Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh endorsement review produk melalui YouTube terhadap perilaku pembelian konsumen. Variable – variable utama yang di analisis mencakup kredibilitas endorser, kualitas ulaa produk, interaksi dan keterlibatan audiens, serta kejelasan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner dari kepada 150 responden, dan data dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0. Hasil menunjukkan bahwa keempat variable tersebut secara signifikan memengaruhi perilaku pembelian. Kualitas ulasan produk, interaksi dan engagement, serta kejelasan informasi memberikan pengaruh positif dan kuat terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menyimpulkan bahwa endorsement review yang kredibel, informatif, dan interaksi di platform seperti YouTube dapat secara langsung meningkatkan intensi pembelian.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- ABS, P. A. (2019). Analisis Pengaruh Online Customer Review Di Youtube, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsun. (P. A. ABS, Penyunt.) Vol. 12. No. 02, 1-9.
- Ainia, D. N. (2020). Pengaruh Daya Tarik dan Kredibilitas Beauty Vlogger sebagai Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Subscribers Youtube Channel Suhay Salim di Indonesia). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis). (D. N. Ainia, Penyunt.) 219-225.
- Andini, M. D. (2023). Characteristics of Indonesian Consumers and Online Purchasing Behavior. (M. D. Andini, Penyunt.) Vol. 3, No. 1, January2023, 1-10.
- Dermawan, j. L. (2020). The Influnce Of Youtube Beauty Vloggers On Indonesia Consumers Purchase Intention Of Local Cosmetic Products. (j. L. Dermawan, Penyunt.) Vol.15, No 5, 2020,.
- Farida, N. P. (2022). Pengaruh kredibilitas influencer terhadap minat beli subscribers pada channel youtube otomotif Ridwan Hanif. (N. P. Farida, Penyunt.) 36-44.
- Galang, T. (2021). Pengaruh youtube beauty vlogger terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap keputusan pembelian produk. (T. Galang, Penyunt.)
- Grace Putlia, N. N. (2020). Munculnya Digital Influencer Merubah Perilaku Konsumen Pada Promosi Produk, Pemilihan Produk, dan Keputusan Pembelian Generasi Milenial: Studi Pada Akun YouTube Ria SW. (N. N. Grace Putlia, Penyunt.) Vol 3, No.1, Januari-Juni 2020, 1-12.
- HAYI’AH, K. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT DAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA AKUN INSTAGRAM NUANIKA HIJAB TEMANGGUNG. (K. HAYI’AH, Penyunt.) 1-129.
- Heni Yuvita1, I. P. (2024). Peran Kredibilitas Endorser Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Produk. (I. P. Heni Yuvita1, Penyunt.) Vol. 5 No. 1 Oktober 2024, 1-11.
- Iis Susiawati1, W. S. (2023). Peningkatan Pengetahuan Bahasa Arab dan Pembelajarannya dengan Media Youtube. (W. S. Iis Susiawati1, Penyunt.) Volume 5 Nomor 1 Februari 2023, 1-10.
- Indah Valentin, S. N. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BEAUTY VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAKE OVER DI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM DAN YOUTUBE). (S. N. Indah Valentin, Penyunt.) VOL. 1, NO. 2, April 2021, 1-11.
- Irawan, H. P. (2023). MODEL PENINGKATAN PURCHASING BEHAVIOR BERBASIS ENDORSEMENT REVIEW PRODUK DICHANNEL YOUTUBE DENGAN VARIABEL INTERVENING. (H. P. Irawan, Penyunt.) 1-101.
- Kaloka, R. A. (2023). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI COMMUNITY ENGAGEMENT KEGIATAN HUBUNGAN MASYARAKAT SKALA MIKRO. (R. A. Kaloka, Penyunt.) Vol. 12, No. 2, Desember 2023, 1-12.
- Khoa, B. T. (2021). The Impact of Chatbots on the Relationship between Integrated Marketing Communication and Online Purchasing Behavior in The Frontier Market. (B. T. Khoa, Penyunt.) Vol.13, No.1 (2021), 1-12.
- Lieta Septiarysa, R. F. (2021). Anotasi rasa empati selama pandemi covid-19 pada konten digital pariwara youtube rosalia indah. (R. F. Lieta Septiarysa, Penyunt.) Vol 5, No 5 2021, 1-18.
- Mathoril Hudha1, E. S. (2022). ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA YOUTUBE TERHADAP TAYANGAN #MATANAJWAMENANTITERAWAN DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. (E. S. Mathoril Hudha1, Penyunt.) Vol. 5, No. 1, April 2022, 1-6.
- Nuke Farida1, E. P. (2020). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI SUBSCRIBERS PADA CHANNEL YOUTUBE OTOMOTIF RIDWAN HANIF. (E. P. Nuke Farida1, Penyunt.) 1-9.
- Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. manajemen, (1), 1-19.
- Raharja, A. (2022, Januari 11). Fraud Adalah: Pengertian, 3 Faktor Pendorong serta Jenis. Dipetik April 14 , 2022, dari https://www.ekrut.com/media/fraud-adalah.
- Rinaldi, P. A. (2024). Analisis Pengaruh Online Customer Review Di Youtube, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. (P. A. Rinaldi, Penyunt.)
- Rosita, R. &. (2024). Pengaruh kualitas konten tik tok terhadap customer engagement pada customer queensha. . manajemen, 13(2), 1061-1071.
- Saputra, R. A. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN ONLINE REVIEWS TERHADAP ONLINE SHOPPING BEHAVIOR MELALUI REPURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. (R. A. Saputra, Penyunt.) 1-76.
- Septiani, S. R. (2024). Pengaruh konten Youtube Tasya Farasya terhadap tingkat kepercayaan konsumen mengenai produk. (S. R. Septiani, Penyunt.) 325-340.
- Septiarysa, L. M. (2021). notasi rasa empati selama pandemi COVID-19 pada konten digital pariwara Youtube Rosalia Indah. (L. M. Septiarysa, Penyunt.) 451-468.
- Singgalen, Y. A. (2024). Tren Coffee Vlog: Analisis Sentimen dan Toksisitas Pengguna Sharing Media Platform Youtube terhadap Konten Digital Latte Art dan Beverage Manufacturing by Latte Papa Channel. (Y. A. Singgalen, Penyunt.) Vol. 16, No. 2, [December], [2024], 1-18.
- Solehudin, A. (2017, Agustus 15). Hambatan dan Resiko Penggunaan Obligasi Daerah sebagai Alternatif Pembiayaan Daerah. Dipetik April 14, 2022, dari https://inspektorat.tegalkab.go.id/2017/08/15/berita-baru/.
- Sri Rezeki Septiani1, F. H.-Z. (2024). Pengaruh konten Youtube Tasya Farasya terhadap tingkat kepercayaan. (F. H.-Z. Sri Rezeki Septiani1, Penyunt.) Volume 2, No. 2, 2024, 1-16.
- Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ed. 2. Bandung: Alfabeta.
- Susiawati, I. S. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. (I. S. Susiawati, Penyunt.)
- udha, M. S. (2022). Analisis Sentimen Pengguna Youtube Terhadap Tayangan. (M. S. udha, Penyunt.)
- Vol. 9, N. 2. (2020). PENGARUH DAYA TARIK DAN KREDIBILITAS BEAUTY VLOGGER SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. (S. N. Durrotul Ainia, Penyunt.) Vol. 9, No. 2, Agustus 2020, 1-7.
- Yuvita, H. P. (2024). Peran Kredibilitas Endorser Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Produk: The Role of Endorser Credibility in Increasing Product Purchase Interest. (H. P. Yuvita, Penyunt.) 65-75.
References
ABS, P. A. (2019). Analisis Pengaruh Online Customer Review Di Youtube, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsun. (P. A. ABS, Penyunt.) Vol. 12. No. 02, 1-9.
Ainia, D. N. (2020). Pengaruh Daya Tarik dan Kredibilitas Beauty Vlogger sebagai Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Subscribers Youtube Channel Suhay Salim di Indonesia). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis). (D. N. Ainia, Penyunt.) 219-225.
Andini, M. D. (2023). Characteristics of Indonesian Consumers and Online Purchasing Behavior. (M. D. Andini, Penyunt.) Vol. 3, No. 1, January2023, 1-10.
Dermawan, j. L. (2020). The Influnce Of Youtube Beauty Vloggers On Indonesia Consumers Purchase Intention Of Local Cosmetic Products. (j. L. Dermawan, Penyunt.) Vol.15, No 5, 2020,.
Farida, N. P. (2022). Pengaruh kredibilitas influencer terhadap minat beli subscribers pada channel youtube otomotif Ridwan Hanif. (N. P. Farida, Penyunt.) 36-44.
Galang, T. (2021). Pengaruh youtube beauty vlogger terhadap minat beli konsumen dan dampaknya terhadap keputusan pembelian produk. (T. Galang, Penyunt.)
Grace Putlia, N. N. (2020). Munculnya Digital Influencer Merubah Perilaku Konsumen Pada Promosi Produk, Pemilihan Produk, dan Keputusan Pembelian Generasi Milenial: Studi Pada Akun YouTube Ria SW. (N. N. Grace Putlia, Penyunt.) Vol 3, No.1, Januari-Juni 2020, 1-12.
HAYI’AH, K. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER ENGAGEMENT DAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA AKUN INSTAGRAM NUANIKA HIJAB TEMANGGUNG. (K. HAYI’AH, Penyunt.) 1-129.
Heni Yuvita1, I. P. (2024). Peran Kredibilitas Endorser Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Produk. (I. P. Heni Yuvita1, Penyunt.) Vol. 5 No. 1 Oktober 2024, 1-11.
Iis Susiawati1, W. S. (2023). Peningkatan Pengetahuan Bahasa Arab dan Pembelajarannya dengan Media Youtube. (W. S. Iis Susiawati1, Penyunt.) Volume 5 Nomor 1 Februari 2023, 1-10.
Indah Valentin, S. N. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BEAUTY VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAKE OVER DI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM DAN YOUTUBE). (S. N. Indah Valentin, Penyunt.) VOL. 1, NO. 2, April 2021, 1-11.
Irawan, H. P. (2023). MODEL PENINGKATAN PURCHASING BEHAVIOR BERBASIS ENDORSEMENT REVIEW PRODUK DICHANNEL YOUTUBE DENGAN VARIABEL INTERVENING. (H. P. Irawan, Penyunt.) 1-101.
Kaloka, R. A. (2023). PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI COMMUNITY ENGAGEMENT KEGIATAN HUBUNGAN MASYARAKAT SKALA MIKRO. (R. A. Kaloka, Penyunt.) Vol. 12, No. 2, Desember 2023, 1-12.
Khoa, B. T. (2021). The Impact of Chatbots on the Relationship between Integrated Marketing Communication and Online Purchasing Behavior in The Frontier Market. (B. T. Khoa, Penyunt.) Vol.13, No.1 (2021), 1-12.
Lieta Septiarysa, R. F. (2021). Anotasi rasa empati selama pandemi covid-19 pada konten digital pariwara youtube rosalia indah. (R. F. Lieta Septiarysa, Penyunt.) Vol 5, No 5 2021, 1-18.
Mathoril Hudha1, E. S. (2022). ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA YOUTUBE TERHADAP TAYANGAN #MATANAJWAMENANTITERAWAN DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER. (E. S. Mathoril Hudha1, Penyunt.) Vol. 5, No. 1, April 2022, 1-6.
Nuke Farida1, E. P. (2020). PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER TERHADAP MINAT BELI SUBSCRIBERS PADA CHANNEL YOUTUBE OTOMOTIF RIDWAN HANIF. (E. P. Nuke Farida1, Penyunt.) 1-9.
Pujiono, A. (2021). Media sosial sebagai media pembelajaran bagi generasi Z. manajemen, (1), 1-19.
Raharja, A. (2022, Januari 11). Fraud Adalah: Pengertian, 3 Faktor Pendorong serta Jenis. Dipetik April 14 , 2022, dari https://www.ekrut.com/media/fraud-adalah.
Rinaldi, P. A. (2024). Analisis Pengaruh Online Customer Review Di Youtube, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. (P. A. Rinaldi, Penyunt.)
Rosita, R. &. (2024). Pengaruh kualitas konten tik tok terhadap customer engagement pada customer queensha. . manajemen, 13(2), 1061-1071.
Saputra, R. A. (2024). PENGARUH LIVE STREAMING, CELEBRITY ENDORSEMENT, DAN ONLINE REVIEWS TERHADAP ONLINE SHOPPING BEHAVIOR MELALUI REPURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. (R. A. Saputra, Penyunt.) 1-76.
Septiani, S. R. (2024). Pengaruh konten Youtube Tasya Farasya terhadap tingkat kepercayaan konsumen mengenai produk. (S. R. Septiani, Penyunt.) 325-340.
Septiarysa, L. M. (2021). notasi rasa empati selama pandemi COVID-19 pada konten digital pariwara Youtube Rosalia Indah. (L. M. Septiarysa, Penyunt.) 451-468.
Singgalen, Y. A. (2024). Tren Coffee Vlog: Analisis Sentimen dan Toksisitas Pengguna Sharing Media Platform Youtube terhadap Konten Digital Latte Art dan Beverage Manufacturing by Latte Papa Channel. (Y. A. Singgalen, Penyunt.) Vol. 16, No. 2, [December], [2024], 1-18.
Solehudin, A. (2017, Agustus 15). Hambatan dan Resiko Penggunaan Obligasi Daerah sebagai Alternatif Pembiayaan Daerah. Dipetik April 14, 2022, dari https://inspektorat.tegalkab.go.id/2017/08/15/berita-baru/.
Sri Rezeki Septiani1, F. H.-Z. (2024). Pengaruh konten Youtube Tasya Farasya terhadap tingkat kepercayaan. (F. H.-Z. Sri Rezeki Septiani1, Penyunt.) Volume 2, No. 2, 2024, 1-16.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Ed. 2. Bandung: Alfabeta.
Susiawati, I. S. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. (I. S. Susiawati, Penyunt.)
udha, M. S. (2022). Analisis Sentimen Pengguna Youtube Terhadap Tayangan. (M. S. udha, Penyunt.)
Vol. 9, N. 2. (2020). PENGARUH DAYA TARIK DAN KREDIBILITAS BEAUTY VLOGGER SEBAGAI CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. (S. N. Durrotul Ainia, Penyunt.) Vol. 9, No. 2, Agustus 2020, 1-7.
Yuvita, H. P. (2024). Peran Kredibilitas Endorser Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Produk: The Role of Endorser Credibility in Increasing Product Purchase Interest. (H. P. Yuvita, Penyunt.) 65-75.