Main Article Content

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam aktivitas berdonasi. Platform crowdfunding seperti Kitabisa.com memberikan alternatif baru bagi masyarakat, khususnya generasi muda, untuk berdonasi secara praktis, mudah, cepat, dan transparan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, kepercayaan, kemudahan, dan media sosial terhadap minat berdonasi melalui aplikasi Kitabisa.com. Penelitian ini menggunakan teknik quota sampling dengan jumlah sampel masing-masing 100 mahasiswa dari Program Studi S-1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Diponegoro. Dari hasil analisis regresi linear berganda didapatkan bahwa pengetahuan, kepercayaan, kemudahan, dan media sosial masing-masing berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat berdonasi melalui platform Kitabisa.com. Selain itu, uji beda menunjukkan tidak terdapat perbedaan minat berdonasi antara mahasiswa kedua universitas. Temuan ini menguatkan bahwa faktor personal, faktor platform seperti kepercayaan dan kemudahan penggunaan, serta peran media sosial berkontribusi secara signifikan dalam membentuk perilaku berdonasi di era digital.

Keywords

Pengetahuan Kepercayaan Kemudahan Media Sosial Minat Berdonasi

Article Details

How to Cite
Hapsari, D. R. D., & Kurnia Rina Ariani. (2025). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Media Sosial Terhadap Minat Berdonasi Pada Aplikasi Crowdfunding Kitabisa.Com. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 931–945. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1458

References

  1. Amalina, R. A. (2021). Berdonasi Via Platform Crowdfunding (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya) [Universitas]. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB (Vol. 9, Issue 2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7710
  2. Bhandari, D., & Yadav, N. K. (2020). Developing An Integrated Emergency Medical Services in a Low-Income Country Like Nepal: A Concept Paper. International Journal of Emergency Medicine, 13(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/s12245-020-0268-1
  3. Bonang, D., & Baihaqi, M. (2022). The Effect of Trust, Brand Awareness, and Social Piety in Donation Decisions Through Digital Platforms. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 23(2), 306–326. https://doi.org/10.18860/ua.v23i2.17596
  4. D Harlan. (2014). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Risiko Persepsian Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan E-Banking Pada UMKM di Kota Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
  5. Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319–340. https://doi.org/10.5962/bhl.title.33621
  6. Dr. Mahyani. (2013). Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis Tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4, 13–23.
  7. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, (Edisi 9). Universitas Diponegoro. http://slims.umn.ac.id//index.php?p=show_detail&id=19545
  8. Gujarati, D. N. (2003). Basic Econometrics (4th edition). In The Economic Journal (Vol. 82, Issue 326). https://doi.org/10.2307/2230043
  9. Hasna, S., & Irwansyah. (2019). Pengaruh Inovasi Crowdfunding Terhadap Keputusan Berdonasi. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Digital Zone, 10(2), 144–156. https://doi.org/10.31849/digitalzone.v10i2.2719
  10. Irawan, D., Puspitasari, A. A., Astuti, S. W. W., & Widyastuti, A. (2022). Persepsi Keamanan, Kepercayaan, dan Akuntabilitas Perusahaan Terhadap Niat Berdonasi Melalui Fintech Crowdfunding. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 73–89. https://doi.org/10.24269/iso.v6i1.1035
  11. Irawati, N., & Fitriyani, E. N. (2022). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Sedekah Non Tunai. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(2), 179–202. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i2.4779
  12. Kamarudin, M. K., Mohamad Norzilan, N. I., Mustaffa, F. N. A., Khidzir, M., Alma’amun, S., Nor Muhamad, N. H., Abu-Hussin, M. F., Noor Zainan, N. I., Abdullah, A. H., & Samat-Darawi, A. B. (2023). Why Do Donors Donate? A Study on Donation-Based Crowdfunding in Malaysia. Sustainability, 15(5), 1–16. https://doi.org/10.3390/su15054301
  13. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
  14. Kerkhof, J. (2016). The Influence of A Social Network and Social Interactions on The Success of A Crowdfunding Campaign Via An Internet Platform . Each individual can provide a small amount of. 7th IBA Bachelor Thesis Conference, July 1st, 2016, Enschede, The Netherlands.
  15. Khairunnisa, A. H., Ningrum, J. W., Huda, N., & Rini, N. (2020). Pengaruh Literasi Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS), Kepercayaan, dan Brand Awareness terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(02), 284–293. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i2.7611.
  16. Lee, J., & Choi, H. (2018). Rethinking The Flipped Learning Pre-Class: Its Influence on The Success of Flipped Learning and Related Factors. British Journal of Educational Technology, 00(00). https://doi.org/10.1111/bjet.12618
  17. Li, Y., & Yu, L. (2020). Factors Influencing Social Media Users’ Continued Intent to Donate. Sustainability, 12(3). https://doi.org/10.3390/su12030879
  18. Linardi, C., & Nur, T. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berdonasi Melalui Platform Crowdfunding. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(2), 249–267. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i2.181
  19. Mangold, W. G., & Faulds, D. J. (2009). Social Media: The New Hybrid Element of The Promotion Mix. Business Horizons, 52(4), 357–365. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.03.002
  20. Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An Integrative Model of Organizational Trust. The Academy of Management Review, 20(3), 709–734. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/258792
  21. Nafidzah, I. (2020). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berdonasi Secara Online di Kitabisa.Com. Universitas Brawijaya.
  22. Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data Untuk Penelitian. Jayapangus Press Books.
  23. Nisa, A., & Renata, D. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(2), 119. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3058
  24. Purwanto, N. (2021). Wanita Dan Belanja : Aspek Motivasi Dilihat Dari Sudut Pandang Perilaku Konsumen. AKUNTABILITAS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 14(2), 75–87. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v13i2.1812
  25. Riley, J. M., Collins, D., & Collins, J. (2019). Nursing Students’ Commitment and The Mediating Effect of Stress. Nurse Education Today, 76(May 2018), 172–177. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.01.018
  26. Rohmah, I. L., Ibdalsyah, & Kosim, A. M. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Berdonasi, dan Efektifitas Penyaluran Menggunakan Fintech Crowdfunding Terhadap Minat Membayar Zakat, Infaq, Shadaqoh. Kasaba: Jurnal Ekonomi Islam, 13(1), 42–51. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/KASABA
  27. Romdhoni, A. H., & Ratnasari, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan , Kualitas Pelayanan , Produk , dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136–147. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.- 29040/jiei.v4i02.307
  28. Roscoe, J. T. (1975). Fundamental Research Statistics for the Behavioral Sciences (2nd Edition). Holt, Rinehart and Winston.
  29. Sari, A. P., Ridwan, M., & Sugianto. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Kualitas Proyek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Berdonasi Secara Online pada Platform Crowdfunding Kitabisa.Com. TANSIQ: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Syariah, 2(1), 43–66.
  30. Setiawan, F. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Terhadap Minat Berdonasi Secara Online Di Dompet Dhuafa. Universtitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
  31. Sitanggang, M. H. A., & Manalu, S. R. (2018). Memahami Mekanisme Crowdfunding dan Motivasi Berpartisipasi Dalam Platform Kitabisa.Com. Interaksi Online, 6(3), 24–34.
  32. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Alfabeta.
  33. Susanti, M. D., & Marita, K. W. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di Bmt Bina Umat Sejahtera Kalijambe. IAIN Surakarta.
  34. Taufiqurohman, K., & Fadilla, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan E-Trust terhadap Keputusan Berdonasi Digital Generasi Z pada Aplikasi Kitabisa. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(3), 290–299. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i3.2094
  35. Taylor, S., & Todd, P. A. (1995). Understanding Information Technology Usage: A Test of Competing Models. Information Systems Research, 6(2), 144–176.
  36. Tifani, S. D. (2021). Efektivitas Konten Instagram @Kitabisacom Terhadap Minat Berdonasi Mahasiswa di Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
  37. Utomo, H. N., & Yuliana, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Jejaring Tiktok Terhadap Moralitas dan Etika Mahasiswa. Triwikrama : Jurnal Ilmu Sosial, 2(1), 2023–2050. www.moneysmart.id,
  38. Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 46(2), 186–204. https://doi.org/DOI:10.1287/mnsc.46.2.186.11926
  39. Widyawati. (2020). Buku Ajar Promosi Kesehatan untuk Mahasiswa Keperawatan.