Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Live Streaming, Discount, dan Online Customer Review terhadap keputusan pembelian pada Pengguna Shopee di Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, memanfaatkan data primer melalui kuesioner yang disebar melalui Google Form, serta data sekunder data dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling untuk pengumpulan data. Analisis data menggunakan uji validalitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier berganda, uji T, uji F, uji koefisien determinasi yang difasilitasi dengan SPSS versi 25. Hasil analisis ini menunjukan bahwa ketiga variable yaitu Live Streaming, Discount, dan Online Customer Review memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna Shopee di Sidoarjo.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Alam, D. R., Hismi, Sahrul, & Suyatna, R. G. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Mahasiswa UPG Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Manuhara, 2(1), 313–323.
- Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
- Arwana, D. S., & Purnomo, N. (2024). Pengaruh Live Streaming Selling, Diskon, Gratis Ongkir dan Cash on Delivery terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. BUDGETING: Journal of Business …, 5(2), 1129–1144.
- Cahyono, Y. T., & Wibawani, I. D. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Hubusintek, 1(1), 867–874.
- Desi Ratnasari, Riyono, & Heru Yulianto. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow. Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.54066/jiesa.v2i1.314
- Diva Prameswara, T., & Hariasih, M. (2024). Pengaruh Pemasaran Langsung, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Minat Beli Ulang Pada Live Streaming Marketing Shopee The Influence of Direct Marketing, Product Quality, and E-Service Quality on Repurchase Interest in Shopee Live St. 1–13.
- Iskandar, M. N., & Utomo, S. B. (n.d.). PENGARUH FLASH SALE . DISKON , dan CONTENT MARKETING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF TOKO ONLINE TRENDBRIGHT.
- Islami, C. D., & Santo, S. (2024). Pengaruh Live Streaming, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Onlineshop. Solusi, 22(2), 215. https://doi.org/10.26623/slsi.v22i2.9027
- Melfaliza, D., & Nizam, A. (2022). PENGARUH PROMO GRATIS ONGKIR, CUSTOMER REVIEWlDAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI SHOPEE. Jurnal Ilmiah Mahaisiswa Ekonomi Islam, 4(2), 2502–6976.
- Mustajib, et all. (2024). Kata Kunci : Price Discount, Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Impulse Buying. 18(1), 20–35.
- Pembelian, K., Umsida, M., & Shopee, E. (2024). Jurnal E-Bis : Ekonomi Bisnis Digital Marketing , Online Customer Review , dan Kualitas Produk terhadap. 8(2), 780–793.
- Pradana, A. R., & Aryanto, V. D. W. (2024). Pengaruh Live Streaming, Discount, dam Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Economics and Digital Business Review, 5(1), 329–380.
- Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3
- Rahmawaty, I., Sa’adah, L., & Musyafaah, L. (2023). Pengaruh Live Streaming Selling, Review Product, Dan Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 80. https://doi.org/10.30587/jre.v6i2.5956
- Vindy Zalfa, K., & Indayani, L. (2024). Analysis Of Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) And Affiliate MarkeAng On Purchasing Decision For Fashion Trend Productsi At The Shopee Marketplace (Case Study Of Shopee Users) Analisis Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Aff. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 1291–1305.
- Yulyta Hartaty, R., Yuni Astuti, I., Permana Mahaputra, A., Manajemen, P., Islam Kadiri Jl Sersan Suharmaji No, U., Kota, K., Kediri, K., & Timur, J. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri). Neraca Manajemen, Ekonomi, 5(6).
- Zhang, C., & Chen, X. (2005). OCRS: An interactive object-based image clustering and retrieval system. Proceedings of the 6th International Workshop on Multimedia Data Mining, MDM ’05: Mining Integrated Media and Complex Data, 9(2), 71–78. https://doi.org/10.1145/1133890.1133898
References
Alam, D. R., Hismi, Sahrul, & Suyatna, R. G. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada Mahasiswa UPG Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Manuhara, 2(1), 313–323.
Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.
Arwana, D. S., & Purnomo, N. (2024). Pengaruh Live Streaming Selling, Diskon, Gratis Ongkir dan Cash on Delivery terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee. BUDGETING: Journal of Business …, 5(2), 1129–1144.
Cahyono, Y. T., & Wibawani, I. D. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. Hubusintek, 1(1), 867–874.
Desi Ratnasari, Riyono, & Heru Yulianto. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Ms Glow. Jurnal Ilmiah Ekonomika & Sains, 2(1), 17–24. https://doi.org/10.54066/jiesa.v2i1.314
Diva Prameswara, T., & Hariasih, M. (2024). Pengaruh Pemasaran Langsung, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Minat Beli Ulang Pada Live Streaming Marketing Shopee The Influence of Direct Marketing, Product Quality, and E-Service Quality on Repurchase Interest in Shopee Live St. 1–13.
Iskandar, M. N., & Utomo, S. B. (n.d.). PENGARUH FLASH SALE . DISKON , dan CONTENT MARKETING TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF TOKO ONLINE TRENDBRIGHT.
Islami, C. D., & Santo, S. (2024). Pengaruh Live Streaming, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Onlineshop. Solusi, 22(2), 215. https://doi.org/10.26623/slsi.v22i2.9027
Melfaliza, D., & Nizam, A. (2022). PENGARUH PROMO GRATIS ONGKIR, CUSTOMER REVIEWlDAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI SHOPEE. Jurnal Ilmiah Mahaisiswa Ekonomi Islam, 4(2), 2502–6976.
Mustajib, et all. (2024). Kata Kunci : Price Discount, Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Impulse Buying. 18(1), 20–35.
Pembelian, K., Umsida, M., & Shopee, E. (2024). Jurnal E-Bis : Ekonomi Bisnis Digital Marketing , Online Customer Review , dan Kualitas Produk terhadap. 8(2), 780–793.
Pradana, A. R., & Aryanto, V. D. W. (2024). Pengaruh Live Streaming, Discount, dam Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Economics and Digital Business Review, 5(1), 329–380.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3
Rahmawaty, I., Sa’adah, L., & Musyafaah, L. (2023). Pengaruh Live Streaming Selling, Review Product, Dan Discount Terhadap Minat Beli Konsumen Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Riset Entrepreneurship, 6(2), 80. https://doi.org/10.30587/jre.v6i2.5956
Vindy Zalfa, K., & Indayani, L. (2024). Analysis Of Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) And Affiliate MarkeAng On Purchasing Decision For Fashion Trend Productsi At The Shopee Marketplace (Case Study Of Shopee Users) Analisis Live Streaming, Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Dan Aff. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 1291–1305.
Yulyta Hartaty, R., Yuni Astuti, I., Permana Mahaputra, A., Manajemen, P., Islam Kadiri Jl Sersan Suharmaji No, U., Kota, K., Kediri, K., & Timur, J. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kadiri). Neraca Manajemen, Ekonomi, 5(6).
Zhang, C., & Chen, X. (2005). OCRS: An interactive object-based image clustering and retrieval system. Proceedings of the 6th International Workshop on Multimedia Data Mining, MDM ’05: Mining Integrated Media and Complex Data, 9(2), 71–78. https://doi.org/10.1145/1133890.1133898