Main Article Content

Abstract

Penelitian ini “bertujuan untuk menganalisis pengaruh Konten Iklan Pinjaman Online terhadap keputusan pembelian impulsif pada Generasi Z dan Milenial, dengan faktor psikologis sebagai variabel mediasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya tren iklan penggunaan layanan pinjaman digital secara online. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konten Iklan Pinjaman Online memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Faktor Psikologis serta Pembelian Impulsif. Variabel Konten Iklan memengaruhi Faktor Psikologis sebesar 26,5% dan Pembelian Impulsif sebesar 26,1%. Namun, Faktor Psikologis tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif, yang berarti variabel ini tidak berperan sebagai mediasi dalam hubungan antara konten iklan dan Pembelian Impulsif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis dengan bantuan SPSS. Penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan iklan dapat secara langsung memengaruhi keputusan pembelian yang impulsif, khususnya pada kalangan muda, tanpa melalui proses psikologis yang mendalam.”

Keywords

generasi Z Impulse Buying faktor psikologis Iklan Pinjaman online

Article Details

How to Cite
Zaneta Brenda, & Shandy Puspita. (2025). Analisis Pengaruh Terpaan Konten Iklan Pinjaman Online Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Gen Z dan Milenial dengan Faktor Psikologis sebagai Variabel Mediasi. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 1413–1426. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1495

References

  1. Amasuba, A. O., & Apriani, A. (2024). The Dynamics of Impulse Buying: Exploring the Impact of Price. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 485.
  2. Arsulla, Risnita, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan. Jurnal Pendidikan Tambusai.
  3. Cahyani, S. R., & Artanti, Y. (2023). Pengaruh Online Customer Trust dan Online Store Environment Terhadap Online Impulse Buying Produk Fashion Melalui Perceived Enjoyment Pada Konsumen TikTok Shop. Jurnal Ilmu Manajemen.
  4. Dewayani, T. (2021, Mei). Menyikapi Pinjaman Online, Anugerah atau Musibah. Diambil kembali dari DJKN, Kementrian Keuangan: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-jabar/baca-artikel/14040/Menyikapi-Pinjaman-Online-Anugerah-atau-Musibah.html
  5. Fadillah, M. Y., & Iswati. (2018). Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Madu Wild Bee, 182.
  6. Judijanto, L., & Wattiheluw, S. Y. (2024). Faktor Psikologis yang MempengaruhiPengambilan Keputusan Konsumen dalam Konteks Loyalitas Merek.
  7. Kusuma, H., & Asmoro, W. K. (2020). PERKEMBANGAN FINANCIAL TECHNOLOGI (FINTECH). Jurnal IAIN Kediri.
  8. Maisah, S. (2024). Teknik Pengumpulan Data Penelitian. Diambil kembali dari Unit Pengelola Jurnal Ilmiah: https://uptjurnal.umsu.ac.id/teknik-pengumpulan-data-dalam-penelitian/
  9. Mawarni, P. N. (2022). Pengaruh Sikap, Norma dan Prilaku Konsumen Terhadap Niat Beli Pada UD Cahaya Camilan Singaraja.
  10. Mundzir, K. L. (2024). HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED RISK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta .
  11. Putri, A. B. (2022). HUBUNGAN ANTARA PERCEIVED RISK DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA. Jurnal Online Unesa.
  12. Rachmawati, A., & Yudhawati, D. (2022). Gaya Kognitif Konsumen Pada Fintech Peer To Peer Terhadap Literasi Keuangan. Psycho Idea.
  13. Reswan, Y., Wahyuni, P., & Ristontowi. (2024). Sosialisasi Dampak dan Bahaya Pinjaman Online di Desa Bandung Ayu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kerja Nyata, 56.
  14. Robika, Y., Warneri, & Budiman, J. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP IMPULSIVE BUYING MAHASISWA DI RUSUNAWA UNTAN. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa.
  15. Salsabila, C. B., & Rachmi, A. (2023). Pengaruh Iklan dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian di Poskopi Zio Jomblang.
  16. Sandra, J. V., & Anjaningrum, W. D. (2021). Pengaruh Suasana Toko dan Diskon Terhadap Pembelian Impulsif pada Matahari Departement Store Pasar Besar Malang. JPRO, 52.
  17. Satria, R., & Imam, D. C. (2024). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bahtera Adi Jaya Periode 201-2022. AL-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah.
  18. Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
  19. Supriyanto, E., & Ismawati, N. (2019). Sistem Informasi Fintech Pinjaman Online Berbasis Web. Jurnal UMJ.
  20. Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 26.
  21. Timo, K. E., & Nuban, F. T. (2021). Pengaruh Terpaan Konten Iklan Layanan Pinjaman Online Terhadap Pembelian Impulsif Pada Gen Z. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial.
  22. Uyun, L., Herwiyanti, E., & Budiarti, L. (2024). Dampak Pinjol Pada Generasi Z dan Generasi Milenial. Jurnal Unindra.
  23. Wale, N. B., & Situmorang, T. P. (2023). Analisis Impulsif Buying Pada Belanja Online (Study pada Konsumen Online Shop Waingapu Blessing). Journal Of Social Science Research.
  24. Waruwu, M., Natijatul, S., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif : Konsep Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
  25. Wati, R. K., & Soediro. (2022). Kontroversi Pinjaman Online Ditinjau Dari Perspektif Moral. Kosmik Hukum.
  26. Wijayanti, S. (2022). Dampak Aplikasi Pinjaman Online Terhadap Kebutuhan dan Gaya Hidup Konsumtif Buruh Pabrik. Jurnal Ekonomi dan Akutansi, 233.
  27. Yuniarti, Y., Tan, M. I., Siregar, A. P., & Amri, A. I. (2021). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSE BUYING KONSUMEN SAAT MOMENT HARI BELANJA ONLINE (HARBOLNAS). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu).