Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan digital marketing terhadap purchase intention (niat beli) kain tenun Sekomandi pada UMKM di Desa Hinua, Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 30 responden yang telah membeli kain tenun Sekomandi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Demikian pula, digital marketing juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Secara simultan, brand image dan digital marketing berpengaruh signifikan terhadap niat beli konsumen terhadap produk kain tenun Sekomandi. Temuan ini mengindikasikan pentingnya strategi penguatan citra merek dan optimalisasi media digital dalam memasarkan produk budaya lokal agar mampu meningkatkan minat beli masyarakat. Penelitian ini juga merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan pasar secara berkelanjutan.

Keywords

Brand Image Digital Marketing Purchase Intention

Article Details

How to Cite
Sukmarintis Naga, Andi Indra Martini, & Hari Yeni. (2024). Pengaruh Brand Image dan Digital Marketing Terhadap Purchase Intention Kain Tenun Sekomandi Pada UMKM di Desa Hinua Kecamatan Bonehau. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(4), 642–650. https://doi.org/10.57178/paradoks.v7i4.1464

References

  1. Baronah, Yoebrilianti, A., & Nurhayani. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Influencer Marketing Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Manajemen (JAKMEN), 2(2), 87–98. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/Jakmen/article/view/7526
  2. Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2021). Ragam Hias Hayati. NBER Working Papers, 89. http://www.nber.org/papers/w16019
  3. Budiono, G. A., & Slamet, F. (2022). Pengaruh EWOM, Kesadaran Merek, Citra Merek terhadap Intensi Pembelian Konsumen Produk Perawatan Kulit di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 4(4), 997–1007. https://doi.org/10.24912/jmk.v4i4.20563
  4. Dianti, Y. (2022). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Afrilia 2018, 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
  5. Erna (2022). kajian pustaka, 6–25.
  6. Fitrawan Putro, I., Vandayuli Riorini, S., & Nicolas Aldo, P. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image dan Brand Trust terhadap Purchase Intention Smartphone Apple. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(4), 1221–1229. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i4.125
  7. Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 409–418. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.147
  8. Kain, B. (2023). Pesona Kain Sekomandi, Wastra Tenun Sulawesi Barat Yang Usianya Hampir Lima Abad. dari https://www.bahankain.com/2023/05/15/pesona-kain-sekomandi-wastra-tenun-sulawesi-barat-yang-usianya-hampir-lima-abad
  9. Khoiriah. (2022). Metode Penelitian. 32–41.
  10. Kini, T. S. (2019). Kain Tenun Sekomandi: Berusia Ratusan Tahun, Nilai Jual Sangat Tinggi. Dari https://kumparan.com/sulbarkini/kain-tenun-sekomandi-berusia-ratusan-tahun-nilai-jual-sangat-tinggi-1rmkNkgoB5f/full
  11. Maratus, S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth Dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pelatihan di LPP Patriot Bangsa Aviation Training Center. 4(1), 1–23. https://repository.stimykpn.ac.id/362/
  12. Mufidah, F. Z., Leo, G., & Februadi, A. C. (2022). Intensi Pembelian terhadap Makanan Berbasis Nabati: Pengaruh Nilai Konsumsi dan Risiko. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 13(01), 1179–1185. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/4211
  13. NR Widodo. (2022). Pengaruh Kualitas Konten, Motif Hedonisme, Dan Keterlibatan Pelanggan Terhadap Intensi Pembelian Produk Oleh Generasi Z Pada Sociolla. 9–28.
  14. Nuzulia, A. (2023). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
  15. Rahayu, Y. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Jasa PT Pos Indonesia. Public Service And Governance Journal, 4(1), 224–229.
  16. Rahmawati. (2019). Hubungan Positif Antara Iklan Komparatif Produk Kosmetik Dengan Intensi Pembeli Pada Remaja. 1–27.
  17. Rizkia, S. (2021). Digital Marketing dan Ragam Produk terhadap Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee Studi Kasus Mahaiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus. 10–35.
  18. Safitri, J., & Khasanah, A. U. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image, Kualitas Produk, Dan Digital Marketing Terhadap Minat Pembelian Produk Nadiraa Hijab. Ajie, 07, 5–13. https://doi.org/10.20885/ajie.vol7.iss1.art2
  19. Sarah Maghfira, Y. K. (2022). Pengaruh Iklan dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Konsumen Humble Coffee. Repository UNPAS. http://repository.unpas.ac.id/59870/5/BAB III.pdf
  20. Sasongko, A. (2020). Kain Tenun Sekomandi Kerajinan Khas Sulbar. Dari https://news.republika.co.id/berita/qcqpmj313/kain-tenun-sekomandi-kerajinan-khas-sulbar
  21. Sinambela. (2020). Student Union jurusan International Business Management periode 2020/2021. 2015, 28–36.
  22. SINDOnews, T. (2022). Mengenal Sekomandi, Tenun Khas Sulbar Berbahan Dasar Serat Alam. dari https://daerah.sindonews.com/read/740883/787/mengenal-sekomandi-tenun-khas-sulbar-berbahan-dasar-serat-alam-1649739883
  23. Steffi, M., & Miharni, T. (2023). Jmbk_Marcella_Miharni_1048-1057.pdf (pp. 1048–1057).
  24. Suryam Dora, D. (2020). Studies On Variation In Milk Production And It’s Constituents During Different Season, Stage Of Lactation And Parity In Gir Cows M.V.Sc D Suryam Dora Livestock, 6–18.
  25. Syari, F. (2022). Metode Penelitian, 32–41.
  26. Tanuwijaya, E., & Muljan, N. (2021). Pengaruh Brand Trust, Brand Affect dan Brand Quality Terhadap Brand Loyalty Dove Di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 471–484.
  27. Tiara.D. (2022). Hubungan Antara Citra Diri Dengan Intensi Membeli Produk Sepatu Bermerek Tiruan. 1–48.
  28. Wati, D. A. (2023). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Pengendali Resiko Selisih Persediaan Barang Dagang. 5, 47–52. https://repository.stiedewantara.ac.id/3943/
  29. Wilson, N. (2020). Analisis Pengaruh Dimensi Celebrity Endorser Terhadap Kesadaran Merek Dan Intensi Pembelian: Studi Kasus Pada Sektor Chinese-Brand Smartphone Di Indonesia [Analysis of the Effect of Celebrity Endorser Dimensions on Brand Awareness and Purchase Intention: . DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 15(1), 15. https://doi.org/10.19166/derema.v15i1.2248
  30. Wariki. G. M, Mananeke. L, dan Tawas. H. (2022). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073-1085.