Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian produk fesyen oleh anggota Generasi Z di situs e-commerce Shopee. Variabel independen yang digunakan adalah “Perceived E-WOM”, “Perceived Price,” “Perceived Quality,” “Perceived Emotional Value,” “Perceived Risk,” dan “Trust”, sedangkan variabel dependen adalah “Purchase Decision”. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan mensurvei 350 konsumen setia Shopee di Kabupaten Gresik dengan menggunakan kuesioner daring. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS 4.0. “Perceived E-WOM, Perceived Price, Perceived Quality, Perceived Emotional Value, dan Trust” merupakan lima dari enam faktor yang secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian akhir konsumen. Di sisi lain, Perceived Risk tidak memberikan hasil yang signifikan. Enam faktor tersebut mencakup 85,9% varians dalam pilihan pembelian, menurut nilai R-kuadrat sebesar 0,859. Hasil ini memiliki konsekuensi signifikan bagi kampanye pemasaran e-commerce fesyen yang menargetkan demografi Gen-Z

Keywords

Perceived E-WOM, Perceived Price, Perceived Quality, Perceived Emotional Value, Perceived Risk, Trust, Purchase Decision, Gen-Z, Shopee.

Article Details

How to Cite
Diana, Y. ., & Krisnawati , W. . (2025). Determinan Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Aplikasi Shopee: Persepsi Gen-Z. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 692–705. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1456

References

  1. Aprilia, P. W., & Krisnawati, W. (2023). Faktor – Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Layanan Spotify Premium. 4(3), 326–338.
  2. Asaro, A. K. (2025). Preferensi Konsumen Gen Z terhadap Tren Customization dalam Produk Pakaian untuk Pengembangan Strategi Pemasaran. Journal Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan.
  3. Badriyah Badriyah, Sukiyah Sukiyah, Siti Mariskah, & Riki Gana Suyatna. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Membeli Seblak Di Daerah Tirtayasa. Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 288–294. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i1.567
  4. Brilliyan, P. C. W., Surianto, M. A., & Wenti Krisnawati. (2022). Pengaruh Keberagaman Produk, Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Bukalapak. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2.
  5. Ciputra, W., & Prasetya, W. (2020). Analisis Pengaruh E-Service Quality, Perceived Value Terhadap Customer Satisfaction, Trust, dan Customer Behavioral Intention. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(2), 109. https://doi.org/10.37535/103001220201
  6. Databoks, (2024).
  7. Firnanda, A. A., & Krisnawati, W. (2023). The effect of advertising attractiveness , influencer marketing , online customer review , and brand image on purchase decision Somethinc. 13(July 2022).
  8. Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Concepts, Techniques, and Applications Using the SmartPLS (Edisi 2). Badan Penerbit.
  9. GoodStats Data. (2023). Menilik Jumlah Pengguna Sosial Media 2013 - 2013.
  10. Hadinata, Y. (2020). the Effect of Perceived Quality and Brand Image on Brand Trust. Journal Of Research in Economic and Management, 18(1), 1–10.
  11. Immanuel, D. M. (2020). Engaging Purchase Decision of Customers in Marketplace Channel: A Study of Fashion Online Retail. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2). https://doi.org/10.26905/jbm.v7i2.4451
  12. Krisnawati, W. (2020). Pengaruh Online Procrastination , Product Feature , Dan Social Influence Pada Purchase Intention Di Marketplace Shoppee. 6(2), 210–215.
  13. Kusuma, A. C., Listyorini, S., & Surharto P. Hadi. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11.
  14. Maghfiroh, W. I., Himawan, A. F. I., Sukaris, S., & Krisnawati, W. (2022). Pengaruh E-Service Quality, E-Trust dan E-Satisfaction Terhadap E-Customer Loyalty pada Pengguna BRI Mobile (BRImo). SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 481–486. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.251
  15. Mardani, W. A. P., & Krisnawati, W. (2022). Visual Merchandising, Celebrity Endorsers, Advertisement Creativity, and E-Service Quality on Netflix Purchase Decision. Interdisciplinary Social Studies, 1(6), 773–782. https://doi.org/10.55324/iss.v1i6.155
  16. Masruroh, I., Sumartik., & Sari, D. K. (2022). Eservice Quality Trust Brand Image Customer Loyalty Dynamics. Journal of Business Economics and Agribusiness.
  17. Ningsih, & Rahmawati I. (2022). Analisis Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian pada Online Shop Shopee. Jurnal Inovasi Penelitian, 2, 779–784.
  18. Nitta, M. A., & Wardhani, N. I. K. (2022). Kepercayaan dalam Memediasi Keamanan dan Persepsi Resiko terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(2), 1105–1120. https://doi.org/10.31539/jomb.v4i2.5046
  19. Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. T., & Jorie, R. J. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang. Emba, 10(1), 68–77.
  20. Peter, J, P., & J.c, O. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
  21. Priporas, C-V, N, S., & Kamenidou. (2020). City image, city brand personality, and generation Z residents;Predictors of city related social media engagement. Journal of Business Research.
  22. Riyadini, N. G., & Krisnawati, W. (2022). Content Marketing, Brand Awareness, and Online Customer Review on Housewives’ Purchase Intention on Shopee. Interdisciplinary Social Studies, 1(6), 733–741. https://doi.org/10.55324/iss.v1i6.149
  23. Rosmaniar, A., Rahmawati, A., Riandi, R., Martasari, S. S., & Ganesha, T. P. (2021). The Effect of Price, Product Quality, and Consumer Satisfaction on Purchasing Decisions at Thrift Stores on Instagram.
  24. Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87–96. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.442
  25. Sari, Lubis, A., & Jufrizen J. (2021). The Effect of Financial Literature and Self Control on Consumption Behavior. Journal International Economics, Business, Accounting Agricultur Management and Sharia Administration (IJEBAS), 135–144.
  26. Senggetang, Vania, S., & Mandey L. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
  27. Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya, 5(2), 1148–1160. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.689
  28. William H Frey. (2020). The Millenials Generation : a Demograpic Bridge ro America Diverse Culture.
  29. Yeo, S. F., Tan, C. L., Kumar, A., Tan, K. ., & Wong, J. . (2022). Investigating The Impact of Al-powered technologies on Instagrammers purchase decisions in digitalization era-A study of the fashion and apparel industry. Technological Forecasting and Social Changed.
  30. Yuni Anggriani, & Ismunandar, I. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Perceived Quality Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Ms Glow Di Kota Bima. JUEB : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 71–81. https://doi.org/10.55784/jueb.v1i2.120
  31. Zahari, N., Rosbi, S., Ibrahim, S., & Kamaruddin, N. S. (2022). The Influences of Social Value and Emotional Value on the Purchase Intention towards Sportswear in Perlis, Malaysia. International Journal of Advanced Research in Economics and Finance, 4(1), 68–79. https://doi.org/10.55057/ijaref.2022.4.1.8