DI BTC SURAKARTA. 20(1), 105–123.
- Aghazadeh, H., & Khoshnevis, M. (2024). Digital Marketing Implementation and Practice. In Digital Marketing Technologies. https://doi.org/10.1007/978-981-97-0607-5_3
- Choirulloh, A., Waruwu, A. M., Prastowo, B., Telaumbanua, P., & Yulianto. (2025). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Xl Axiata Sampang. Makro: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 225–238. https://doi.org/10.36467/makro.2018.03.02.07
- Cornellya, V. W., Hudzafidah, K., Aprillia, T., Haidaputri, N., Ekonomi, F., Marga, U. P., Management, C. R., Relationship, C., Management, C. R., & Management, C. R. (2023). J u m a d. Journal Management,Accounting,and Digital Business, 1(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jumad.v1i1.1315
- Daud, S., & Aprilia, F. E. (2025). YUME : Journal of Management Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk ( Studi Kasus Pada Toko Batik Moderen Shanza C2M ). 8(1), 95–103.
- Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59(July 2020), 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
- Fadhilah, S. (2024). Implementasi Digital Marketing Melalui Social Media Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pelaku Usaha Pemula. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2105–2124. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3947
- Febrianti, F., & Beni, S. (2023). Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Bengkayang. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 11(02), 189–210. https://doi.org/10.35450/jip.v11i02.384
- Firmansyah, A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 1–337.
- Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) using R. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_5
- Haniifaa, H., Rahman, A., & Nurhadi, N. (2022). Strategi Bertahan Reseller Beteng Trade Center Surakarta di Masa Pandemi COVID-19. Ijd-Demos, 4(4). https://doi.org/10.37950/ijd.v4i4.340
- Iqbal, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(2), 83–93. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i2.609
- Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0 Technology For Humanity. In Sustainability (Switzerland). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
- Lermating, K. F., Wardhana, M. G., & Butarbutar, Y. L. (2023). Manajemen Pemasaran Strategi Pemasaran Agribisnis. https://doi.org/2013206534
- Ma’rufah, A. (2023). Strategi Service Quality Sebagai Media dalam Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 813–822. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.355
- Mukhopadhyay, S., Singh, R. K., & Jain, T. (2024). Developing big data enabled Marketing 4.0 framework. International Journal of Information Management Data Insights, 4(1), 100214. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2024.100214
- Mulahela, A., & Hardini, R. (2023). the Effect of Trust, Digital Marketing and Service Quality To Customer Loyality Through Customer Satisfaction Perfume Product in Aliyanjaa Online Shop At Dki Jakarta. Management Analysis Journal, 12(1), 51–59. http://maj.unnes.ac.id
- Nanda, A., & Yozani, R. E. (2023). Pengaruh Tiktok Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian Produk ( Studi Pengguna Erigo Live Shopping di Akun Media Sosial TikTok @ erigo . store ) Email : alfahri.nanda2221@student.unri.ac.id Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Ri. Jurnal Aplikasi Bisnis, 21(02), 1–13. https://jab.ejournal.unri.ac.id/index.php/JAB/article/view/7787
- Prasyanti, P. A., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Equilibirium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 16–23.
- Rangaswamy, A., Moch, N., Felten, C., van Bruggen, G., Wieringa, J. E., & Wirtz, J. (2020). The Role of Marketing in Digital Business Platforms. Journal of Interactive Marketing, 51, 72–90. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2020.04.006
- Reni Widiastuti. (2024). Dampak Loyalitas Pelanggan Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Layanan, Dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, Dan Pajak, 1(1), 31–52. https://doi.org/10.61132/jbep.v1i1.38
- Ronal Aprianto, SE, M. S. (2016). PENGARUH PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO BNJ ELEKTRONIK KOTA LUBUKLINGGAU. Buletin Bisnis Dan Manejemen, 02(01), 41–64.
- Rosario, F. Do, Mesquita, & Jaya, R. C. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya TerhadaDAP LOYALITAS TAIS MARKET DILI. 12.
- Rudy. (2019). perancang e marketing bagi pemasaran produk kecantikan. Sustainability (Switzerland), 9(1), 1–9. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
- Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Tjyybjb.Ac.Cn, 25(2), 635–637.
- Sidi, A. P. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Kedai Hj.S Jl. Kesumba Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 1–8.
- Simamora, V., Albab, M. U., Putra, R. J., & Diansyah. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Daya Saing Pelaku Umkm. Journal For Business And Entrepreneurship ISSN, 4(2), 1–14.
- Sulistiyo, T. D., Nurbaeti, N., Mariati, S., Mumin, A. T., & Muhardiansyah, D. (2024). Pengaruh Lokasi Strategis dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada RedDoorz near CBD Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1420
- Tooy, G. B., Tamengkel, L. F., & Asaloei, S. I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Saga Supermarket Kota Sorong. Productivity, 4(5), 532–541.
References
Afifah, A. N., & Rachman, A. N. (2022). STUDI PENGARUH KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM DI BTC SURAKARTA. 20(1), 105–123.
Aghazadeh, H., & Khoshnevis, M. (2024). Digital Marketing Implementation and Practice. In Digital Marketing Technologies. https://doi.org/10.1007/978-981-97-0607-5_3
Choirulloh, A., Waruwu, A. M., Prastowo, B., Telaumbanua, P., & Yulianto. (2025). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Xl Axiata Sampang. Makro: Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 225–238. https://doi.org/10.36467/makro.2018.03.02.07
Cornellya, V. W., Hudzafidah, K., Aprillia, T., Haidaputri, N., Ekonomi, F., Marga, U. P., Management, C. R., Relationship, C., Management, C. R., & Management, C. R. (2023). J u m a d. Journal Management,Accounting,and Digital Business, 1(1), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jumad.v1i1.1315
Daud, S., & Aprilia, F. E. (2025). YUME : Journal of Management Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk ( Studi Kasus Pada Toko Batik Moderen Shanza C2M ). 8(1), 95–103.
Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59(July 2020), 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168
Fadhilah, S. (2024). Implementasi Digital Marketing Melalui Social Media Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pelaku Usaha Pemula. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 2105–2124. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3947
Febrianti, F., & Beni, S. (2023). Strategi Mempertahankan Loyalitas Pelanggan Pada Usaha Kuliner Di Kecamatan Bengkayang. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 11(02), 189–210. https://doi.org/10.35450/jip.v11i02.384
Firmansyah, A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 1–337.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). partial least square structural equation modeling (PLS-SEM) using R. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_5
Haniifaa, H., Rahman, A., & Nurhadi, N. (2022). Strategi Bertahan Reseller Beteng Trade Center Surakarta di Masa Pandemi COVID-19. Ijd-Demos, 4(4). https://doi.org/10.37950/ijd.v4i4.340
Iqbal, M. (2021). Efektifitas Digital Marketing Terhadap Kualitas Layanan pada Usaha di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Aceh). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 7(2), 83–93. https://doi.org/10.35870/jemsi.v7i2.609
Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0 Technology For Humanity. In Sustainability (Switzerland). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Lermating, K. F., Wardhana, M. G., & Butarbutar, Y. L. (2023). Manajemen Pemasaran Strategi Pemasaran Agribisnis. https://doi.org/2013206534
Ma’rufah, A. (2023). Strategi Service Quality Sebagai Media dalam Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Jasa Pendidikan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 813–822. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.355
Mukhopadhyay, S., Singh, R. K., & Jain, T. (2024). Developing big data enabled Marketing 4.0 framework. International Journal of Information Management Data Insights, 4(1), 100214. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2024.100214
Mulahela, A., & Hardini, R. (2023). the Effect of Trust, Digital Marketing and Service Quality To Customer Loyality Through Customer Satisfaction Perfume Product in Aliyanjaa Online Shop At Dki Jakarta. Management Analysis Journal, 12(1), 51–59. http://maj.unnes.ac.id
Nanda, A., & Yozani, R. E. (2023). Pengaruh Tiktok Live Streaming terhadap Keputusan Pembelian Produk ( Studi Pengguna Erigo Live Shopping di Akun Media Sosial TikTok @ erigo . store ) Email : alfahri.nanda2221@student.unri.ac.id Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Ri. Jurnal Aplikasi Bisnis, 21(02), 1–13. https://jab.ejournal.unri.ac.id/index.php/JAB/article/view/7787
Prasyanti, P. A., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Equilibirium: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1), 16–23.
Rangaswamy, A., Moch, N., Felten, C., van Bruggen, G., Wieringa, J. E., & Wirtz, J. (2020). The Role of Marketing in Digital Business Platforms. Journal of Interactive Marketing, 51, 72–90. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2020.04.006
Reni Widiastuti. (2024). Dampak Loyalitas Pelanggan Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Layanan, Dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, Dan Pajak, 1(1), 31–52. https://doi.org/10.61132/jbep.v1i1.38
Ronal Aprianto, SE, M. S. (2016). PENGARUH PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO BNJ ELEKTRONIK KOTA LUBUKLINGGAU. Buletin Bisnis Dan Manejemen, 02(01), 41–64.
Rosario, F. Do, Mesquita, & Jaya, R. C. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya TerhadaDAP LOYALITAS TAIS MARKET DILI. 12.
Rudy. (2019). perancang e marketing bagi pemasaran produk kecantikan. Sustainability (Switzerland), 9(1), 1–9. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Tjyybjb.Ac.Cn, 25(2), 635–637.
Sidi, A. P. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Kedai Hj.S Jl. Kesumba Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 1–8.
Simamora, V., Albab, M. U., Putra, R. J., & Diansyah. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Daya Saing Pelaku Umkm. Journal For Business And Entrepreneurship ISSN, 4(2), 1–14.
Sulistiyo, T. D., Nurbaeti, N., Mariati, S., Mumin, A. T., & Muhardiansyah, D. (2024). Pengaruh Lokasi Strategis dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada RedDoorz near CBD Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Jurnal Bisnis Hospitaliti, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.52352/jbh.v13i1.1420
Tooy, G. B., Tamengkel, L. F., & Asaloei, S. I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Saga Supermarket Kota Sorong. Productivity, 4(5), 532–541.