Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Customer Review terhadap keputusan pembelian. Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian. Dan pengaruh Celebrity Endorser Terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pada pengguna Luxcrime di TikTok Shop. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengujian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji t, Uji koefisien Determinasi (R-Squared), Uji Regresi Linier berganda. Hasil penelitian ini adalah Customer Review, Brand Image dan Celebrity Endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Amalia, P., Didiek, V., Aryanto, W., Ekonomi, F., & Dian, U. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement , Online Review Customer Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Produk Pada Keranjang Kuning Tiktokshop ( Studi Kasus Pada Mahasiswa UDINUS Semarang ). 3, 11190–11200.
- Crsl, D., & Yogyakarta, D. I. (2024). CAKRAWANGSA BISNIS PENGARUH HARGA , ELECTRONIC WORD OF MOUTH , DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE DECISION PADA. 5(2), 46–59.
- Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.21-26.
- Kussudyarsana. (n.d.). ISSN 2356-3966 E-ISSN: 2621-2331 G.S.Suwito, Kussudyarsana Pengaruh Brand Image …. 11(1), 693–704.
- Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
- Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
- Nadhya Salwa Nur Arraafi’a, & Velda Ardia. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser Nadira Alaydrus Terhadap Keputusan Pembelian Luxcrime. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 146–152. https://doi.org/10.59841/saber.v2i2.986
- Ni Nyoman Merliani, M. M., & Arie, F. V. (2021). Analisis celebrity endorser dalam menarik minat beli konsumen pada pengguna media sosial instagram ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado ). Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 412–418.
- Queeny, D., & Novian, A. (2024). Pengaruh Media Sosial dan Electronic Word Of Mouth ( E- WOM ) Terhadap Keputusan Berkunjung di Kedai Djero Karawang. 5(2), 765–776.
- Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3
- Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 8126–8137. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1600
- Salsabila, R., & Wardhana, A. (2023). Pengaruh Brand Image dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Luxcrime (Studi pada Konsumen Luxcrime di Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3678–3689. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1987
- Septiani, I., Udayana, I., & Hatmanti, L. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1), 42. https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17205
- Siburian, A. N., & Anggrainie, N. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Image, Brand Ambassador, Diskon, Harga dan Sales Promotion terhadap Pembelian Implusif Pada e-Commerce Tiktok Shop Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Mirai Management, 7(3), 176–191. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2492
- Sisnuhadi, S., & Sirait, S. K. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 45. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.161.371
- Smartphone, P., Oppo, M., & Lumajang, D. (2022). Pengaruh Brand Image , Harga , Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan. 125–131.
References
Amalia, P., Didiek, V., Aryanto, W., Ekonomi, F., & Dian, U. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement , Online Review Customer Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Produk Pada Keranjang Kuning Tiktokshop ( Studi Kasus Pada Mahasiswa UDINUS Semarang ). 3, 11190–11200.
Crsl, D., & Yogyakarta, D. I. (2024). CAKRAWANGSA BISNIS PENGARUH HARGA , ELECTRONIC WORD OF MOUTH , DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE DECISION PADA. 5(2), 46–59.
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.21-26.
Kussudyarsana. (n.d.). ISSN 2356-3966 E-ISSN: 2621-2331 G.S.Suwito, Kussudyarsana Pengaruh Brand Image …. 11(1), 693–704.
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.795
Nadhya Salwa Nur Arraafi’a, & Velda Ardia. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser Nadira Alaydrus Terhadap Keputusan Pembelian Luxcrime. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 146–152. https://doi.org/10.59841/saber.v2i2.986
Ni Nyoman Merliani, M. M., & Arie, F. V. (2021). Analisis celebrity endorser dalam menarik minat beli konsumen pada pengguna media sosial instagram ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado ). Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 412–418.
Queeny, D., & Novian, A. (2024). Pengaruh Media Sosial dan Electronic Word Of Mouth ( E- WOM ) Terhadap Keputusan Berkunjung di Kedai Djero Karawang. 5(2), 765–776.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3
Rosmayanti, M. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education, 5(3), 8126–8137. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1600
Salsabila, R., & Wardhana, A. (2023). Pengaruh Brand Image dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Luxcrime (Studi pada Konsumen Luxcrime di Bandung). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3678–3689. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1987
Septiani, I., Udayana, I., & Hatmanti, L. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1), 42. https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17205
Siburian, A. N., & Anggrainie, N. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Image, Brand Ambassador, Diskon, Harga dan Sales Promotion terhadap Pembelian Implusif Pada e-Commerce Tiktok Shop Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Mirai Management, 7(3), 176–191. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2492
Sisnuhadi, S., & Sirait, S. K. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 45. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.161.371
Smartphone, P., Oppo, M., & Lumajang, D. (2022). Pengaruh Brand Image , Harga , Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan. 125–131.