Main Article Content

Abstract

Kosmetik selalu ada di kehidupan mahasiswa yang selalu ingin tampil menarik.  Salah satu platform yang digunakan mahasiswi saat ini untuk memenuhi kebutuhan mereka adalah marketplace.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana halal awareness, customer review, dan perceived behavioral control berpengaruh terhadap keputusan mahasiswi muslim Surabaya untuk membeli kosmetik halal melalui marketplace.  Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, dan data primer diperoleh melalui kuesioner.  Pengumpulan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling dengan jumlah responden 104.  SEM-PLS dan program SmartPLS 4 digunakan untuk menganalisis data.  Penelitian menunjukkan bahwa halal awareness tidak memengaruhi keputusan seseorang untuk membeli kosmetik halal. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa Keputusan pembelian mahasiswi muslim Surabaya untuk membeli kosmetik halal melalui marketplace dipengaruhi oleh customer review dan perceived behavioral control.

Keywords

Kosmetik Customer Review Marketplace Halal Awareness Perceived Behavioral Control

Article Details

How to Cite
Rahayu, R. I. T., & Nurafini, F. (2025). Pengaruh Halal Awareness, Customer Review dan Perceived Behavioral Control Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Pada Mahasiswi Muslim Surabaya Melalui Marketplace. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 874–888. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1391

References

  1. Abdillah, W., & Jogiyanto, H. (2015). Partial least square (PLS) : alternatif structural equation modeling (SEM) dalam penelitian bisnis (D. Prabantini (ed.); Edisi 1).
  2. Adev.co.id. (2025). Perkembangan Bisnis Kosmetik Halal. PT. Adev Natural Indonesia. https://adev.co.id/blog/bisnis-kosmetik-halal/
  3. Adimas, K., & Sutabri, T. (2024). IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary Analisis Manfaat dan Kegunaan Marketplace Shope di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Metode Cobit. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2, 318–324. https://journal.csspublishing/index.php/ijm
  4. Ajzen, I. (2006). Constructing a Theroy of Planned Behavior Questionnaire.
  5. Ali, Z., Ucu, L., & Sa, S. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian di Shopee Live Menggunakan Theory Of Planned Behavior. 1(2), 236–251.
  6. Arribe, E., Winarso, D., & Siregar, S. R. (2019). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Akademik (Siam) Menggunakan Metode Delone Dan Mclean. Jurnal Fasilkom, 9(2), 429–439.
  7. Bisnisia.id. (2025). Industri Kosmetik Nasional Diproyeksikan Tembus USD 9,7 Miliar pada 2025. https://bisnisia.id/industri-kosmetik-nasional-diproyeksikan-tembus-usd-97-miliar-pada-2025/
  8. Budhi, S. (2018). Analisis Statistik Multivariate dengan Aplikasi SEM PLS SmartPLS 3.2.6 (Edisi 1). Expert Yogyakarta.
  9. Dewi, F. E., Kuntardina, A., & Adiputra, E. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa STIE CENDEKIA Bojonegoro angkatan 2017). JEMB : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 90–99.
  10. Faradita, P. A., & Widjajanti. (2023). Pengaruh Online Customer Review , Harga Dan Kualitas. Ilmu Ekonomi, 21(2), 543–554.
  11. Fikriyah, K., & Alam, W. Y. (2025). The Influence of Product Visualization and Customer Reviews on Purchasing Decisions : Muslim Fashion on TikTok Shop Indonesia. 11(1), 96–110.
  12. Ghozali, I. (2014). Styrctural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (Edisi 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  13. Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (4th ed.). Universitas Diponegoro.
  14. Hagger, M. S., Cheung, M. W. L., Ajzen, I., & Hamilton, K. (2022). Perceived Behavioral Control Moderating Effects in the Theory of Planned Behavior: A Meta-Analysis. Health Psychology, 41, 155–167. https://doi.org/10.1037/hea0001153
  15. Hair, J., Risher, J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2018). When to Use and How to Report the Results of PLS-SEM. European Business Review, 31. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/EBR-11- 2018-0203
  16. Halim, A., & Tyra, M. J. (2020). Pengaruh Online Consumer Review Dan Influencer Di Marketplace Shopee. Buletin Ekonomi, 1, 99–120.
  17. Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(No.2).
  18. Haryono, S. (2017). Metode SEM Untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS LISREL Smart PLS. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 450.
  19. Hervina, R. D., Kaban, R. F., & Pasaribu, P. N. (2021). Pengaruh Kesadaran Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gofood di Era Pandemi Covid-19. Jurnal INOVATOR Magister Manajemen Pascasarjana UIKA, 10(2), 138. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/index
  20. Jared M, H., George, S., & V., B. (2018). Risk, Trust, and The Tnteraction of Perceived Ease of Use and Behavioral Control in Predicting Consumers’ Use of Social Media for Transactions. Computers in Human Behavior, 80, 197–206. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0747563217306404
  21. Jazilah, H., & Azizah, S. (2022). Online Shop dan Tren Gaya Hidup Shopaholic di Kalangan Mahasiswi. The Sociology of Islam, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.15642/jsi.2022.5.1.1-20
  22. Juliana, J., Wafa Rizaldi, M., Azizah Al-Adawiyah, R., & Marlina, R. (2022). Halal Awareness : Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee dengan Religiositas Sebagai Variabel Moderasi. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 169–180. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1423
  23. Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
  24. Lim, Y. J., Osman, A., Salahuddin, S. N., Romle, A. R., & Abdullah, S. (2016). Factors Influencing Online Shopping Behavior: The Mediating Role of Purchase Intention. Procedia Economics Dan Finance, 35, 401–410.
  25. Mardiyati, & Hijrah, W. (2020). Analisis Sikap Konsumen, Kontrol Perilaku Mengenai Label Halal Pada Produk (Studi Kasus: Mahasiswa Pts Di Kotamadya Pontianak). Jurnal Ekonomi STIEP, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.54526/jes.v5i1.26
  26. Mita, Pranatasari, F. D., & Kristia. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548–557. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.204
  27. Munir, M., Hidayat, K., Fakhry, M., & Mu’tamar, M. F. F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Halal, Kesadaran Halal (Halal Awareness) Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jamu Madura. Agroindustrial Technology Journal, 3(2), 95. https://doi.org/10.21111/atj.v3i2.3858
  28. Nikmah, M., & Hartini, S. (2020). Pengembangan Theory of Planned Behavior pada Keputusan Pembelian Green Product. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 85–96.
  29. Nugrahaeni, F., Wiyati, T., Wulandari, N., & Utami, M. S. P. (2023). Level of Knowledge, Attitude, Community Behavior About Halal Cosmetics in Makasar District DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Farmasi, 19(2), 97–112. https://doi.org/10.20885/jif.vol19.iss2.art9
  30. Nur, M. A., & Dahliana, D. (2023). Pengaruh Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Shopee Di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 1797. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.7102
  31. Nusran, M., Gunawan, Razak, M., Numba, S., & Wekke, I. S. (2018). Halal Awareness on the Socialization of Halal Certification. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012217
  32. Octabella, D. D., Dwiyanti, S., Usodoningtyas, S., & Megasari, D. S. (2021). Review Beauty Influencer dalam Pengambilan Keputusan Konsumen Terhadap Pemlihian Produk Kosmetik Kecantikan di Surabaya. E-Jurnal Tata Rias Unesa, 10.
  33. Pan, Y., & Xu, L. (2024). Detecting Fake Online Reviews: An Unsupervised Detection Method With a Novel Performance Evaluation. International Journal of Electronic Commerce, 28, 1–24. https://doi.org/10.1080/10864415.2023.2295067
  34. Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.26877/jibeka.v1i1.3
  35. Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Konteporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (Edisi Keti). Kencana Prenada Media.
  36. Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i1.5515
  37. Sonie, M., & Primasatria, E. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Rating Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Casual Pada Marketplace. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 21–28. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317
  38. Sri Ernawati, & Iwan Koerniawan. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207–215. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v16i1.1185
  39. Trenz, M., & Berger, B. (2013). Analyzing Online Customer Reviews - An Interdisciplinary Literature Review and Research Agenda. ECIS 2013 - Proceedings of the 21st European Conference on Information Systems.
  40. Wirawan, R., Mildawati, T., & Suryono, B. (2022). Determinan Pengambilan Keputusan Investasi Berdasarkan Norma Subjektif, Kontrol Perilaku, Dan Perilaku Heuristik. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(1), 43–57. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i1.5163
  41. Wulandari, P. (2023). Ekosistem Perbankan Syariah dalam Mendukung Indonesia Menjadi Trend Setter Industri Halal. Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance, 6(November), 388.
  42. Zulfa, F. L., & Fahrullah, A. (2024). Pengaruh Islamic Branding Dan Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Islami Pada Mahasiswa Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 7(1), 31–44.