Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian tas Noken di UMKM Kota Jayapura, dengan keunggulan kompetitif sebagai variabel mediasi. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya inovasi dalam menciptakan diferensiasi dan daya tarik konsumen terhadap produk lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis AMOS dengan sampel sebanyak 110 responden. Hasil uji menunjukkan bahwa inovasi produk tidak memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian dengan CR 1.224 dan nilai p 0.221. Inovasi produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keunggulan kompetitif dengan CR 3.281 dan nilai p 0.001, serta keunggulan kompetitif juga memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan CR 3.174 dan nilai p 0.002. Hasil uji mediasi menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif secara signifikan memediasi hubungan antara inovasi produk dan keputusan pembelian dengan nilai p <0,05. Temuan ini menegaskan bahwa inovasi produk hanya berdampak pada keputusan pembelian melalui pembentukan persepsi yang kuat tentang keunggulan kompetitif. Pemain UMKM disarankan untuk fokus pada inovasi tidak hanya pada aspek estetika atau teknis, tetapi juga pada strategi komunikasi nilai tambah produk, serta perlunya pemerintah daerah memperkuat program bantuan inovasi terintegrasi untuk memperkuat posisi produk lokal di pasar.

Keywords

Pengaruh Inovasi Keputusan Pembelian Keunggulan Bersaing UMKM

Article Details

How to Cite
Mangginte, H. R., Khotimah, K., Husen, S., Akbar, M. A., & Fachril, F. (2025). Peran Keunggulan Bersaing dalam Memediasi Pengaruh Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian: Studi pada UMKM Tas Noken di Kota Jayapura. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 1145–1159. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1520

References

  1. Agusto/tang (2022), Strategi memasuki pasar baru dengan instrumen-instrumen mendasar dari strategi pertumbuhan Aryo Angkasa,
  2. Arison Nainggolan (2018), competitive advantage dan upaya meningkatkan laba perusahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Methodist Indonesia
  3. Baron David, Kenny (1986), Research: Conceptual, Strategic, and Statistical Considerations, Journal of Pe~nality and Social Psychology
  4. Cindy Magdalena Gunarsih J.A.F. Kalang (2021), Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang, Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sam Ratulangi
  5. Devi Amiliana, Abdul Chamid, (2022), Penerapan strategi pemasaran dan penetapan harga untuk meningkatkan daya beli konsumen, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis
  6. Diah Ernawati (2019), pengaruh kualitas produk, inovasi produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk “Hi Jack Sandals Bandung”.
  7. Edia Satria (2023), keputusan pembelian yang ditinjau dari pengaruh citra merek, persepsi harga, dan kualitas produk (Studi Kasus Pada Toko Bangunan Berkah Desa Lempur Danau)
  8. Farah Aulia Ernawati, (2024), Pengaruh Strategi Pemilihan Pasar, Diferensiasi Produk, dan Aliansi Strategis terhadap Keunggulan Bersaing Farah Aulia Ernawati1, Hapzi Ali2 1 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  9. Ferdinand (2017), Analisis Model Struktural dengan metode Model Berjenjang Edisi-2 Terbitan FEB Undip
  10. Gunday et al., (2011), effects of innovation types on firm performance, Sabanci University, Faculty of Engineering and Natural Sciences
  11. Hairul, buchory 2021, studi untuk menguji pengaruh budaya, tipe produk, dan harga terhadap minat beli konsumen pada produk-produk online. Mina Angkasa
  12. LIZA Keyvia Setio Chintany, Freddy Rangk (2024), analisis strategi digital marketing, kualitas pelayanan dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing pada jasa wedding planner sanggar Program Studi Magister Manajemen, Konsentrasi Strategi Bisnis, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie
  13. Laurensius Panji Ragatirta1, Erna Tiningrum (2020), atmosphere store, desain produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian, Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan
  14. Muhammad Rhendria Dinawan (2010), analisis faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian (Studi kasus pada konsumen Yamaha Mio PT Harpindo Jaya Semarang), Magister Manajemen Undip
  15. Rahman Dwiyatm, Sigit Indrawijaya, (2024), Pengaruh orientasi kewirausahaan dan kualitas pelayanan terhadap kinerja bisnis laundry dengan keunggulan bersaing sebagai intervening Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo 2)Program Magister Manajemen FEB Universitas Jambi
  16. Rahmadani, Siti Qomariah (2022), Menciptakan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Dengan Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Dunia Pendidikan Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama
  17. Rudi Santoso, Martinus Sony Erstiawan, Angen Yudho Kisworo (2020), Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan, Efekvifitas Iklan, dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian
  18. Sinta Maryana, Berlintina Permatasari,(2021), pengaruh promosi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung)
  19. Yani Restiani Widjaja, Wildan, 2023, Pengaruh inovasi produk, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor
  20. Vivek, S. D., Beatty, S. E., & Morgan, R. M. (2012). Customer Engagement: Exploring Customer Relationships beyond Purchase. Journal of Marketing Theory and Practice,20,122-146. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679200201