Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana akuntabilitas, pemahaman akuntansi, dan kompetensi sumber daya manusia berperan dalam meningkatkan efektivitas pengelolaan keuangan di Sekolah Dasar Negeri yang berada di wilayah Kabupaten Ponorogo. Dalam pengelolaan dana pendidikan, faktor-faktor tersebut dinilai krusial untuk menjamin efisiensi dan akuntabilitas penggunaan dana, khususnya Dana BOS yang berasal dari APBN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada para bendahara serta kepala sekolah di sejumlah Sekolah Dasar Negeri yang dipilih secara purposive. Analisis data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, baik secara parsial maupun simultan, akuntabilitas serta kompetensi sumber daya manusia memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap efektivitas pengelolaan keuangan. Sementara itu, variabel pemahaman akuntansi tidak menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pengelolaan keuangan dalam konteks lingkungan sekolah. Temuan ini memperkuat pentingnya peningkatan kompetensi SDM di bidang akuntansi serta penerapan prinsip akuntabilitas dalam setiap proses pengelolaan keuangan pendidikan.

Keywords

Akuntabilitas Pemahaman Akuntansi Kompetensi Sumber Manusia Efektivitas Pengelolaan Keuangan

Article Details

How to Cite
Selianawati, F., Ulfah, I. F., & Wijayanti, I. (2025). Pengaruh Akuntabilitas, Pemahaman Akuntansi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Ponorogo. Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 1352–1363. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1525

References

  1. Andiawati, E. (2017). Pengelolaan keuangan lembaga pendidikan/sekolah. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. https://core.ac.uk/download/pdf/289792997.pdf
  2. Astuti, I. R. D. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Pemahaman Standar Akuntansi, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kauman [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Ponorogo]. http://eprints.umpo.ac.id/8681/
  3. Binawati, E. N. C. T. (2022). Pengaruh penerapan sistem akuntansi keuangan daerah, kompetensi sumber daya manusia, sistem pengendalian intern dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Jurnal Optimal. https://jurnal.stieieu.ac.id/index.php/opt/article/view/213/157
  4. Fauzan, S. (2020). Pengaruh kualitas penganggaran dan kompetensi sumber daya manusia bidang keuangan terhadap kinerja keuangan sekolah. Soedirman Economics Education Journal, 2(2). https://doi.org/10.32424/seej.v2i2.3100
  5. Fibriyani, D. A., Ekayani, N. N. S., & Manuaba, I. B. M. P. (2021). Pengaruh pemahaman akuntansi, komitmen karyawan, dan peran internal audit terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.22225/jraw.2.1.2927.11-16
  6. Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (Edisi ke-9). Universitas Diponegoro.
  7. Hanafi, M. A., Samsudin, & Hermansyah. (2024). Pengaruh pemahaman akuntansi dan sistem informasi akuntansi terhadap pengelolaan keuangan pada kantor desa di KecamatanDompu.https://pdfs.semanticscholar.org/7f5f/dc589ff9e6b67622bb9497c7b9634bc627e2.pdf
  8. Hastina, H., Safiltri, D. A., Ramadhan, R., & Andika, A. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait akuntabilitas pembiayaan pendidikan. Jurnal Mappesona, 2(2), 1–11.
  9. Ikatan Akuntansi Indonesia. (2021). Standar akuntansi keuangan-entitas tanpa akuntabilitas publik. Jakarta: DSAK IAI.
  10. Kurniati, E. D., Sunarto, Srimindarti, C., & Basiya. (2019). Pengaruh kualitas penganggaran dan kompetensi sumber daya manusia bidang keuangan terhadap kinerja keuangan sekolah. Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/madic/article/view/7592/2523
  11. Lestari, N. L. W. T., & Dewi, N. N. S. R. T. (2020). Pengaruh pemahaman akuntansi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 11(2), 170–178. https://doi.org/10.22225/kr.11.2.1435.170-178
  12. Mardiani, D., Sari, E. N., & Hanum, Z. (2024). Determinan efektivitas pengelolaan keuangan sekolah dengan partisipasi stakeholder sebagai moderasi. Jurnal Inovasi Pendidikan.
  13. Mardiasmo. (2018). Akuntansi sektor publik. Yogyakarta: Andi.
  14. Mais, R. G., Nuryati, T., Sakti, S. H., & Lestari, L. (2024). Akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa. Jurnal Akuntansi dan Governance, 4(2), 140–158. https://doi.org/10.24853/jago.4.2.140-158
  15. Muliani, M., Usman, A., Bensaadi, I., & Nurhasanah, N. (2023). Pengaruh pemahaman akuntansi dan SAP terhadap kualitas laporan keuangan daerah Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Akuntansi Malikussaleh (JAM), 2(2), 168. https://doi.org/10.29103/jam.v2i2.11224
  16. Nurhayati, Arifuddin, Akib, M., Suriadi, L. O., Natsir, M., & Indrijawati, A. (2023). Akuntabilitas pengelolaan dana BOS pada SMP di Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan.
  17. Primakara. (2024). Memahami peran akuntansi sebagai sistem informasi. https://primakara.ac.id/blog/info-teknologi/akuntansi-sebagai-sistem-informasi
  18. Rakhmawati, I. (2018). Pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap efektivitas pengelolaan dana BOS dengan partisipasi stakeholder sebagai variabel moderasi. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(1), 95. https://doi.org/10.21043/aktsar.v1i1.4078
  19. Rekasari, M. H. (2020). Efektivitas pengelolaan keuangan sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan, 14(2). https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.12870
  20. Rini, W. (2018). Pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas pengelolaan anggaran terhadap partisipasi komite sekolah. Skripsi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
  21. Sudiarti, N. W., & Juliarsa, G. (2020). Pengaruh kompetensi SDM dan locus of control terhadap kualitas laporan keuangan LPD. E-Jurnal Akuntansi, 30(7), 1862–1876. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i07.p09
  22. Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  23. Sutrisna, K., Kurniawan, P. S., & Dewi, P. E. D. M. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan pengelola keuangan, transparansi dan akuntabilitas terhadap efektivitas pengelolaan keuangan sekolah. S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/S1ak/article/view/14606
  24. Syafariah, A. (2020). Pengaruh akuntabilitas dan transparansi terhadap pengelolaan keuangan SMA Negeri se-Kota Bandung. JEMPER (Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan), 2(1). https://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/jemper/article/view/378/232
  25. Utama, Z. M. (2020). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta Timur: UNJ Press.
  26. Wibowo. (2016). Manajemen kinerja. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  27. Wirawan. (2015). Manajemen sumber daya manusia: Teori, psikologi, hukum ketenagakerjaan, aplikasi, dan penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
  28. Wulan, D. A., Yudi, Y., & Friyani, R. (2020). Pengaruh latar belakang pendidikan, pemanfaatan TI dan pemahaman akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Jambi Accounting Review (JAR), 1(1), 1–19. https://doi.org/10.22437/jar.v1i1.10941