Main Article Content

Abstract

Brand Image, Product Quality, dan Product Innovation merupakan faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Dalam praktiknya, masih banyak perusahaan yang belum menyadari betapa pentingnya ketiga faktor tersebut dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan untuk membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image, product quality dan Product Innovation terhadap keputusan pembelian. Peneliti memilih Produk Indomie sebagai objek dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik non-probability dengan menggunakan purposive sampling untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji F, uji T. Penelitian ini menunjukkan bahwa brand image dan product quality memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. sedangkan product innovation tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Indomie. Sementara itu, Brand Image, Product Quality, dan Product Innovation secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Produk Indomie.

Keywords

citra merek kualitas inovasi produk keputusan pembelian

Article Details

How to Cite
Hidayatullah , M. S. ., supardi, supardi, & Febriansah, R. E. . (2025). Analisis Dampak Citra Merek, Kualitas dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 956–970. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1355

References

  1. Achmadi, M. R., Supardi, S., Sriyono, S., & Setiyono, W. P. (2022). Analisis Kualitas, Desain, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Produk NIKE Melalui Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening Di Kabupaten Sidoarjo. Acman: Accounting and Management Journal, 2(2), 147-157.
  2. Al Adawiyah, R., & Rahardjo, B. (2022). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI TERHADAP MIRAI'E CAFE&RESTO). MANAGER : Jurnal lmu Manajemen, 5(3), 270-275.
  3. Aldyawan, A., & Soedjoko, D. K. (2021). Analisis Hubungan Kualitas Produk, Harga, Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Depot Tommy Kediri. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri, 6(1), 793.
  4. Alnando, T., & Hutapea, Y. J. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Desa Pabuaran). Jurnal Ekonomis, 14(3d), 77.
  5. Ambiapuri, E., Setiadi, H., & Parwitasari, N. A. (2023). Inovasi Produk dan Digital Marketing dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Teras Soreang Kabupaten Bandung. Ekonomis: Journal of Economics and Business , 7(1), 544.
  6. Arhofa, G., & Andarini, S. (2024). Arhofa, Gayoe Angger, and Sonja Andarini. "Pengaruh influencer marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk erigo apparel. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 11-21.
  7. Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.
  8. Clarita, N., & Khalid, J. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CFC GRANDE KARAWACI. AKSIOMA: Jurnal Manajemen, 2(1), 49.
  9. Claudya, S., & Komariah, N. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Air Ro Di Ker-Ro Bekasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen (JIAM), 17(2), 115-124.
  10. Febriantika, T. N., Febriansah, R. E., & Yani, M. (2025). Analisis Brand Image, Content Marketing and Shopping Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shoppe. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 9(1), 100-122.
  11. Fikriyah, Z. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN FOOD QUALITY TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA PRODUK MIE INSTAN INDOMIE (STUDY KASUS PADA KONSUMSI MIE INSTAN MEREK INDOMIE DI KABUPATEN JOMBANG). Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara Jombang, -(-), 1.
  12. Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
  13. Fuadah, A. T., & Akbar, R. R. (2025). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek Club di Kota Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi) , 11(1), 417-428.
  14. Hamdayani, R., Amalia, R., & Puspasari, A. (2024). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minuman Dalam Kemasan (AMDK) AQUA. Jurnal Simki Economic, 7(2), 517-527.
  15. Harwani, Y., & Fauziyah. (2020). Keputusan Pembelian Konsumen Gerai Makanan Cepat Saji Ditinjau dari Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Iklan (Consumer Purchasing Decisions on Fast Food Booth Based on Product Quality, Price Perception and Advertising). JURNAL BECOSS(Bussiness Economic, Communication, and Social Sciences), 2(3), 6.
  16. Hibah, A. N., Febriansah, R. E., & Yani, M. (2025). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Awareness dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Gofood. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(2), 1540-1560.
  17. Hidayah, S. N., & Nugroho, R. H. (2023). Pengaruh citra merek, harga, kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 7(1), 79-98.
  18. Iman, F. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Smartphone OPPO di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Jurnal Riset Manajemen, 2(3), 455-469.
  19. Khairunnisa, S., Muhlisin, S., & Yono. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Religiusitas dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Olahan Halal di Kota Bogor. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(8), 18.
  20. Kurniawan, A., Bai'ul Hak, M., Hidayat, A. A., Dzul Fadlli, M., & Wafik, A. Z. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dan Minuman Di NTB Mall. MUSLIMPRENEUR: Jurnal Ekonomi Dan Kajian Keislaman, 3(1), 79.
  21. Mulyana, L. I. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening terhadap Loyalitas Pelanggan pada Produk Indomie (Studi pada Mahasiswa PTN di Surabaya). UPN Veteran Jawa Timur, -(-), 1.
  22. Munzir, T., Tanjung, R., Ismanto, W., Arifin, A., & Manan, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Dimensi, 10(1), 178-193.
  23. Napitu, R., Sinaga, M., Munthe, R., & Purba, J. W. (2024). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Skincare Emina Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun . Manajemen: Jurnal Ekonomi, 6(1), 78-94.
  24. Noviyana, S., Anggraini, R., Kencanawati, M. S., & Gayatri, L. A. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH. EQIEN: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 906-912.
  25. Permatasari, D. C., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Telkomsel. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 296-312.
  26. Quintania, M., & Wulandari, D. (2024). Uji Komparasi Efektivitas Merek pada Produk Mie Instan: Studi Kasus: Pop Mie dengan Mie Sedaap. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 18(1), 100-116.
  27. Rahmadani, D., Febriansah, R. E., & Yulianto, R. M. (2025). PENGARUH CONTENT MARKETING, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SHOPEE (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO). Jurnal Darma Agung, 32(3), 77-91.
  28. Rifai, M., Supardi, S., & Febriansah, R. E. (2024). Strategi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Indah Bordir Sidoarjo. Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi, 17(1), 308-317.
  29. Septiarani, V. K., & Laily, N. (2023). PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN E-WO, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK EMINA (STUDI PADA SISWI SMA HANG TUAH 2 SIDOARJO). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 12(12), -.
  30. Setiawan, A. W., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. (2024). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek di Mixue Yogyakarta. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 1172.
  31. Subagyo, W. H., & Febriana, R. C. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Di Kelurahan Pabuaran Bogor. Economicus, 14(1), 78-79.
  32. Supu, L. P., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Desa Pabuaran). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 919-928.
  33. Tabelessy, W. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Ambon. Jurnal Soso-Q, 8(1), 96-112.