Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji, melalui variabel mediasi kepercayaan konsumen, bagaimana brand image KFC, electronic word of mouth, dan celebrity endorsement memengaruhi keputusan pembelian konsumen KFC di Jakarta Utara. Metodologi kuantitatif berdasarkan pendekatan survei digunakan dalam penelitian ini. Data primer dikumpulkan dari 150 peserta di wilayah Jakarta Utara yang telah membeli KFC melalui kuesioner. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan SPSS dan uji Sobel, dan kami menggunakan rumus lemeshow untuk pengambilan sampel. Sementara menurut penelitian, celebrity endorsement dan electronic word of mouth tidak mempengaruhi kepercayaan konsumen secara signifikan, brand image mempengaruhinya. Selain itu, kepercayaan masyarakat terhadap suatu merek, citra yang diproyeksikannya kepada publik, pengaruh celebrity endorsement, dan penyebaran electronic word of mouth semuanya berperan dalam membentuk pembelian akhir konsumen. Mediasi hubungan antara brand image dan kepercayaan konsumen dalam membuat keputusan pembelian mengungkapkan bahwa tidak ada faktor lain, termasuk celebrity endorsement, electronic word of mouth, atau promosi merek, yang secara signifikan mempengaruhi kepercayaan dalam membuat keputusan pembelian. Implikasi dari temuan ini menunjukkan pentingnya membangun brand image yang kuat untuk menumbuhkan kepercayaan konsumen sehingga berdampak kuat pada keputusan pembelian. Dalam konteks bisnis makanan cepat saji seperti KFC, perusahaan disarankan untuk lebih memfokuskan strategi komunikasi pemasaran pada penguatan brand image yang konsisten dan kredibel di mata konsumen. penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan wilayah dan menambahkan variabel lain seperti loyalitas konsumen, persepsi kualitas produk, atau pengalaman pelanggan yang berpotensi memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai dinamika pilihan pembelian dalam industri makanan cepat saji ditengah perubahan digital dan sosial saat ini
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Akbar, R. F., & Arianti, M. (2021). Dampak Brand Image, Celebrity Endorsement, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow For Men Di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 20 (3).
- Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific (Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5 (3).
- Ardyan, E., Gunarso, S., Apriyanto, & Ibrahim, H. (2025). Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
- Azhari, S. A., Warneri, W., & Okianna, O. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Shopee. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i6.47273
- Baharuddin, Said, H. A., Sari, I., Syam, F. O., Anugerah, T., & Fatimah, P. I. (2022, Januari). Pengaruh Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa STIEM Bongaya. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 5 (1).
- Dihni, V. A. (2022, Juli). Restoran Cepat Saji Paling Populer Di Indonesia 2022. Diambil kembalidariDataboks:https://databoks.katadata.co.id/produkkonsumen/statistik/d593fa64e1bf876/restoran-cepat-saji-paling-populer-di indonesia-pada-2022-siapa-teratas
- Fajri, D. S. (2024, November). Pendapatan Dan Kerugian KFC 5 Tahun Terakhir. Diambil kembali dari GoodStats: https://goodstats.id/article/kfc-47-gerai-tutup-2000-lebih-karyawan-di-phk-chdNZ
- Firmansyah, M. R., Lestari, B., & Patma, T. S. (2024). Pengaruh Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Produk PT Petrokomia Gresik. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10 (2). https://doi.org/10.33795/jab.v10i2.3607
- Hanum, F., & Rahmani, N. A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi.
- Jayanti, R. D., & Hidayati, N. (2022). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Dengan Switching Cost Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, 8 (1).
- Mulianingsih, S., Hutajulu, D., & Dzakira, R. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement, Minat Beli Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2 (6).
- Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, et al. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
- Nugroho, D. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli Fashion Brand Lokal Giyomi Pada Generasi Y Dan Z. Jurnal Ilmu Manajemen. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1468-1477
- Octavia, D. R., Nasution, M. I., & Nurbaiti. (2023). Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan.Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7 (2). https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5155
- Octavini, N. A., Suharto, & Dharmawan. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Pengetahuan Produk Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online Di Sociolla Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro Lampung. Journal of Economic Management, 1 (1).
- Putri, W., & Harti, H. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Produk Scarlet. Jurnal Dimensi, 11 (2).
- Ramadhan, A., Naswandi, C. N., & Herman, C. M. (2020). Fenomena Endorsement Di Instagram Story Pada Kalangan Selebgram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9 (2).
- Religia, Y., Sriyanto, A., Hidayat, R. S., & Setyarko, Y. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Daypack Eiger Di Kota Bekasi. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 11 (1).
- Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). Peran Celebrity Endorser, Citra Merek, Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Kasus Pada Produk Scarlett). Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 21 (1).
- Smith, P., & Zook, Z. (2022). Marketing Communications Integrating offline and online with social media. Kogan Page.
- Suyono, S, Y. A., Lydia, Andi, & Fransisca, L. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement, Sosial Media Marketing, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Somethic (Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut Bisnis Dan Teknologi Pelita Indonesia Pekanbaru). Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 9 (2).
- Tanjung, R., & Keni, K. (2023, April). Pengaruh Celebrity Endorser dan E-WOM terhadap Purchase Intention Produk Skincare Di Jakarta Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Journal Management, Business, and Accounting.
- Tu, Y. P., & Chi, M. (2024). E-Business New Challenges And Opportunities For Digital Enableb Intelligent Future. Springer.
- Yusa, V. D., & Hastono, A. L. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Air Minum (AMDK) Rivero Di Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah FE-UMM, 12 (1).
References
Akbar, R. F., & Arianti, M. (2021). Dampak Brand Image, Celebrity Endorsement, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow For Men Di Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, 20 (3).
Apriliani, H. N., & Setyawati, H. A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Moisturizer Skintific (Studi pada Masyarakat Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5 (3).
Ardyan, E., Gunarso, S., Apriyanto, & Ibrahim, H. (2025). Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Azhari, S. A., Warneri, W., & Okianna, O. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Shopee. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. https://doi.org/10.26418/jppk.v10i6.47273
Baharuddin, Said, H. A., Sari, I., Syam, F. O., Anugerah, T., & Fatimah, P. I. (2022, Januari). Pengaruh Persepsi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Di Marketplace Shopee Pada Mahasiswa STIEM Bongaya. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 5 (1).
Dihni, V. A. (2022, Juli). Restoran Cepat Saji Paling Populer Di Indonesia 2022. Diambil kembalidariDataboks:https://databoks.katadata.co.id/produkkonsumen/statistik/d593fa64e1bf876/restoran-cepat-saji-paling-populer-di indonesia-pada-2022-siapa-teratas
Fajri, D. S. (2024, November). Pendapatan Dan Kerugian KFC 5 Tahun Terakhir. Diambil kembali dari GoodStats: https://goodstats.id/article/kfc-47-gerai-tutup-2000-lebih-karyawan-di-phk-chdNZ
Firmansyah, M. R., Lestari, B., & Patma, T. S. (2024). Pengaruh Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Produk PT Petrokomia Gresik. Jurnal Aplikasi Bisnis, 10 (2). https://doi.org/10.33795/jab.v10i2.3607
Hanum, F., & Rahmani, N. A. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Emina Pada Kalangan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi.
Jayanti, R. D., & Hidayati, N. (2022). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumen Dengan Switching Cost Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Bisnis, 8 (1).
Mulianingsih, S., Hutajulu, D., & Dzakira, R. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement, Minat Beli Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2 (6).
Nugraha, J. P., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, et al. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Nugroho, D. A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli Fashion Brand Lokal Giyomi Pada Generasi Y Dan Z. Jurnal Ilmu Manajemen. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1468-1477
Octavia, D. R., Nasution, M. I., & Nurbaiti. (2023). Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan.Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7 (2). https://doi.org/10.30868/ad.v7i02.5155
Octavini, N. A., Suharto, & Dharmawan. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Pengetahuan Produk Terhadap Kepercayaan Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online Di Sociolla Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro Lampung. Journal of Economic Management, 1 (1).
Putri, W., & Harti, H. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Produk Scarlet. Jurnal Dimensi, 11 (2).
Ramadhan, A., Naswandi, C. N., & Herman, C. M. (2020). Fenomena Endorsement Di Instagram Story Pada Kalangan Selebgram. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9 (2).
Religia, Y., Sriyanto, A., Hidayat, R. S., & Setyarko, Y. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Daypack Eiger Di Kota Bekasi. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 11 (1).
Rosita, A., Lukitaningsih, A., & Fadhilah, M. (2022). Peran Celebrity Endorser, Citra Merek, Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Studi Kasus Pada Produk Scarlett). Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 21 (1).
Smith, P., & Zook, Z. (2022). Marketing Communications Integrating offline and online with social media. Kogan Page.
Suyono, S, Y. A., Lydia, Andi, & Fransisca, L. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement, Sosial Media Marketing, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Somethic (Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut Bisnis Dan Teknologi Pelita Indonesia Pekanbaru). Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 9 (2).
Tanjung, R., & Keni, K. (2023, April). Pengaruh Celebrity Endorser dan E-WOM terhadap Purchase Intention Produk Skincare Di Jakarta Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Journal Management, Business, and Accounting.
Tu, Y. P., & Chi, M. (2024). E-Business New Challenges And Opportunities For Digital Enableb Intelligent Future. Springer.
Yusa, V. D., & Hastono, A. L. (2018). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Dalam Keputusan Pembelian Air Minum (AMDK) Rivero Di Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah FE-UMM, 12 (1).