Main Article Content
Abstract
- Pos Indonesia (Persero) is a state-owned company, this company has been known by the public as a means of communication and also provides delivery services. This study uses quantitative data, typesof data that can be measured or can be calculated directly, in the form of information or explanation expressed by numbers or in the form of numbers.The sourceof data usedin this study is primary Data is a source of research data obtained directly from the original source (not through intermediaries).There are100 samplesin this study werethen processe dusing SPSS 23 and analyze dusing regression model sand inferential statistics with four tests, namely : 1) classical assumption Test 2) hypothesis test 3) multiple linear regression analysis 4) coefficient of determination analysis (R2).
The research results obtained: Variable Delivery Speed, Delivery Rates and Service Quality simultaneously affect the Demand for Package Delivery at PT. Pos Indonesia (Persero) Mamuju Branch. Delivery speed has a positive and significant effect on the Mamuju community's demand for package delivery services at PT. Pos Indonesia (Persero) Mamuju branch. Delivery rate variables have a positive and significant effect on Mamuju people's demand for package delivery services at PT. Pos Indonesia (Persero) Mamuju branch. Service quality variables have a positive and significant effect on Mamuju people's demand for package delivery services at PT. Pos Indonesia (Persero) Mamuju branch. PT. Pos Indonesia (Persero) Mamuju branch has a very big influence on the people of Mamuju city because the presence of the post office makes it easier for people to send letters and packages. From the research results the authors also found the results of 59.6% of the Dependent variable (Demand for package delivery) can be explained by the independent variables, namely: Delivery Speed (X1), Delivery Rates (X2), and Service Quality (X3) while the remaining 40.4% is explained by variables not included in this study.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abdi, H., (2022). Pengertian Jasa Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya dalam Ilmu Ekonomi. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024. https://www.liputan6.com/hot/read/4858697/pengertian-jasa-menurut-para-ahli-dan-ciri-cirinya-dalam-ilmu-ekonomi?page=2
- Anggelia, C., (2014). Analisis Pelayanan Jasa Pengiriman Paket pada PT. POS indonesia (persero) Pekanbaru. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024. https://media.neliti.com/media/publications/31759-ID-analisis-pelayanan-jasa-pengiriman-paket-pada-pt-pos-indonesia-persero-pekanbaru.pdf
- Armayani, F., (2013).Analisis Pengaruh Dimensi Servicescape Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Rawat Jalan Rs Unhas Dan Rs Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2013. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
- https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9741/1/faridaarma-2273-1-13 farid-8%201-2.pdf
- Enjeli, R., (2022), Analisis Determinan Permintaan Masyarakat Kota Padang Terhadap Jasa Pengiriman Paket Dikala Pandemi.Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
- https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/epb/article/download/13304/5133
- Fauziyah, R.N., (2024). Pengertian Teori Permintaan Beserta Penjelasannya. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
- https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-teori-permintaan/#google_vignette
- Goenadhi, L., Nobaiti., 2017. Pengantar Ekonomi Mikro. Scripta Cendekia.
- Herosian, M.Y., (2019)Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Dan Kemudahan Akses Layanan Aplikasi Belanja Online Dalam Peningkatan Daya Beli Masyarakat Kota Medan Di Era Revolusi Industri Marketing 4.0. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
- https://www.researchgate.net/profile/Mila-Herosian/publication/341675175_
- Idhom, A.M., (2023) Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024. https://tirto.id/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-permintaan-dan-penawaran-gjbb
- Kurniasari, D., (2021), Perbedaan Data Sekunder dan Data Primer yang Wajib Kamu Ketahui.Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024. https://dqlab.id/perbedaan-data-sekunder-dan-data-primer-yang-wajib-kamu-ketahui
- Mardiyanto, (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Jasa Pengiriman Paket Pos Domestik (Reguler dan Nextday) pada PT. Pos Indonesia (Persero) di Bandar Lampung. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
- http://digilib.unila.ac.id/71777/1/SKRIPSI%20TANPA%20PEMNAHASAN.pdf
- Natalia, (2023).Jasa Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa.Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024. https://accurate.id/bisnis-ukm/jasa-adalah/
- Permenhub, (2005). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 5 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Jasa Titipan. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
- https://peraturan.bpk.go.id/Details/160681/permenhub-no-5-tahun-2005
- Qothrunnada, K., (2023). Rumus Elastisitas Permintaan: Cara Menghitung, Jenis, Faktor, dan Contohnya. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
- https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7038354/rumus-elastisitas-permintaan-cara-menghitung-jenis-faktor-dan-contohnya
- Rasari, D., (2021). Analisis Permintaan Jasa Pengiriman Barang Via Online di Kota Makassar. dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
- https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/10145/4/A011171017_skripsi_19-10-2021%201-2.pdf
- Rusmijati, (2017). Teori Ekonomi Mikro 1. Graha Cendekia
- Risyad, S.A., (2023).Data Kualitatif Adalah: Definisi, Contoh, Teknik Analisanya. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024. https://dibimbing.id/blog/detail/apa-itu-data-kualitatif
- Shaid, N.J.,(2022). Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaandan Penawaran.dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
- https://money.kompas.com/read/2022/04/02/212958726/faktor-faktor-yang-memengaruhi-permintaan-dan-penawaran?page=all
- Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
- Talinusa, A.T., (2019). Analisis Determinan Permintaan Masyarakat Sulawesi Utara Terhadap Jasa Pengiriman Paket Pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) (studi kasus : Kantor Pos Manado). Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
- https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/25272
- Thabroni, G., (2022).Manajemen & Bisnis.Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.https://serupa.id/jasa-pelayanan-pengertian-karakteristik-klasifikasi-dimensi-dsb/
- Ulfa, M., (2023). Pendidikan Ekononomi, Faktor yang memengaruhi Elastisitas Permintaan dan Penawaran. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.https://tirto.id/faktor-faktor-yang-memengaruhi-elastisitas-permintaan-penawaran-gltm
- Widya, I.,(2021). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia (Soreang).” Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi 14(2):230–39. doi: 10.51903/kompak.v14i2.491.
- Wikipedia, (2024). Elastisitas Permintaan. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.https://id.wikipedia.org/wiki/Elastisitas_permintaan
- Yulianto, H, S., (2023). Pengertian Jasa beserta Ciri dan Jenisnya. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
- https://www.bola.com/ragam/read/5313923/pengertian-jasa-beserta-ciri-dan-jenisnya?page=2
References
Abdi, H., (2022). Pengertian Jasa Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya dalam Ilmu Ekonomi. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024. https://www.liputan6.com/hot/read/4858697/pengertian-jasa-menurut-para-ahli-dan-ciri-cirinya-dalam-ilmu-ekonomi?page=2
Anggelia, C., (2014). Analisis Pelayanan Jasa Pengiriman Paket pada PT. POS indonesia (persero) Pekanbaru. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024. https://media.neliti.com/media/publications/31759-ID-analisis-pelayanan-jasa-pengiriman-paket-pada-pt-pos-indonesia-persero-pekanbaru.pdf
Armayani, F., (2013).Analisis Pengaruh Dimensi Servicescape Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Rawat Jalan Rs Unhas Dan Rs Wahidin Sudirohusodo Makassar Tahun 2013. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/9741/1/faridaarma-2273-1-13 farid-8%201-2.pdf
Enjeli, R., (2022), Analisis Determinan Permintaan Masyarakat Kota Padang Terhadap Jasa Pengiriman Paket Dikala Pandemi.Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/epb/article/download/13304/5133
Fauziyah, R.N., (2024). Pengertian Teori Permintaan Beserta Penjelasannya. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-teori-permintaan/#google_vignette
Goenadhi, L., Nobaiti., 2017. Pengantar Ekonomi Mikro. Scripta Cendekia.
Herosian, M.Y., (2019)Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Dan Kemudahan Akses Layanan Aplikasi Belanja Online Dalam Peningkatan Daya Beli Masyarakat Kota Medan Di Era Revolusi Industri Marketing 4.0. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
https://www.researchgate.net/profile/Mila-Herosian/publication/341675175_
Idhom, A.M., (2023) Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024. https://tirto.id/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-permintaan-dan-penawaran-gjbb
Kurniasari, D., (2021), Perbedaan Data Sekunder dan Data Primer yang Wajib Kamu Ketahui.Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024. https://dqlab.id/perbedaan-data-sekunder-dan-data-primer-yang-wajib-kamu-ketahui
Mardiyanto, (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Jasa Pengiriman Paket Pos Domestik (Reguler dan Nextday) pada PT. Pos Indonesia (Persero) di Bandar Lampung. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
http://digilib.unila.ac.id/71777/1/SKRIPSI%20TANPA%20PEMNAHASAN.pdf
Natalia, (2023).Jasa Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa.Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024. https://accurate.id/bisnis-ukm/jasa-adalah/
Permenhub, (2005). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 5 Tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Jasa Titipan. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
https://peraturan.bpk.go.id/Details/160681/permenhub-no-5-tahun-2005
Qothrunnada, K., (2023). Rumus Elastisitas Permintaan: Cara Menghitung, Jenis, Faktor, dan Contohnya. Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
Rasari, D., (2021). Analisis Permintaan Jasa Pengiriman Barang Via Online di Kota Makassar. dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/10145/4/A011171017_skripsi_19-10-2021%201-2.pdf
Rusmijati, (2017). Teori Ekonomi Mikro 1. Graha Cendekia
Risyad, S.A., (2023).Data Kualitatif Adalah: Definisi, Contoh, Teknik Analisanya. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024. https://dibimbing.id/blog/detail/apa-itu-data-kualitatif
Shaid, N.J.,(2022). Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaandan Penawaran.dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.
Talinusa, A.T., (2019). Analisis Determinan Permintaan Masyarakat Sulawesi Utara Terhadap Jasa Pengiriman Paket Pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) (studi kasus : Kantor Pos Manado). Dikutip pada hari Jumat, 05 Januari 2024.
https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/25272
Thabroni, G., (2022).Manajemen & Bisnis.Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.https://serupa.id/jasa-pelayanan-pengertian-karakteristik-klasifikasi-dimensi-dsb/
Ulfa, M., (2023). Pendidikan Ekononomi, Faktor yang memengaruhi Elastisitas Permintaan dan Penawaran. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.https://tirto.id/faktor-faktor-yang-memengaruhi-elastisitas-permintaan-penawaran-gltm
Widya, I.,(2021). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Menggunakan Jasa Pengiriman PT Pos Indonesia (Soreang).” Kompak :Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi 14(2):230–39. doi: 10.51903/kompak.v14i2.491.
Wikipedia, (2024). Elastisitas Permintaan. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.https://id.wikipedia.org/wiki/Elastisitas_permintaan
Yulianto, H, S., (2023). Pengertian Jasa beserta Ciri dan Jenisnya. Dikutip pada hari Rabu, 19 Juni 2024.
https://www.bola.com/ragam/read/5313923/pengertian-jasa-beserta-ciri-dan-jenisnya?page=2