Main Article Content

Abstract

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni dan ekonomi tinggi. Seiring dengan perkembangan zaman, batik tidak hanya dikenakan dalam acara formal, tetapi juga telah menjadi bagian dari tren fashion yang digemari oleh berbagai kalangan. Hal ini memicu pertumbuhan industri batik di berbagai daerah, termasuk di Sidoarjo, Jawa Timur. Salah satu perusahaan yang memiliki Brand Image, kulitas produk, dan Promosi terkemuka dalam industri batik indonesia adalah perusahaan Batik Benang Raja, dikenal karena produk- produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Penelitian ini akan mengumpulkan sampel dengan menggunakan metode kuesioner. Para peneliti berencana untuk melakukan beberapa survei terhadap konsumen batik benang raja Sidoarjo. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis komponen dengan menggunakan alat analisis Partial Least Squares (PLS). Alasan menggunakan alat analisis PLS adalah karena umumnya digunakan untuk analisis prediktif kausal dan merupakan teknik yang cocok untuk digunakan dalam aplikasi prediktif dan pengembangan teori dalam penelitian ini.

Keywords

brand image kualitas produk minat beli promosi

Article Details

How to Cite
Eko Satriyo Hadi Nata, Oetarjo, M., & Hariasih, M. (2025). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Batik Benang Raja Sidoarjo. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 998–1012. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1373

References

  1. Anastasya Selly Harjanto Putri1, Fakhirani Putri Herrizona2, N. K. P. K. (2024). Pengaruh Tren Mode Berkain Pada Generasi Z terhadap Upaya Revitalisasi dan Aktualisasi Identitas Budaya dalam Perspektif Etika. 10(14), 243–252.
  2. Azizah, S. N., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2022). PENGARUH PENERAPAN ABSENSI FINGERPRINT TERHADAP DISIPLIN KERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA BAGIAN PENGADAAN BARANG / JASA SEKRETARIAT KOTA BANDAR LAMPUNG. 2(1), 67–77.
  3. Azzahrona, R. Z. (2022). PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL USAHA MIKRO KECIL MENENGAH ( UMKM ) DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. 2(3), 572–584.
  4. Busti, M. F., & Rivai, H. A. (2023). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis Pengaruh Beban Kerja dan Resiliensi terhadap Job Burnout dengan Stres Kerja sebagai Variabel Mediasi. 5, 632–640. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.566
  5. D. R. Rahadi. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) 2023, no. Juli. Tasikmalaya, Jawa Barat.
  6. Deppy Nurshinta Putri. (2020). BATIK MOTIF KEMBANG TELON DIPADUKAN.
  7. Desi Puput Aryanti. (2023). MANAJEMEN INOVASI BUNGA PAPAN MELALUI ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus di Toko Andis Flower Kebumen). 4(2), 1–23.
  8. Erawati, S. H., Amalia, N. S., Mauludin, H., & Liana, Y. (2023). Peran Brand Image Sebagai Moderator Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian. In Akuntansi Bisnis & Manajemen ( ABM ) (Vol. 30, Issue 2). https://doi.org/10.35606/jabm.v30i2.1276
  9. Fathurrozi, M., & Utami, A. R. (2023). JAKARTA TIMUR 02, 70–78.
  10. Febrianty, Y., Pitoyo, D., Masri, F. A., Anggreni, M. A., & Abidin, Z. (2023). Peran Kearifan Lokal dalam Membangun Identitas Budaya dan Kebangsaan. El-Hekam: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 168–181.
  11. Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118. https://doi.org/10.47065/imj.v2i3.200
  12. Gunawan, K. S. (2023). G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan Mining Company. Pengukuran Quality Of Service And Facilities Terhadap Customer Satisfaction, 7(3), 1026–1036.
  13. Irwan, & Adam, K. (2020). Metode Partial Least Square (Pls) Dan Terapannya. Teknosains, 9(1), 53–68.
  14. Janah, M., Suhaeli, D., & Muhdiyanto, M. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Konsumen Kosmetik Wardah). UMMagelang Conference Series, 546–556. https://doi.org/10.31603/conference.12040
  15. Jaya, A. R. P. D., Maruta, I. A., & Pratiwi, N. M. I. (2020). PengarJaya, Aulia Ramadhani Putri Diah Maruta, IGN. Anom Pratiwi, Ni Made Idauh Brand Equity, Brand Image dan Suasana Toko (Store Armosphere) Terhadap Minat BPengaruh Brand Equity, Brand Image dan Suasana Toko (Store Armosphere) Terhadap Minat Beli Pada T. Jurnal Manajemen & Bisnis, 66–80.
  16. k silaen, L. B. (2024). Strategi Pemasaran Digital Untuk meningkatkan Penjualan Produk Lokal Diera Online. 2(3), 1072–1079.
  17. kundharu sadhono. (n.d.). Pengembangan Desain Dan Motif Dalam Mendukung. 336–349.
  18. Linda, W. U. (2022). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT MEMBELI BATIK DI BENANG RATU.
  19. Mere, K., Hery Santoso, M., Utami Rahmawati, H., & Ade Kurnia Harahap, M. (2023). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Menggerakkan Pertumbuhan Ekonomi Lokal. Communnity Development Journal, 4(6), 12324–12329.
  20. miftachul jannah, Dr. Mudjito, Ak., M. S. (n.d.). MANAJEMEN PROGRAM PENILAIAN HASIL BELAJAR BERBASIS Pada era globalisasi , perkembangan teknologi dapat memberi berbagai kemudahan bagi kehidupan manusia . Namun manusia tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya . Sehingga teknologi yang dianggap. 3.
  21. Morissan. (2010). PERIKLANAN:KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU. Perpustakaan nasional:katalog dalam terbitan (KDT).
  22. Muid, A., & Souisa, J. (2023). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepatu Aerostreet. Ekono Insentif, 17(2), 107–122. https://doi.org/10.36787/jei.v17i2.1175
  23. Pranata, S., & Lukita, C. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (BATIK TRUSMI). 01(01), 10–15.
  24. Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526
  25. Ramadhanty, A., Chandra, N., Ardianto, E., & Budiman, A. (2023). Simbol dan Makna Berkain dalam Kalangan Pecinta Wastra. Kajian Branding Indonesia, 5(2), 127. https://doi.org/10.21632/kbi.5.2.127-139
  26. rizal fauzi, minhatul ma’arif. (2024). EKSPRESI KEBUDAYAAN DALAM BATIK : ANALISIS PENULISAN DAN MOTIF CULTURAL EXPRESSION IN BATIK : AN ANALYSIS OF WRITING AND MOTIFS. 4(September), 43–54.
  27. Rohman, I. Z. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang. Manajemen Dewantara, 6(1), 53–60. https://doi.org/10.26460/md.v6i1.11846
  28. Safitri, A. N. (2021). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(1), 1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212
  29. Sahabuddin, R., Arif Maulana, H., Manai, S., Suryani, D., & Sabirin, A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Wizzmie Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(2), 230–237. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.2775
  30. Saputro, A. an. W., & Irawati, Z. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Produk Second Brand. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 646–651. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.515
  31. Setianingsih A. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Image Dan Minat Beli Produk Kosmetik E-Commerce. 2(1), 1110–1120.
  32. Siti Nur Cahyani1, M. R. R. (2022). Pengaruh Brand image dan Promosi terhadap Kualitas produk Batik Danar Hadi. 5(6), 671–683.
  33. Sulistyono, E. (2023). Jurnal Ilmiah Manajemen , Ekonomi dan Bisnis Model Pengukuran Working Out Loud ( WOL ) Terhadap Adopsi Enterprise Social Networks ( ESNs ). 2, 22–36.