Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Generasi Z di Wilayah DKI Jakarta menggunakan green marketing (green product dan green brand) untuk mempengaruhi keputusan mereka dalam membeli air mineral dalam kemasan. Penelitian ini menggunakan teknik survei dengan pendekatan kuantitatif. Purposive sampling digunakan untuk memilih 106 responden yang datanya dikumpulkan. Kuesioner digunakan sebagai alat penelitian, dan SPSS digunakan untuk menganalisis data dengan menggunakan analisis jalur. Menurut temuan penelitian, (1) Green Product berpengaruh signifikan terhadap kesadaran Lingkungan, (2) Green Brand berpengaruh signifikan terhadap kesadaran lingkungan, (3) Green Product berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (4) Green Brand berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (5) Kesadaran Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (6) Green product berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kesadaran lingkungan sebagai variabel intervening, (7) Green Brand berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui kesadaran lingkungan sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil ini, salah satu elemen terpenting yang menghubungkan pola pembelian konsumen dengan manfaat keberlanjutan dalam pemasaran adalah kesadaran lingkungan. Metodologi penelitian ini memberikan tambahan yang signifikan terhadap pemahaman mengapa konsumen memilih barang ramah lingkungan. Hasil ini menunjukkan betapa pentingnya faktor lingkungan ketika konsumen membuat penilaian tentang apa yang harus dibeli. Oleh karena itu, disarankan agar perusahaan meningkatkan kualitas produk ramah lingkungan dan membangun identitas perusahaan yang ramah lingkungan.

Keywords

Green Product Green Brand Kesadaran Lingkungan Keputusan Pembelian Green Marketing Perilaku Konsumen Air Mineral Kemasan

Article Details

How to Cite
Aszahra, H. P. N., & Shandy Puspita. (2025). Meningkatkan Keputusan Pembelian Air Mineral Kemasan Melalui Green Marketing (Green Product dan Green Brand) Dengan Kesadaran Lingkungan Sebagai Variabel Intervening Di Kalangan Generasi Z Wilayah DKI Jakarta. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 542–559. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1360

References

  1. Ariescy, R. R., Yudha Amriel, E. E., & Anindita , R. (2019). PENGARUH IKLAN HIJAUDAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINERAL MEREK ADES DI KABUPATEN JEMBER. Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis), 4 (2), 142-149. doi:mebis.upnjatim.ac.id
  2. Ashari, F., Qomariah, N., & Reskiputri, T. D. (2018). ANALISIS KESADARAN LINGKUNGAN, HARGA DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK ADES DI JEMBER. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 1-11.
  3. Asia Sanjaya, Y. C., & Wisnubrata. (2022). Air Minum Kemasan Daur Ulang Harganya Mahal, Kok Bisa? Diambil kembali dari Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2022/07/21/062041820/air-minum-kemasan-daur-ulang-harganya-mahal-kok-bisa?page=all
  4. Dianti, N. R., & Paramita, E. L. (2021). Green Product dan Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 2 (1), 130-142. doi:https://doi.org/10.33059/jseb.v12i1.2301
  5. Genoveva, & Rahdino, A. (2020, Januari). Green Purchase Decision on Mineral Waters' Environmental Packaging: Millennials Perspectives. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA, 18 (1), 15-31. Diambil kembali dari http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jmbs
  6. Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019, Juni). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD), 2 (1), 37-44. Diambil kembali dari ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD
  7. Hartini. (2021, Oktober). KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AQUA GREEN MARKETING DI SUMBAWA BESAR DILIHAT DARI GREEN PRODUCT DAN GREEN BRAND. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3 (2). doi:10.31599/jmu.v3i2.983
  8. Hikmatunnisa, Purwant, R. S., & Setiawan, I. (2020). PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Pembeli Yang Menghuni Perumahan Garden City Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2 (3), 131-140. Diambil kembali dari https://jurnal.unigal.ac.id/bmej/article/view/3948
  9. Irfanita, M. Y., Listiana, E., & Juniwati. (2021, Juli). Pengaruh Kesadaran Lingkungan, Pengetahuan Produk HijauDanKualitas Produk Terhadap Kepercayaan Serta DampaknyaPadaKeputusan Pembelian (Studi Pada Konsummen Produk TupperwareDi Pontianak). Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 165-176. Diambil kembali dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmdb/article/view/49216
  10. Kusumah, F. M., & Permana, D. (2023). Analysis of Green Product and Green Advertising on Purchase Decision of Aqua Products Mediated by Green Trust. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 18(2456–2165). Diambil kembali dari www.ijisrt.com
  11. Laheri, V. K., Lim, W. M., & Arya, P. K. (2024). A multidimensional lens of environmental consciousness: towards an environmentally conscious theory of planned behavior. Journal of Consumer Marketing, 41. doi: https://doi.org/10.1108/JCM-03-2023-5875
  12. Lu Xu, Prybutok, V., & Blakson, C. (2019). An environmental awareness purchasing intention model. Industrial Management and Data Systems. Industrial Management & Data Systems, 119 (2), 367–381. doi: https://doi.org/10.1108/IMDS-12-2017-0591
  13. Lubis, R. A., & Khairani, N. (2019, Desember). ANALISIS JALUR MODEL TRIMMING UNTUK MENGETAHUI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DALAM PEMBELIAN OLI YAMALUBE. E-Jurnal UNIMED, 5 (3). Diambil kembali dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jmk/article/download/23385/15260
  14. Mobarok, R. (2024). PENGARUH GREEN MARKETING DAN KESADARAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK AQUA DI SUKABUMI. Jurnal Multidisiplin, 2 (3), 499–509. Diambil kembali dari https://e-journal.naureendigition.com/index.php/mj
  15. murdayani, Nurbaiti , B., & Soehardi. (2021). The Effect of the Marketing Mix of MSME Products on Sales The Effect of the Marketing Mix of MSME Products on Sales Volume During the Covid-19 Pandemic. Journal of Strategic and Global Studies, 4 (2), 27-40.
  16. Nur Shidiq, A. M., & Widodo, A. (2018, Agustus). Green Product Purchase Intention: Impact of Knowledge and Green Attitude. JURNAL SEKRETARIS & ADMINISTRASI BISNIS. doi:10.31104/jsab.v2i2.68
  17. Nursanti, F. (2024). Pengaruh Green Product, Green Brand dan Green Organization terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Kasus pada IKEA Tangerang. Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, 3 (4), 391-410. Diambil kembali dari https://wnj.westscience-press.com/index.php/jbmws
  18. Pei-Hsuan Tsai, Guan-Yi Lin, Yu-Lin Zheng, Yi-Chong Chen, Pao-Zhen Chen, & Zheng-Cheng Su. (2020, September). Exploring the effect of Starbucks' green marketing on consumers' purchase decisions from consumers’ perspective. Journal of Retailing and Consumer Services, 56. doi:https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102162
  19. Ramadani, M. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO HANDPHONE. IQTISHA Dequity Jurnal MANAJEMEN, 1 (2), 36–46. doi:https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540
  20. Ridwan, M., Fauzi, A., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Air Minum Dalam Kemasan Merek ADES). Jurnal Manajemen Bisnis, 55 (1). Diambil kembali dari https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2243
  21. Rusniati , & Rahmawati, R. (2019 , Mei). GREEN PRODUCT : PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, PENGETAHUAN PEMBELIAN DAN PENGETAHUAN PEMAKAIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal INTEKNA: Jurnal Informasi Teknik dan Niaga, 19 (1), 1-6. Diambil kembali dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/727/631
  22. Salam, A., & Sukiman. (2021, Desember). Pengaruh Green Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Merek Aqua. Jurnal Ilmu Manajemen, 11, 69-80. Diambil kembali dari https://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen/article/view/3427
  23. Sarasuni, F., & Harti. (2021). Pengaruh kesadaran lingkungan dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian. JURNAL MANAJEMEN, 13 (2), 224-231. Diambil kembali dari journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
  24. Soehardi. (2021). Model Peningkatan Volume Penjualan Melalui Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Kopi Golda. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 4 (2), 353-360. https://www.researchgate.net/publication/353794774_Model_Peningkatan_Volume_Penjualan_Melalui_Kualitas_Produk_Kualitas_Pelayanan_dan_Loyalitas_Kopi_Golda
  25. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
  26. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.
  27. Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ed. 2. Bandung: Alfabeta.
  28. Suryono, I. A., Alfan, A., & Sudaryatie. (2023). The Influence of Green Product, Green Marketing, and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Bottled Water. Journal of Economics and Business UBS, 12(3). doi:https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.223
  29. Widodo. (2020). Pengaruh Green Product Dan Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Merk Sharp Di Electronic City Cipinang Indah Mall Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah M-Progress, 10 (1), 23–34.
  30. Willyana, M., Wijaya, E., Junaedi, A. T., & David. (2023, Maret). IMPACT OF GREEN MARKETING AND ENVIRONMENTAL AWARENESS ON PURCHASE DECISION OF AQUA MINERAL WATER. LUCRUM: Jurnal Bisnis Terapan, 3 (1), 45-54. Diambil kembali dari http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/index