Main Article Content

Abstract

Pemerintah Indonesia secara konsisten mendorong pertumbuhan ekonomi melalui UKM,  terbukti dari peningkatan jumlah unit usaha dengan dukungan regulasi. Namun, tantangan seperti penurunan pendapatan dan persaingan ketat memengaruhi kemampuan pelaku usaha dalam melunasi kewajiban finansial. Penelitian ini bertujuan menguji peran keunggulan kompetitif dalam memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran mitra binaan Rumah BUMN di Bali. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling, dengan pendekatan cluster random sampling sebanyak 147 unit usaha. Hasilnya menunjukkan orientasi kewirausahaan dan keunggulan kompetitif berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran. Orientasi pasar tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran, tetapi berpengaruh langsung terhadap keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif terbukti memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan  dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Temuan ini menguatkan Resource Based View Theory dalam  menyoroti pentingnya pengelolaan sumber daya strategis.  Secara keseluruhan, penelitian ini memperkaya teori ekonomi dan aspek praktis manajemen, khususnya kewirausahaan, orientasi pasar, keunggulan kompetitif, dan kinerja pemasaran.

Keywords

Orientasi kewirausahaan; Orientasi pasar; Keunggulan kompetitif; Kinerja pemasaran.

Article Details

How to Cite
I Wayan Lanang Pastika, Suasana, I. G. A. K. G., I Made Wardana, & Putu Yudi Setiawan. (2025). Peran Keunggulan Kompetitif Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran . Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(3), 1237–1256. https://doi.org/10.57178/paradoks.v8i3.1544

References

  1. Adiya Putri, N., Aksari, N., & Warmika, I. (2023). Peran Inovasi Produk Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, , 2421-2433. https://doi.org/10.24843/EEB.2023.v12.i12.p11
  2. Adha, I. M., Rini, E. S., & Absah, Y. (2024). Mempertahankan Keunggulan melalui Sumber Daya: Strategi Kepemimpinan Biaya Usaha Mikro di Tengah Lonjakan Harga Input. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 20(3), 152–162. https://doi.org/10.31940/jbk.v20i3.152-162
  3. Afiyati, A., Murni, S., & Hariadi, P. (2019). Keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada pengaruh strategi diferensiasi dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis umkm di kabupaten purbalingga. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(3).
  4. Ahmad, S., Nugraha, K., & Arrozaq, M. (2024). Dampak Daya Saing dan Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Perusahaan pada PT. KSE. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(2), 555 - 575. https://doi.org/10.47668/pkwu.v12i2.1233
  5. Al Khasawneh, M., Abuhashesh, M., Ahmad, A., Masa’deh, R., & Alshurideh, M. T. (2021). Customers online engagement with social media Influencers’ content related to COVID 19. Studies in Systems, Decision and Control, 334, 385–404. https://doi.org/10.1007/978-3-030-67151-8_22
  6. Aristiyo, R., & Murwatiningsih, M. (2018). Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kemitraan. Management Analysis Journal, 6(1), 36-44. https://doi.org/10.15294/maj.v6i1.12420
  7. Arbawa, D. L., & Wardoyo, P. (2018). Keunggulan Bersaing : Berpengaruh Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kabupaten Kendal). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 56-75. https://doi.org/10.26623/jreb.v11i1.1077
  8. Apriliani, M., & Widiyanto, W. (2019). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha Dan Tenaga Kerja Terhadap Keberhasilan Umkm Batik. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 761-776.
  9. Barney, J. B. and Clark, D. N. 2007. Resource-Based Theory Creating and Sustaining Competitive Advantage. New York: Oxford University Press Inc.
  10. Bhegawati, D. A. S., & Yuliastuti, I. A. N. (2019). Effect Of Product Innovation And Entrepreneurial Orientation On Competitive Advantage In The Coconut Shell Craft Industry In Karangasem Regency. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 71-89. https://doi.org/10.38043/jimb.v4i1.2153
  11. Christian, T. J., & Yoestini, Y. (2023). Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Kewirausahaan, dan Lingkungan Industri Terhadap Kinerja Pemasaran Syariah Melalui Keunggulan Bersaing Pada UMKM Olahan Pangan Seafood di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4316–4328. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i3.11410
  12. Dewi, N.M.P., dan Ekawati, N.W. 2017. Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 9.
  13. Fadhillah, Y. ., Yacob, S., & Lubis, T. A. (2021). Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening Pada Ukm Di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 1–15. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.1217
  14. Fatikha, C., Rahayu, M., & Sumiati, S. (2021). Effect Of Entrepreneurship Orientation And Market Orientation On Marketing Performance Through Competitive Advantage. Jurnal Aplikasi Manajemen, 19(2), 448-458. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2021.019.02.20
  15. Hajar, S., & Sukaatmadja, I.P.G. (2016). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud Vol 5 : 6580-6605.
  16. Hironaka, C., Zariyawati, M. A., & F, D.-R. (2017). A comparative study on development of small and medium enterprises (SMEs) in Japan and Malaysia. Saudi Journal of Business and Management Studies, 357–374.
  17. Herrero, A., H. San, M., dan J. Collado. 2017. Market Orientation and SNS Adoption for Marketing Purposes in Hospitality Microenterprises. Journal of Hospitality and Tourism Management, 34, 30-40. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2017.11.005
  18. Iffan, M. 2020. Marketing Approach on Competitive Advantage of Online-Based Public Transportation. In International Conference on Business, Economic, Social Science, and Humanities–Economics, Business and Management Track (ICOBEST-EBM 2019) (pp. 85-88). https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200108.021
  19. Islami A.C., Kunaifi A., dan Gunawan J. 2017. Ragam Pengukuran Kinerja pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni Its. Vol. 6, No.2. https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.23112
  20. Kiyabo, K., Isaga, N. Entrepreneurial orientation, competitive advantage, and SMEs’ performance: application of firm growth and personal wealth measures. J Innov Entrep 9, 12 (2020). https://doi.org/10.1186/s13731-020-00123-7
  21. Kuswanti, K., & Prihandono, D. (2018). Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal, 6(3), 341-350. https://doi.org/10.15294/maj.v6i3.17841
  22. Kurniawan, J. H., & Nuringsih, K. 2022. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Dan Media Sosial Terhadap Kinerja Umkm Makanan Khas Jambi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 6(1), 176. https://doi.org/10.24912/jmieb.v6i1.13357
  23. Knight, G. 2016. Entrepreneurship and Marketing Strategy : The SME Under Globalization. 8(2), 12–32
  24. Lekmat, L., Selvarajah, C., & Hewege, C. (2018). Relationship between market orientation, entrepreneurial orientation, and firm performance in Thai SMEs: The mediating role of marketing capabilities. International Journal of Business and Economics, 17(3), 213–237.
  25. Lutfi, A., dan Firmansyah. 2021. Peningkatan Kinerja Pemasaran Umkm Berdasarkan Orientasi Kewirausahaan, Pengetahuan Pemasaran Dan Keadaan Lingkungan. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika (JBMI) – Vol 18 No. II.
  26. Lita, R. P., Faisal, R. F., and Meuthia, M. 2020. Enhancing small and medium enterprises performance throughinnovation in Indonesia A framework for creative industries supporting tourism. Journal of Hospitality and Tourism Technology Vol. 11 No. 1, pp. 155-176. https://doi:10.1108/JHTT-11-2017-0124
  27. Mahadewi, A. A. A. D. P., & Suasana, I. G. A. K. G. (2023). The Role of Competitive Advantage in Mediating the Effect of Market Orientation on Marketing Performance Florist in Denpasar City. International Journal of Social Science and Business, 7(3), 528–539. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i3.60840
  28. Mentari, R., dan Yulhendri. 2019. Pengaruh orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing terhadap kinerja usaha mikro kecil di Kota Padang. Jurnal Ecogen, Volume 2, Nomor 2,5. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.7313
  29. Monteiro, A. P., Soares, A. M., & Rua, O. L. (2019). Linking intangible resources and entrepreneurial orientation to export performance: The mediating effect of dynamic capabilities. Journal of Innovation & Knowledge, 4(3), 179–187. https://doi.org/10.1016/j.jik.2019.04.001
  30. Mostafiz, M.I., Hughes, M. and Sambasivan, M. (2021), "Entrepreneurial orientation, competitive advantage and strategic knowledge management capability in Malaysian family firms", Journal of Knowledge Management, Vol. 26 No. 2, pp. 423-458. https://doi.org/10.1108/JKM-09-2020-0693
  31. Nizam, M. F., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA - Ekonomi Manajemen Akuntansi . Volume 5. http://dx.doi.org/10.47335/ema.v5i2.55
  32. Palwaguna, I. K. E. J., and Ni N. K. Yasa. (2021) Keunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. 10, no. 12. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i12.p05
  33. Prasetyo, A., dan Wijaya, A. (2019). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Umkm Pada Bidang Kuliner Di Pasar Lama Tangerang. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(3), 383. https://doi.org/10.24912/jmk.v1i3.5329
  34. Putra, R., Rifin, A., & Saptono, I. T. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kelancaran Pengembalian Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang Disalurkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 9(2), 549. https://doi.org/10.17358/jabm.9.2.549
  35. Puspaningrum, A. (2020). Market Orientation, Competitive Advantage and Marketing Performance of Small Medium Enterprises (SMEs). Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura, 23(1), 19–27. https://doi.org/10.14414/jebav.v23i1.1847
  36. Peraturan Pemerintah (PP). 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. PP Nomor 7 Tahun 2021. Kemudahan, Pelindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah, Jakarta.
  37. Rahaman, M. A., Luna, K. F., Mite, S., Islam, M., & Wafik, H. M. A. (2021). The Effect of Entrepreneurial Orientation, Market Orientation and Gender on Business Performance: An Empirical Study of SMEs in Bangladesh. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(6), 741–746. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2021.VOL8.NO6.0741
  38. Rowinski, M. (2022). How small businesses drive the American economy. Forbes, 15. https://www.forbes.com/sites/forbesbusinesscouncil/2022/03/25/how-small-businesses-drive-the-american-economy/?sh= 1e29deeb4169 di akases 12 juni 2025.
  39. Sari, F. A. P. W., & Farida, N. (2020). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Umkm Kuningan Juwana Kabupaten Pati). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 345-352. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28117
  40. Satwika, N., & Dewi, N. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar Serta Inovasi Terhadap Keunggulan Kompetitif Dan Kinerja Bisnis. E-Jurnal Manajemen, 7(3), 1481 - 1509. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p13
  41. She, Q., Yu, Y., & Wu, K. (2020). Is “born global” a viable market entry mode for the internationalization of SMEs? Evidence from China before COVID-19. Emerging Markets Finance and Trade, 56(15), 3599–3612. https://doi.org/10.1080/1540496X.2020.1854720
  42. Suasana, I., Supartha, I., Giantari, I., & Sukaatmadja, I. (2021). Distribution Strategy & Competitiveness on Marketing Performance of Sm all Industries in Bali. Journal of Distribution Science, 19(8), 101–112. https://doi.org/10.15722/JDS.19.8.202108.101
  43. Sukkar, A., & El-Hady, M. (2021). The importance of small and medium enterprises sector in developing countries. American International Journal of Business Management (AIJBM), 4(08), 111-118.
  44. Sukartini, N. W., Kencanawati, A. A. A. M., dan Lasmini, N. K. 2019. Market Orientation and Its Impact on Product Innovation and Marketing Performance of SMEs in Bali. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 383, 218–221. https://doi.org/10.2991/icss-19.2019.18
  45. Sera Nopita Asri, & Audita Nuvriasari. (2024). The Role of Market Orientation, Marketing Capability and Promotion on The Marketing Performance of MSME Flower Shops in Yogyakarta. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 3(3), 891–906. https://doi.org/10.55927/fjmr.v3i3.8586
  46. Setiawan, I., Putra, H. M. M., & Wulandari, A. (2024). The Influence of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation on Marketing Performance Mediated By Specific Marketing Capabilities at PT. Dano Jaya Plast Indonesia. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 187-194. https://doi.org/10.56457/jimk.v12i1.515
  47. Sugiyono. 2024. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
  48. Syarifah, I., Mawardi, M. K., & Iqbal, M. (2020). Pengaruh modal manusia terhadap orientasi pasar dan kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(1), 69–96. https://doi.org/10.24914/jeb.v23i1.2521
  49. Talaja, A., Miočević, D., Alfirević, N., and Pavičić, J. (2017). Market Orientation, Competitive Advantage and Business Performance: Exploring the Indirect Effects. Društvena istraživanja : časopis za opća društvena pitanja, 26(4) https://doi.org/10.5559/di.26.4.07
  50. Tulung, M. P., Angmalisang, S., dan Sinolungan, A. 2022. Pengaruh Orientasi Pasar dan Kreativitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Toko Kue Etsuko Kitchen Tomohon. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 7, No 2. https://doi.org/10.32535/jicp.v5i2.1710
  51. Tingal, J. M., & Situmorang, T. P. (2024). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Kinerja UMKM terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Waingapu. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 684-694. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13774
  52. Thesia, D. Y., & Karmini, N. L. (2022). Pengaruh Pendapatan Per Kapita, Pertumbuhan UMKM Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 11(03), 271. https://doi.org/10.24843/EEB.2022.v11.i03.p03
  53. Udriyah, U., Tham, J & Azam, S. (2019). The effects of market orientation and innovation on competitive advantage and business performance of textile SMEs. Management Science Letters , 9(9), 1419-1428. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.009
  54. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.
  55. Yahaya, H., D., & Nadarajah, G. (2023) Determining key factors influencing SMEs’ performance: A systematic literature review and experts’ verification, Cogent Business & Management, 10:3, 2251195, https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2251195
  56. Yaskun, M., & Sudarmiatin. (2021). The Role of Entrepreneurship Orientation and Market Orientation on Product Innovation and Business Performance at SMEs Restaurants in Lamongan. Enrichment: Journal of Management, 11(2), 360-365. https://doi.org/10.35335/enrichment.v11i2.105
  57. Yaskun, M., Sudarmiatin, Hermawan, A., & Rahayu, W. P. (2023). The effect of market orientation, entrepreneurial orientation, innovation and competitive advantage on business performance of Indonesian MSMEs. International Journal of Professional Business Review, 8(4), E01563. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i4.1563
  58. Yaqub, M.Z., Yaqub, R.M.S., Alsabban, A., Baig, F.J. and Bajaba, S. (2024), "Market-orientation, entrepreneurial-orientation and SMEs’ performance: the mediating roles of marketing capabilities and competitive strategies", Journal of Organizational Effectiveness: People and Performance, Vol. ahead-of-print No. ahead-of-print. https://doi.org/10.1108/JOEPP-05-2024-0206
  59. Zulkieflimasnyah dan Khadafie, M. (2025). Analisis literatur: pengaruh keunggulan kompetitif terhadap hasil bisnis pemasaran. Jurnal Tambora, 9(1): 38-44. https://doi.org/10.36761/tambora.v9i1.5376
  60. ………..https://www.raosoft.com :di akses 21 November 2024
  61. ………..https://www.bkpm.go.id/: di akses 10 November 2024
  62. ………..https://rumah-bumn.id/about : di akses 08 November 2024
  63. ……….. https://umkm.depkop.go.id: di akses 10 November 2024
  64. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomianindonesia.html: di akses 10 November 2024.
  65. https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif: di akses 10 November 2024.
  66. https://rumah-bumn.id : di akses 26 Maret 2025.
  67. https://inacraft.co.id/ : di akses 26 Maret 2025.
  68. https://www.bkpm.go.id/id/info/siaran-pers/tutup-tahun-2023-tujuh-juta-nib-terbit-melalui-oss : di akses 10 November 2024.
  69. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTk2MiMy/posisi-kredit-usaha-mikro--kecil--dan-menengah--umkm--sup-1--sup--pada-bank-umum--.html di akses 7 Juni 2025.