Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh influencer marketing dan brand image terhadap minat beli, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening pada konsumen produk Skintific di wilayah Soloraya. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode SEM-PLS, penelitian melibatkan 119 responden usia 18–30 tahun. Hasil menunjukkan bahwa influencer marketing dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dan minat beli. Kepercayaan konsumen juga terbukti memediasi secara signifikan pengaruh kedua variabel tersebut terhadap minat beli. Nilai koefisien pengaruh tidak langsung influencer marketing terhadap minat beli melalui kepercayaan konsumen sebesar 0,341, sedangkan brand image sebesar 0,115. Ini menunjukkan bahwa peran influencer lebih dominan dibandingkan brand image dalam membentuk kepercayaan yang berdampak pada keputusan pembelian. Temuan ini mendukung Theory of Planned Behavior dan menekankan pentingnya membangun kepercayaan melalui kredibilitas influencer dan citra merek.

Keywords

Influencer Marketing Brand Image Kepercayaan Konsumen Minat Beli SEM-PLS Skintific

Article Details

How to Cite
Amini, Y. Y., & Zakky Fahma Auliya. (2025). Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Image Terhadap Niat Beli dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Skintific. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 862–873. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1394

References

  1. Afdalia, N., TPontoh, G., & Kartini. (2014). Theory of Planned Behavior Dan Readiness for Change. Jurnal Akutansi Dan Auditing Indonesia, 18(2), 110–123.
  2. Angelica, C., Anjani A., F., Tercia, C. Y., & Murniadi, K. (2020). Studi Hubungan Kredibilitas Influencer, Parasosial, Nilai Merek, dan Niat Pembelian Produk Kosmetik. Kajian Branding Indonesia, 2(2), 300–336. https://doi.org/10.21632/kbi.2.2.300-336
  3. Anugrahdewi, M. W., & Bastaman, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen BTS Meal McD di Kota Jakarta Selatan). Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(4), 2551–2565. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i4.15462
  4. Faizal, H., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Pelanggan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Antara. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i2.271
  5. Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya, 6(1), 918–930. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1023
  6. Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55. https://doi.org/10.29313/performa.v19i01.9719
  7. Hernikasari, I., Hapzi Ali, & Hadita, H. (2022). Determinasi Citra Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Analisis Harga Dan Kualitas Produk (Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 437–450. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.1004
  8. Kim, L., Maijan, P., Jindabot, T., & Yeo, S. F. (2024). How country of origin, perceived quality, and trust influence intention to purchase sars covid medications. Social Sciences and Humanities Open, 10. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101116
  9. Kong, X., Wang, R., & Zhang, Y. (2025). Exploring the influence of “keeping consumers in suspense” in live streaming on consumer impulse buying behavior: A test of the mediating effects of consumer inner states. Acta Psychologica, 253(August 2024), 104762. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2025.104762
  10. Monfort, A., López-Vázquez, B., & Sebastián-Morillas, A. (2025). Building Trust in Sustainable Brands: Revisiting Perceived Value, Satisfaction, Customer Service, and Brand Image. Sustainable Technology and Entrepreneurship, 100105. https://doi.org/10.1016/j.stae.2025.100105
  11. Nainggolan, N. P., & Heryenzus. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam. Manajemen Dan Bisnis, 19(1), 14.
  12. Naskah, H. (2024). Analisis Pengaruh Influencer Marketing terhadap Minat Beli Konsumen : Literatur Review. 2(2), 128–137. https://doi.org/10.59996/ekodestinasi.v2i2.607
  13. Novianti, N., & Saputra, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Minimarket Victoria Tiban. ECo-Buss, 6(1), 66–78. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.656
  14. Rimbano, D., Ariyanti, O., Feranda, B. E., & Danang, M. (2025). Pengaruh Influencer Marketing, Endorsment, dan Brand Image Terhadap Minat Pembelian di Pasar Kosmetik (Studi Literatur Review). 2(1), 2557–2582.