Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi dan media sosial telah mengubah lanskap pemasaran, terutama di kalangan generasi muda. TikTok telah menjadi salah satu platform utama yang digunakan oleh merek untuk menjangkau konsumen karena format kontennya yang singkat dan menarik. Strategi pemasaran seperti brand ambassador, content marketing, dan mobile marketing menjadi kunci dalam membangun keterlibatan dan menarik perhatian, khususnya di kalangan generasi Z yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Generasi ini dikenal responsif terhadap konten yang kreatif dan autentik karena mereka tumbuh dalam lingkungan yang dipenuhi teknologi dan media sosial. Di Sidoarjo, fenomena impulse buying di TikTok Shop semakin meluas, dipicu oleh daya tarik visual dan interaksi langsung yang ditawarkan oleh platform ini. Banyak pengguna TikTok di Sidoarjo cenderung melakukan pembelian impulsif setelah terpengaruh oleh brand ambassador yang relatable. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh strategi pemasaran seperti brand ambassador, content marketing, dan mobile marketing terhadap perilaku impulse buying di kalangan generasi Z di Sidoarjo. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, penelitian ini mengumpulkan data dari 96 responden yang melakukan impulse buying di TikTok Shop. Teknik analisis yang digunakan penlitian ini regresi linier berganda dengan hasil penelitian menjukkan bahwa Brand Ambassador berpengaruh terhadap Impulse Buying Generasi Z Sidoarjo di TikTok Shop. Content Marketing berpengaruh terhadap Impulse Buying Generasi Z Sidoarjo di TikTok Shop. Mobile Marketing berpengaruh terhadap Impulse Buying Generasi Z Sidoarjo di TikTok Shop.

Keywords

Brand Ambassador Content Marketing Mobile Marketing Impulse Buying

Article Details

How to Cite
Abadiyah, R., Masithasari, A. A. ., & Komala Sari, D. . (2025). Pengaruh Brand Ambassador, Content Marketing dan Mobile Marketing terhadap Impulse Buying Generasi Z Sidoarjo Pada Tiktok Shop. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 1114–1125. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1436

References

  1. Amin, N. F. (2023). Metode Penelitian. In Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif (Vol. 14, Issue 1).
  2. Andika Yuda Prasetya, & Rusdi Hidayat Nugroho. (2024). Pengaruh Affiliate, Content Marketing Serta Brand Awareness di Social Commerce Terhadap Impulse Buying Masyarakat Surabaya. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(5), 3853–3862. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i5.1962
  3. Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2019). Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis. PT Rajagrafindo Persada, 1–239.
  4. Damayanti, S. (2024). Dampak Lingkungan , Stres , dan Komunikasi terhadap. 1, 88–104.
  5. Dr. Erislan, ST., M. (2024). BUKU AJAR MANAJEMEN PEMASARAN DIGITAL. In Mitra Ilmu.
  6. Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek (PLANNING & STRATEGY). CV. Penerbit Qiara Media, 1–337.
  7. Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. In Universitas Terbuka (Vol. 9, Issue 1).
  8. Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
  9. Hayati, N., & Rukhviyanti, N. (2022). Pengaruh E-Commerce Dan Mobile Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Facial Wash Pt. Nasa Stockist R.2137 Banjarnegara Pada Masa Pandemi Covid 19. Among Makarti, 15(3), 364–378. https://doi.org/10.52353/ama.v15i3.363
  10. Indriawan, B. M., & Santoso, I. H. (2023). Pengaruh Sales Promotion, Content Marketing, Dan Shopping Lifestyle Content Creator Tiktok Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 905–914. https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i1.3368
  11. Ittaqullah, N., Madjid, R., & Suleman, N. R. (2020). The effects of mobile marketing, discount, and lifestyle on consumers’ impulse buying behavior in online marketplace. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3), 1569–1577.
  12. Kurniawan, R. A., & Nugroho, R. H. (2024). Pengaruh Content Marketing, Live Streaming dan Flash Sale terhadap Impulse Buying pada Pengguna Aplikasi Tiktok Shop di Surabaya: Studi pada Pengguna Tahun 2022-2023. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 2367–2379. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i4.1319
  13. Layyina Galuh Purnama, Yayan Hendayana, & Ari Sulistyowati. (2024). Pengaruh Brand Ambassador dan Flash Sale Terhadap Impulse Buying Consumer di Marketplace Shopee Pada Generasi Z. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(2), 138–147. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i2.2641
  14. Mahardini, S., Singal, V. G., & Hidayat, M. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tik-Tok Di Wilayah Dki Jakarta. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 180–187. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2480
  15. Meydila, R. P., & Cempena, I. B. (2024). Pengaruh Shopping Lifestyle, Content Marketing dan Price Discount Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pada Pengguna Tiktok Shop (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Surabaya). Neraca Manajemen, Ekonomi, 6(9), 1–14.
  16. Munajat, C., Firanti, D., Subagja, R., & Laillatul Qodri, T. D. (2023). Fenomena Implusive Buying Pada Flatform TikTok Shop. KarismaPro, 14(1), 28–34. https://doi.org/10.53675/karismapro.v14i1.1044
  17. Nathania Grace Edwin, & Zumrotul Fitriyah. (2024). Pengaruh Content Marketing dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada E-Commerce Lazada. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(9), 3945–3952. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i9.3719
  18. Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana, M. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. In Pascal Books.
  19. SARI, D. K., PEBRIANGGARA, A., & OETARJO, M. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. In UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-38-9
  20. Sugiyono, P. D. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R & D. In Bandung: Alfabeta.
  21. Tambunan, J. W., Riorini, S. V., & Kautsar, K. Al. (2024). Pengaruh Social Media Marketing , Mobile Marketing , dan Email Marketing terhadap Impulsive Buying Behavior. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 27947–27956.
  22. Trimulyani, S., & Herlina, N. (2022). PENGARUH IKLAN, DISKON DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA LAZADA DI MASA PANDEMI COVID-19. LIAISON JOURNAL OF BEST, 1(2), 47–58.
  23. Udayana, I. B. N., & Octavian, P. (2022). Pengaruh Nct Dream sebagai Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Perilaku Impulse Buying pada Produk Mie Instan Lemonilo. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 874–888. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.1686
  24. Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Metodologi Penelitian. In Cv Science Techno Direct.